Musim Panen, Disperindag Pamekasan Bentuk Tim Tata Niaga Tembakau

Oleh : Hariyanto | Minggu, 27 Agustus 2017 - 11:03 WIB

Kebun Tembakau (Ist)
Kebun Tembakau (Ist)

INDUSTRY co.id -Pamekasan - Guna mengawasi proses jual beli tembakau pada musim panen 2017, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan membentuk tim tata niaga tembakau.

Pembentukan tim tersebut merupakan amanah dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2008 tentang Tata Usaha Tembakau Madura. "Tim ini memiliki tugas memantau jual beli tembakau di pabrik maupun perorangan," kata Kepala Disperindag Pamekasan Bambang Edy Suprapto, Sabtu (26/8/2017).

"Tim ini nantinya diharapkan untuk menghindari terjadinya transaksi yang dapat merugikan petani tembakau, khususnya menjelang masa jual beli tahun ini," ungkap Bambang.

Tim pengawas tersebut nantinya akan meliputi sejumlah elemen dari berbagai instansi maupun lembaga di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. "Tim ini terdiri dari berbagai unsur, meliputi LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), perwakilan paguyuban petani dan unsur pemerintah sendiri," jelasnya.

"Sebagaimana tertuang dalam perda 6/2008, ada beberapa larangan yang harus dipatuhi pabrikan. Salah satunya tidak bolah mengambil sampel tembakau lebih dari 1 kilogram (kg). Serta dilarang memotong pembungkus tembakau atau tikar melebihi 2 kg," lanjut Bambang.

Tidak hanya itu, dalam aturan juga dibeberkan secara detail berupa larangan bagi petani tembakau mencampur tembakau Madura dengan tembakau Jawa. Hal itu demi menjaga kualitas dan keaslian tembakau Madura.

"Jadi, pembentukan tim ini untuk memaksimalkan realisasi tata niaga tembakau tanpa ada pihak yang merasa dirugikan. Baik petani tembakau, pedagang maupun pihak pabrikan," pungkasnya. (bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bali Trail Running 2022 di Kabupaten Bangli, Bali (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 16 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menparekraf: Bali Trail Running 2022 Tanda Parekraf Bali Kian Bangkit

Menghadiri “Bali Trail Running 2022” di Kabupaten Bangli, Bali, Minggu (15/5/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi event tersebut yang dipercaya…

Pendapatan Bersih tumbuh 106,23%, Segmen Penjualan Unit Alat Berat Tumbuh 135,49%

Senin, 16 Mei 2022 - 17:53 WIB

Dahsyat Tembus 295%, Pertumbuhan Laba Bersih KOBEX pada Triwulan I-2022

Jakarta – PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi, membukukan pencapaian positif pada tiga bulan pertama 2022.

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Senin, 16 Mei 2022 - 17:42 WIB

Mantan Politikus Laksamana Sukardi Gandeng Harry Tjahjono Cegah Dampak Negatif Konten Youtube Pada Anak.

Mantan politikus PDIP dan Menteri BUMN Kabinet Gotong Royong, Laksamana Sukardi (LS), menggandeng seniman Harry Tjahjono untuk membuat konten youtube ramah anak.

Destinasi Wisata Cicalengka Dreamland, Bandung, Jawa Barat ( Instagram/@pianpian)

Senin, 16 Mei 2022 - 17:30 WIB

Genjot Pariwisata, Bandung Harus Punya Ciri Khas Sebagai Kota Wisata

Salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut sejumlah tempat wisata yang ada di Ibu Kota Jawa Barat itu perlu memiliki ciri khas yang…

Petugas memeriksa kesehatan mulut Sapi

Senin, 16 Mei 2022 - 16:51 WIB

Untuk Kurban, HPDKI Persiapkan Ternaknya Aman dan Sehat dari PMK

Terkait dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di beberapa kabupaten di Jawa Timur dan di Aceh, Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) gerak cepat mengkoordinasikan seluruh…