Menperin Optimistis Atlet Wushu Raih Tiga Emas

Oleh : Ridwan | Jumat, 18 Agustus 2017 - 14:26 WIB

Menperin selaku Ketua Umum PB WI didampingi Sekjen Kemmenperin, Haris Munandar bersama kontingen wushu Indonesia yang akan bertanding pada Sea Games 2017 Malaysia, di Jakarta. (Biro Humas)
Menperin selaku Ketua Umum PB WI didampingi Sekjen Kemmenperin, Haris Munandar bersama kontingen wushu Indonesia yang akan bertanding pada Sea Games 2017 Malaysia, di Jakarta. (Biro Humas)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perindustrian yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto, optimistis atlet wushu nasional mampu meraih target tiga emas pada ajang Sea Games 2017 di Malaysia karena memiliki mental juara.

Cabang olahraga bela diri ini diyakininya mampu menjadi kebanggaan bagi seluruh bangsa Indonesia dengan target meraih tiga medali emas.

“Kami yakin, semua (atlet wushu Indonesia) sudah punya mental juara. Insya Allah mental juara ini dapat terus dipertahankan. Dan, saatnya untuk membuktikan kepada publik dengan hasil yang terbaik di Sea Games 2017,” kata Airlangga melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat (18/8/2017)


Airlangga menyampaikan hal tersebut ketika melepas kontingen atlet dan ofisial Wushu Indonesia yang akan berangkat ke Malaysia untuk Sea Games pada 19-30 Agustus.

Airlangga meminta kepada para atlet wushu Indonesia agar tetap menjaga kesehatan dan kekompakan tim selama di Malaysia.

“Mereka telah mendapatkan pelatihan di Tiongkok dan kami monitor dengan baik,” ujarnya.
Pemusatan latihan di Negeri Tirai Bambu tersebut diharapkan membawa kemajuan dan perubahan besar bagi atlet sehingga target tiga emas bisa tercapai.

Cabang olahraga wushu merupakan salah satu andalan Indonesia untuk mendulang medali emas. Hal ini karena ada salah satu nama yang sudah cukup dikenal dengan prestasinya, yaitu Linswell Kwok.

Atlet asal Sumatra Utara ini ditargetkan mampu mengibarkan Sang Merah Putih.
Menurut Airlangga,  olahraga wushu ini memiliki potensi menjadi ajang diplomasi kebudayaan dengan negara lain.

“Indonesia merupakan negara terbesar di ASEAN. Ekonominya setengah dari ASEAN, di mana ASEAN sebesar 2,1 triliun dollar AS, kita 1 triliun dollar AS. Sudah sewajarnya kita berprestasi besar, diharapkan wushu mewujudkan kebesaran Indonesia tersebut di SEA Games 2017,” paparnya.

Airlangga selaku Ketua Umum PB WI periode 2017-2021 ini mengaku pihaknya optimistis bisa merebut empat medali emas di laga Sea Games 2017, namun dari Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) telah ditetapkan target tiga medali emas.

“Kemarin kami sudah rapat, mereka yang dapat medali emas akan dibantu bonus prestasi sebesar Rp100 juta, sedangkan yang meraih perak Rp50 juta, dan perunggu Rp25 juta,” ungkapnya.

Airlangga menegaskan, hasil Sea Games 2017 ini akan menjadi tolak ukur prestasi pada ajang Asian Games 2018 di Indonesia. Selain itu juga untuk menghadapi Summer Universiade, pesta olahraga kedua terbesar setelah Olympics yang digelar di Taipei, Taiwan, 19-30 Agustus 2017.

“Prestasi di Sea Games maupun Summer Universiade 2017 menjadi penting untuk mencapai target pada Asian Games 2018. Untuk di Universiade, kami akan siapkan Rp50 juta yang dapat medali emas, Rp25 juta untuk perak, dan Rp15 juta untuk perunggu,” imbuhnya.

Selain fokus pada peningkatan prestasi, PB WI di bawah kepemipinan Airlangga bertekad untuk terus mengembangkan cabang olahraga bela diri ini ke seluruh provinsi di Tanah Air. Saat ini sudah ada 28 pengurus provinsi wushu Indonesia, sedangkan enam provinsi lainnya akan menyusul.

"Kami berharap pengurus akan ada di 34 provinsi. Kami selalu mendorong pengurus provinsi untuk mencetak atlet-atlet nasional berprestasi," tuturnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pandemi Corona (covid-19)- foto/ist

Selasa, 07 April 2020 - 01:31 WIB

Kian Meningkat, Hingga Selasa Dini Hari Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Indonesia Mencapai 2.491 Orang

Kasus virus corona di Indonesia kian hari semakin meningkat. Menurut Juru bicara penanganan corona, Achmad Yurianto, hal tersebut disebabkan oleh penularan yang terus terjadi ditengah masyarakat…

Ilustrasi security system. (Alvis Upitis/Getty Images)

Senin, 06 April 2020 - 23:10 WIB

Six years of the GitHub Security Bug Bounty program

Last month GitHub reached some big milestones for our Security Bug Bounty program. As of February 2020, it’s been six years since we started accepting submissions. Over the years we’ve been…

Media Luar Ruang City Vision

Senin, 06 April 2020 - 22:15 WIB

Media Luar Ruang City Vision Gandeng KAI Sebarluaskan Informasi Covid-19

Sebagai perusahaan media luar ruang terbesar di Indonesia, City Vision berkomitmen untuk terus mendukung upaya pemerintah dan berbagai institusi lain dalam menyebarluaskan informasi kesehatan…

Keringanan kredit properti Sinar Mas

Senin, 06 April 2020 - 21:40 WIB

Industri Properti Lawan Corona, Sinar Mas Land Berikan Keringanan Bayar Kepada Masyarakat

Untuk membantu masyarakat yang ingin membeli hunian dengan cepat, Sinar Mas Land kini menawarkan solusinya dengan program berskala nasional bernama Move in Quickly.

Semen Indonesia Berikan bantuan covid-19 senilai Rp1,9 miliar

Senin, 06 April 2020 - 21:15 WIB

Semen Indonesia Serahkan Bantuan APD dan Alkes Senilai Rp1,93 miliar untuk Tenaga Medis

Semen Indonesia Gresik (SIG) memberikan bantuan alat kesehatan dan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis di Rumah Sakit Semen Gresik (RSSG) senilai Rp1,93 miliar.