Pabrik II Beroperasi, Semen Baturaja Semakin Optimis di Persaingan Industri Semen

Oleh : Hariyanto | Minggu, 03 September 2017 - 17:52 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY co.id -Palembang - Setelah pabrik II beroperasi penuh, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk mulai masuki babak baru dalam memproduksi semen di Indonesia.

Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, Rahmad Pribadi menjelaskan, perseroan semakin optimistis menatap ke depan dalam persaingan industri semen. Pasalnya, pabrik II yang baru beroperasi tersebut memiliki kapasitas produksi sebesar 1,85 juta ton per tahun sehingga produksi perseroan akan bertambah 92,5% atau bertambah menjadi 3,85 juta ton jika digabungkan dengan produksi pabrik lama.

“Kami optimistis, karena akan bertambah produksinya sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan semen di home base kami, Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), saat ini terus mengalami permintaan," ungkapnya, Kamis (31/8/2017).

Rahmad menerangkan saat ini pertumbuhan komsumsi semen kian meningkat di Sumbagsel, terutama prospek daerah baru seperti Jambi pertumbuhan penjualan mencapai 54% dan Bengkulu 29%.

Selain itu dengan adanya event internasional Asian Games juga akan menambah penjualan yang cukup signifikan karena adanya pembangunan Light Rail Transit (LRT) Palembang.

“Tentunya dengan proyek LRT yang menghubungkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II ke Jakabaring Sport City (JSC)mendongkrak permintaan semen di home base,” ungkapnya.

Sehingga, lanjutnya, pada akhir tahun target penjualan optimistis tercapai, perseroan menargetkan penjualan mencapai 2.011.198 ton dan pendapatan Rp1,83 triliun.

Dengan rata-rata ungkapnya tumbuh mencapai 23% dan 20% dibanding tahun lalu serta EBITDA sebesar Rp580 miliar tumbuh 38% dibanding tahun lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rapat Kerja Banggar DPR dan Kemenkeu, Kamis (19/05/2022). (Foto: Humas Kemenkeu)

Jumat, 20 Mei 2022 - 08:21 WIB

Banggar DPR Setujui Penyesuaian Subsidi dan Kompensasi Sektor Energi

Jakarta-Dalam merespons kenaikan harga komoditas, pemerintah konsisten menjaga pemulihan ekonomi dan melindungi daya beli masyarakat dengan menjaga APBN tetap sehat dan berkelanjutan atau sustainable.…

MAKUKU Air Diapers Comfort

Jumat, 20 Mei 2022 - 08:00 WIB

MAKUKU Air Diapers Comfort: Popok Super Nyaman, Kering Hingga 8 Jam

MAKUKU, pelopor popok anti gumpal, meluncurkan varian terbaru MAKUKU Air Diapers Comfort yaitu popok terjangkau dan berkualitas tinggi dengan inti struktur SAP yang mampu menyerap lebih baik…

Wapres Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury bertolak ke Sultra untuk melakukan kunjungan kerja, Kamis ((19/04/2022) pagi. (Foto: BPMI Setwapres)

Jumat, 20 Mei 2022 - 07:17 WIB

Wapres Akan Groundbreaking Kawasan Industri di Konawe Utara

Jakarta-Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin bertolak ke Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) guna melakukan kunjungan kerja (kunker), Kamis (19/05/2022) pagi.…

Dirjen ILMATE Taufiek Bawazier saat meresmikan Toyota xEV Center

Jumat, 20 Mei 2022 - 07:10 WIB

Kemenperin Harap Toyota xEV Center jadi Katalisator Pengembangan Teknologi Kendaraan Listrik di RI

Kemenperin berharap, Toyota xEV Center sebagai katalisator pengembangan teknologi dan industrialisasi kendaraan elektrifikasi di Indonesia sehingga dapat meningkatkan ketahanan energi serta…

HIPMI Siap Dukung Sektor UMKM RI ke Pasar Internasional

Jumat, 20 Mei 2022 - 07:00 WIB

HIPMI Siap Dukung Sektor UMKM RI ke Pasar Internasional

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menginisiasi perhelatan HIPMI International Business Forum yang merupakan rangkaian acara dari rencana kegiatan kunjungan HIPMI ke Amerika Serikat dan…