Pabrik Semen di Rembang Beroperasi, Semen Indonesia Nikmati Kenaikan Penjualan Hingga 10 Persen

Oleh : Hariyanto | Kamis, 24 Agustus 2017 - 12:41 WIB

Pabrik Semen Rembang (Ist)
Pabrik Semen Rembang (Ist)

INDUSTRY co.id -Jakarta - Beroperasinya pabrik PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) di Rembang memberikan dampak yang positif pada kinerja perseroan.

"Sebagai pengelola pabrik di Rembang, Semen Gresik menikmati kenaikan penjualan 10% pada periode Januari hingga Juli tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu," kata Direktur Utama Semen Gresik, Gatot Kustyadji di Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Menurut Gatot, pabrik di Rembang, telah beroperasi sejak dua bulan silam dengan kapasitas penuh mencapai 3 juta ton per tahun, sedangkan total kapasitas pabrik di Tuban mencapai 14 juta ton per tahun dengan utilisasi pabriknya mencapai 98%.

"Pada periode Januari hingga Juli, penjualan Semen Gresik tercatat 8.139.303 ton. Pertumbuhan penjualan tersebut lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan penjualan semen di Jawa sebesar 9,8% atau pertumbuhan penjualan secara nasional yang mencapai 5%," ungkap Gatot.

Gatot mengatakan, total permintaan semen di Pulau Jawa pada periode tersebut tahun ini mencapai 19.690.556 ton. ''Pada semester kedua ini memang terasa ada kenaikan permintaan yang cukup tinggi. Bulan ini permintaan juga mulai membaik setelah awal tahun cukup lesu,'' ujar Gatot.

Namun, kenaikan tertinggi dialami produk semen curah. Hal itu berkaitan dengan mulai berjalannya proyek-proyek infrastruktur.

Semen Gresik menyuplai wilayah seperti Jawa, Bali, dan sebagian Kalimantan. Dari total penjualan, sekitar 30% berasal dari Jawa Timur.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono

Sabtu, 21 Mei 2022 - 04:30 WIB

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono membahas situasi keamanan laut. Pertemuan hangat ini berlangsung di Kantor KKP Jakarta…

Satgas Yonif 126 KC Laksanakan Donor Darah di Perbatasan RI-PNG

Sabtu, 21 Mei 2022 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Laksanakan Donor Darah di Perbatasan RI-PNG

Satgas Yonif 126/KC bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jayapura menyelenggarakan donor darah dalam rangka memperingati HUT Yonif 126/KC yang ke-60 Tahun.

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 21 Mei 2022 - 03:27 WIB

KASAD Resmikan Yon Arhanud 9AWJ dan Yon Armed 20/155 GS/BY

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman S.E., M.M., meresmikan dua satuan baru di wilayah Kodam IX/Udayana, yaitu Batalyon Artileri Pertahanan Udara 9/Angkasa Widya…

Presiden Jokowi

Sabtu, 21 Mei 2022 - 03:13 WIB

Presiden Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo menerima Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Majelis Rakyat Papua Barat di Istana Kepresidenan Bogor, pada Jumat, 20 Mei 2022. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang mewakili…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Jumat, 20 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menteri Bahlil Tegaskan Indonesia Tak Akan Ekspor EBT ke Negara Manapun

Terkait dengan Energi Baru Terbarukan (EBT), Bahlil menjelaskan bahwa Indonesia belum akan melakukan ekspor EBT ke negara manapun. Menurutnya, pemerintah Indonesia akan fokus terlebih dahulu…