Disbudpar Pandeglang Bentuk UPT Pariwisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 07 September 2017 - 09:31 WIB

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. (INDUSTRY.co.id/Irvan AF)
Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. (INDUSTRY.co.id/Irvan AF)

INDUSTRY.co.id - Pandeglang- Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, akan membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) guna memaksimalkan pengelolaan objek wisata yang ada di daerah itu.

"Kita sudah programkan untuk membentuk beberapa UPT untuk mengelola objek wisata yang ada," kata Kepala Disbudpar Kabupaten Pandeglang Salman Sunardi di Pandeglang, Rabu (6/9/2017)

UPT-UPT itu, kata dia, akan mengelola objek wisata milik Pemkab Pandeglang, di antaranya Pantai Karangsari, pemandian air panas Cisolong, dan pemandian Cikoromoy.

Ia menyatakan optimistis dengan dikelola oleh UPT objek wisata milik pemkab akan lebih tertata sehingga menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

"Fokusnya memang pada pengelolaan, jadi objek wisata lebih tertata dan rapi sehingga akan banyak yang berkunjung dan dapat meningkatan PAD," ujarnya.

Pariwisata menjadi andalan peningkatan perekonomian Kabupaten Pandeglang, selain pertanian.

Pemkab Pandeglang akan memaksimalkan pengelolaan objek wisata yang ada dan mencari objek wisata baru guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Saat ini, ada dua kecamatan di wilayah Pandeglang selatan yang dijadikan destinasi wisata baru, yakni Kecamatan Sumur dan Cimanggu.

Bupati Pandeglang Irna Narulita kepada awak media menyatakan optimistis Kecamatan Sumur dan Cimanggu yang masuk dalam wilayah Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) akan menjadi destinasi wisata favorit wisatawan lokal maupun macanegara.

Ia menyatakan, kedua destinasi itu masih dalam proses pengembangan dan peningkatan wisata untuk Sumur dan Cimanggu, karena kedua kecamatan tersebut merupakan daerah yang masuk dalam TNUK.

Kedua kecamatan tersebut memiliki keindahan laut yang tak kalah dengan Raja Ampat di Papua dan memiliki ekosistem flora dan fauna yang sangat baik, apalagi sudah ditetapkannya Tanjung Lesung sebagai KEK (Kawasan Ekonomi Khusus).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:00 WIB

54 Petugas Penyelenggara Pemilu Meninggal, Ketua DPR RI Prihatin

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa atas meninggalnya 54 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan 10 aparat kepolisian saat menjalankan…

Ilustrasi SDM Industri

Senin, 22 April 2019 - 19:45 WIB

Sektor Industri Mampu Serap 672 Ribu Tenaga Kerja per Tahun

Kementerian Perindustrian terus berperan aktif menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten untuk memenuhi kebutuhan dunia industri.

Jimly Asshiddiqie Ketum ICMI (Foto: Teropong Senayan)

Senin, 22 April 2019 - 19:30 WIB

Jimly: Sebaiknya Jokowi-Prabowo Bertemu Silaturahmi

Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Prof Dr Jimly Asshiddiqie menganjurkan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto untuk…