Musim Panen, Disperindag Pamekasan Bentuk Tim Tata Niaga Tembakau

Oleh : Hariyanto | Minggu, 27 Agustus 2017 - 11:03 WIB

Kebun Tembakau (Ist)
Kebun Tembakau (Ist)

INDUSTRY co.id -Pamekasan - Guna mengawasi proses jual beli tembakau pada musim panen 2017, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan membentuk tim tata niaga tembakau.

Pembentukan tim tersebut merupakan amanah dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2008 tentang Tata Usaha Tembakau Madura. "Tim ini memiliki tugas memantau jual beli tembakau di pabrik maupun perorangan," kata Kepala Disperindag Pamekasan Bambang Edy Suprapto, Sabtu (26/8/2017).

"Tim ini nantinya diharapkan untuk menghindari terjadinya transaksi yang dapat merugikan petani tembakau, khususnya menjelang masa jual beli tahun ini," ungkap Bambang.

Tim pengawas tersebut nantinya akan meliputi sejumlah elemen dari berbagai instansi maupun lembaga di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. "Tim ini terdiri dari berbagai unsur, meliputi LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), perwakilan paguyuban petani dan unsur pemerintah sendiri," jelasnya.

"Sebagaimana tertuang dalam perda 6/2008, ada beberapa larangan yang harus dipatuhi pabrikan. Salah satunya tidak bolah mengambil sampel tembakau lebih dari 1 kilogram (kg). Serta dilarang memotong pembungkus tembakau atau tikar melebihi 2 kg," lanjut Bambang.

Tidak hanya itu, dalam aturan juga dibeberkan secara detail berupa larangan bagi petani tembakau mencampur tembakau Madura dengan tembakau Jawa. Hal itu demi menjaga kualitas dan keaslian tembakau Madura.

"Jadi, pembentukan tim ini untuk memaksimalkan realisasi tata niaga tembakau tanpa ada pihak yang merasa dirugikan. Baik petani tembakau, pedagang maupun pihak pabrikan," pungkasnya. (bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dulux Raih Penghargaan Double Platinum Indonesia Best Brand Award 2022

Kamis, 08 Desember 2022 - 10:16 WIB

Dulux Raih Penghargaan Double Platinum Indonesia Best Brand Award 2022

PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), produsen cat Dulux, meraih penghargaan Indonesia Best Brand Award 2022 untuk kategori cat dinding dengan predikat Double Platinum.…

Kementerian PUPR dan Kemenkeu Lakukan Serah Terima BMN Tahap 2

Kamis, 08 Desember 2022 - 10:03 WIB

Kementerian PUPR dan Kemenkeu Lakukan Serah Terima BMN Tahap 2

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan serah terima Barang Milik Negara (BMN) Kementerian PUPR Tahap II kepada Pemerintah Daerah…

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Muhammad Zainal Fatah

Kamis, 08 Desember 2022 - 09:54 WIB

Rumuskan Kebijakan Strategis,Kementerian PUPR Tingkatkan Keterlibatan Para Pakar dan Praktisi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan pembangunan infrastruktur di tengah target penyelesaian pembangunan yang ketat dengan banyaknya tantangan dan derasnya…

Komisioner kelompok kerja (Pokja) Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah II, Dr Mustari Irawan MPA

Kamis, 08 Desember 2022 - 09:43 WIB

174 Instansi Pemerintah & LPNK Mendapat Predikat Kinerja Baik dan Sangat Baik

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai lembaga non struktural bertugas meningkatkan kinerja lembaga pemerintah beserta aparaturnya (ASN). KASN terus mengawasi sekaligus meningkatkan prestasi…

CKB Group Hadirkan Program Sinergi CSR “Cinta Kepada Bumi”

Kamis, 08 Desember 2022 - 09:36 WIB

Respon Perubahan Iklim, CKB Group Hadirkan Program Sinergi CSR “Cinta Kepada Bumi”

Komitmen berkelanjutan CKB Group dalam merespon perubahan iklim sekaligus mendukung program pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs)