BEI Perbanyak Galeri Investasi Perguruan Tinggi

Oleh : Irvan AF | Jumat, 15 September 2017 - 11:51 WIB

Bursa Efek Indonesia
Bursa Efek Indonesia

INDUSTRY.co.id, Yogyakarta - Bursa Efek Indonesia akan memperbanyak galeri investasi di perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk meningkatkan literasi pasar modal bagi kalangan akademisi atau mahasiswa.

"Tahun ini kami menargetkan menambah enam galeri invetasi baru di perguruan tinggi," kata Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Derah Istimewa Yogyakarta Irfan Noor Riza di Yogyakarta, Jumat (15/9/2017).

Irfan mengatakan saat ini telah dibuka galeri investasi di 33 perguruan tinggi maupun swasta di DIY. Sejak awal 2017 hingga Agustus 2017, menurut dia, BEI telah menambah galeri investasi baru di tiga kampus di DIY.

"Jumlahnya akan terus kami tambah karena selama ini cukup efektif menggaet investor pasar modal di DIY," kata dia.

Sesuai data BEI per Juli 2017, dari sebanyak 27.519 investor pasar modal di DIY, jumlah investor dari unsur kampus telah mencapai 30 persen.

"Sementara jika dilihat dari total penduduk DIY yang mencapai 3,4 juta orang, baru 10 persen masyarakat DIY yang sudah menjadi investor pasar modal," kata dia.

Selain mendirikan galeri investasi, BEI DIY juga akan menggandeng perguruan tinggi yang telah memiliki galeri investasi untuk melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap warga desa di DIY melalui Program Desa Nabung Saham. "Perguruan tinggi di Yogyakarta memang kami arahkan untuk membuat KKN tematik di desa-desa," kata dia.

Menurut dia, berdasarkan data terakhir hingga Juni 2017 transaksi pasar modal di DIY pada tahun ini telah mencapai Rp5,6 triliun dengan rata-rata transaksi bulanan mencapai Rp2 triliun. Transaksi bulanan itu meningkat tajam dibanding transaksi pada 2016 yang rata-rata mencapai Rp269 miliar per bulan.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad

Senin, 06 Mei 2024 - 18:40 WIB

Viral Dico Ganinduto Sesi Foto Bareng Raffi Ahmad, Persiapan Maju Pilgub Jateng?

Viral di media sosial beredar video yang memperlihatkan Bupati Kendal Dico Ganinduto tengah melakukan sesi photoshoot dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.