Disbudpar Pandeglang Bentuk UPT Pariwisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 07 September 2017 - 09:31 WIB

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. (INDUSTRY.co.id/Irvan AF)
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. (INDUSTRY.co.id/Irvan AF)

INDUSTRY.co.id - Pandeglang- Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, akan membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) guna memaksimalkan pengelolaan objek wisata yang ada di daerah itu.

"Kita sudah programkan untuk membentuk beberapa UPT untuk mengelola objek wisata yang ada," kata Kepala Disbudpar Kabupaten Pandeglang Salman Sunardi di Pandeglang, Rabu (6/9/2017)

UPT-UPT itu, kata dia, akan mengelola objek wisata milik Pemkab Pandeglang, di antaranya Pantai Karangsari, pemandian air panas Cisolong, dan pemandian Cikoromoy.

Ia menyatakan optimistis dengan dikelola oleh UPT objek wisata milik pemkab akan lebih tertata sehingga menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

"Fokusnya memang pada pengelolaan, jadi objek wisata lebih tertata dan rapi sehingga akan banyak yang berkunjung dan dapat meningkatan PAD," ujarnya.

Pariwisata menjadi andalan peningkatan perekonomian Kabupaten Pandeglang, selain pertanian.

Pemkab Pandeglang akan memaksimalkan pengelolaan objek wisata yang ada dan mencari objek wisata baru guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Saat ini, ada dua kecamatan di wilayah Pandeglang selatan yang dijadikan destinasi wisata baru, yakni Kecamatan Sumur dan Cimanggu.

Bupati Pandeglang Irna Narulita kepada awak media menyatakan optimistis Kecamatan Sumur dan Cimanggu yang masuk dalam wilayah Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) akan menjadi destinasi wisata favorit wisatawan lokal maupun macanegara.

Ia menyatakan, kedua destinasi itu masih dalam proses pengembangan dan peningkatan wisata untuk Sumur dan Cimanggu, karena kedua kecamatan tersebut merupakan daerah yang masuk dalam TNUK.

Kedua kecamatan tersebut memiliki keindahan laut yang tak kalah dengan Raja Ampat di Papua dan memiliki ekosistem flora dan fauna yang sangat baik, apalagi sudah ditetapkannya Tanjung Lesung sebagai KEK (Kawasan Ekonomi Khusus).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…