Panen Tembakau di Pamekasan Diperkirakan Jatuh Pada Bulan September

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 September 2017 - 15:42 WIB

Petani Tembakau (ist)
Petani Tembakau (ist)

INDUSTRY co.id -Pamekasan- Dinas Pertanian dan Perkebunan Pemkab Pamekasan memperkirakan panen raya tembakau di wilayah tersebut baru akan teriaslisasi sekitar akhir September 2017 mendatang.

"Panen raya tembakau di Pamekasan diperkirakan terjadi akhir September 2017," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Pemkab Pamekasan Isye Windarti, Rabu (6/9/2017).

Bahkan, panen tembakau kali ini masih dikisaran 45%, khususnya hingga akhir Agustus 2017 lalu. "Areal tanam tembakau tahun ini seluas 23.690 hektar, sementara yang sudah selesai dipanen seluas 11.485 hektar. Artinya sampai sekarang belum separuh luas lahan yang mulai panen," ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya menilai saat ini panen tembakau terbilang terlambat akibat faktor cuaca. "Sekarang tanamnya juga lambat akibat hujan yang masih turun di awal musim lalu," jelasnya.

Namun pihaknya berharap kondisi harga tembakau tetap stabil sekalipun musim panen jauh lebih lambat dari perkiraan. "Tentu kami berharap harga tembakau tidak mengalami penurunan hingga akhir panen, sehingga petani tidak mengalami kerugian seperti sebelumnya," harapnya.

Saat ini sebagian petani mulai panen tembakau dan sebagian di antara mereka juga sudah ada yang menjual ke sejumlah gudang yang berada di beberapa titik di Pamekasan. Kemungkinan besar penjualan akan mengalami peningkatan di akhir September 2017 nanti.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

JIMMY BX7 Pro Smart Anti-Mite Vacuum Cleaner, inovasi produk terbaru yang dirancang khusus untuk membersihkan tungau debu.

Kamis, 08 Desember 2022 - 10:51 WIB

Lindungi Keluarga Indonesia, JIMMY Kenalkan Inovasi Produk Penghisap Debu Anti Tungau Debu

JIMMY BX7 Pro Smart Anti-Mite Vacuum Cleaner, inovasi produk terbaru dari JIMMY, dirancang khusus untuk membersihkan tungau debu.

Dulux Raih Penghargaan Double Platinum Indonesia Best Brand Award 2022

Kamis, 08 Desember 2022 - 10:16 WIB

Dulux Raih Penghargaan Double Platinum Indonesia Best Brand Award 2022

PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), produsen cat Dulux, meraih penghargaan Indonesia Best Brand Award 2022 untuk kategori cat dinding dengan predikat Double Platinum.…

Kementerian PUPR dan Kemenkeu Lakukan Serah Terima BMN Tahap 2

Kamis, 08 Desember 2022 - 10:03 WIB

Kementerian PUPR dan Kemenkeu Lakukan Serah Terima BMN Tahap 2

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan serah terima Barang Milik Negara (BMN) Kementerian PUPR Tahap II kepada Pemerintah Daerah…

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Muhammad Zainal Fatah

Kamis, 08 Desember 2022 - 09:54 WIB

Rumuskan Kebijakan Strategis,Kementerian PUPR Tingkatkan Keterlibatan Para Pakar dan Praktisi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan infrastruktur di tengah target penyelesaian pembangunan yang ketat dengan banyaknya tantangan dan derasnya…

Komisioner kelompok kerja (Pokja) Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah II, Dr Mustari Irawan MPA

Kamis, 08 Desember 2022 - 09:43 WIB

174 Instansi Pemerintah & LPNK Mendapat Predikat Kinerja Baik dan Sangat Baik

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai lembaga non struktural bertugas meningkatkan kinerja lembaga pemerintah beserta aparaturnya (ASN). KASN terus mengawasi sekaligus meningkatkan prestasi…