Pedagang Dari Luar Daerah Ikut Borong Tembakau Bojonegoro

Oleh : Hariyanto | Senin, 11 September 2017 - 09:52 WIB

Petani Tembakau (ist)
Petani Tembakau (ist)

INDUSTRY co.id -Bojonegoro - Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Jawa Timur, Akhmad Djupari mengatakan, pada musim panen kali ini pedagang dari luar daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah, ikut memborong pembelian tembakau tidak hanya Virginia Voor Oogst (VO), tetapi juga Jawa.

"Pedagang yang ikut melakukan pembelian tembakau jenis Jawa, antara lain, dari Madura, juga berbagai daerah di Jawa Tengah," kata Djupari di Bojonegoro, Sabtu (9/9/2017).

Ia mengatakan, pihaknya tak mempermasalahkan masuknya pedagang luar daerah yang ikut melakukan pembelian tembakau produksi musim panen tahun ini.

"Ya ibaratnya Bojonegoro menjadi pasar tembakau. Justru banyak pedagang luar daerah masuk akan meningkatkan harga jual tembakau di tingkat petani," ujar Djupari.

Djupari mengungkapkan, tanaman tembakau yang bisa dibeli pedagang luar daerah hanya tembakau yang ditanam petani secara swadaya. Bukan tembakau yang ditanam petani bermitra dengan PT Sadhana Arifnusa Padangan dan PT Gudang Garam.

"Petani yang bermitra langsung menjual kepada PT Sadhana Arifnusa Padangan dengan harga bagus. Bahkan, pekan ini harga tembakau rajangan Virginia RAM dibeli dengan harga berkisar Rp22.000 hingga Rp42.000/kilogram," ungkapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut Bank BTN, Maryono, sedang memberikan penjelasan mengenai kondisi sektor properti pasca pilpres 2019 di Jakarta.

Rabu, 22 Mei 2019 - 23:58 WIB

BTN SIAPKAN RP14,58 TRILIUN SAMBUT LIBUR IDUL FITRI 1440 H

Jakarta-Untuk menjamin tercukupinya kebutuhan dana tunai bagi nasabah menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1440 H, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyiapkan dana sebesar Rp 14,58…

Segarkan Tubuh dan Jiwa dengan Varian Baru Fayrouz Kurma

Rabu, 22 Mei 2019 - 23:53 WIB

Segarkan Tubuh dan Jiwa dengan Varian Baru Fayrouz Kurma

Segarkan Tubuh dan Jiwa dengan Varian Baru Fayrouz Kurma

Manajemen PT Blue Bird Tbk [kiri- kanan] Andeka Putra (Chief Information Officer), Andrianto Djokosoetono ( Direktur) Noni Purnomo (CEO) Sigit P. Djokosoetono Purnomo Prawiro (Direktur) Sandy Permadi (Chief Finance Officer )

Rabu, 22 Mei 2019 - 23:02 WIB

Bluebird Tunjuk Noni Purnomo sebagai Direktur Utama PT Blue Bird Tbk

Jakarta-Sesuai keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilaksanakan oleh PT Blue Bird Tbk pada hari Rabu, 22 Mei 2019, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta; Noni Purnomo…

Perayaan Idul Fitri (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 21:00 WIB

Tujuh Perayaan Idul Fitri di Seluruh Dunia

Hari Raya Idul Fitri, hari raya keagamaan yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan, dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Kali ini, Agoda, salah satu agen perjalanan online yang paling…

Wiranto, Menkopolhukam (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 20:00 WIB

Wiranto: Aparat Keamanan akan Bertindak Tegas

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menyebutkan pemerintah sudah mengetahui dalang dari aksi kerusuhan yang terjadi pada Selasa malam (21/5/2019) hingga Rabu dini hari…