Panen Tembakau di Pamekasan Diperkirakan Jatuh Pada Bulan September

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 September 2017 - 15:42 WIB

Petani Tembakau (ist)
Petani Tembakau (ist)

INDUSTRY co.id -Pamekasan- Dinas Pertanian dan Perkebunan Pemkab Pamekasan memperkirakan panen raya tembakau di wilayah tersebut baru akan teriaslisasi sekitar akhir September 2017 mendatang.

"Panen raya tembakau di Pamekasan diperkirakan terjadi akhir September 2017," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Pemkab Pamekasan Isye Windarti, Rabu (6/9/2017).

Bahkan, panen tembakau kali ini masih dikisaran 45%, khususnya hingga akhir Agustus 2017 lalu. "Areal tanam tembakau tahun ini seluas 23.690 hektar, sementara yang sudah selesai dipanen seluas 11.485 hektar. Artinya sampai sekarang belum separuh luas lahan yang mulai panen," ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya menilai saat ini panen tembakau terbilang terlambat akibat faktor cuaca. "Sekarang tanamnya juga lambat akibat hujan yang masih turun di awal musim lalu," jelasnya.

Namun pihaknya berharap kondisi harga tembakau tetap stabil sekalipun musim panen jauh lebih lambat dari perkiraan. "Tentu kami berharap harga tembakau tidak mengalami penurunan hingga akhir panen, sehingga petani tidak mengalami kerugian seperti sebelumnya," harapnya.

Saat ini sebagian petani mulai panen tembakau dan sebagian di antara mereka juga sudah ada yang menjual ke sejumlah gudang yang berada di beberapa titik di Pamekasan. Kemungkinan besar penjualan akan mengalami peningkatan di akhir September 2017 nanti.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PLN Hentikan 11 Proyek Pembangkit Listrik Kapasitas 147 MW

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:27 WIB

Libur Lebaran, PLN Matikan 20 Pembangkit Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero akan mematikan 20 pembangkit listrik miliknya menyusul adanya potensi penurunan daya listrik di Hari Raya Lebaran.

Saleh Husin Ketua Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:00 WIB

Jelang Pemilihan Rektor UI, Majelis Wali Amanat Bentuk Panitia Penjaringan Kandidat

Guna menjaring kandidat terbaik dalam pemilihan rektor, Panitia Khusus Pemilihan Rektor Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia telah membentuk Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor…

BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:58 WIB

Perkuat Layanan dan Bisnis Logistik, BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Nota kesepahaman tersebut berisikan tentang pelayanan kegiatan bongkar muat dan integrasi sistem logistik.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:30 WIB

Sesalkan Aksi Pembakaran Mapolsek Tambelangan, Khofifah Dukung Polri Usut Tuntas

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyesalkan aksi pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Jawa Timur. Khofifah mendorong Polisi segera memproses hukum siapapun pelaku dan provokator…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:00 WIB

Digelar BCA Autoshow Padang 2019, Pelayanan Kebutuhan pada Kendaraan Bermotor

Inisiatif PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor kembali diwujudnyatakan dalam gelaran BCA Autoshow 2019 pada tanggal 21 Mei…