Hari Belanja Diskon Tingkatkan Kunjungan Wisman

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 16 Agustus 2017 - 13:22 WIB

Mendag Enggartiasto Lukita dan Menpar Arief Yahya meresmikan pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia (Foto Rizki Meirino))
Mendag Enggartiasto Lukita dan Menpar Arief Yahya meresmikan pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia (Foto Rizki Meirino))

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia dan Happy Birthday Indonesia Festival yang diselenggarakan oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo).

Selain sebagai hadiah untuk warga dalam rangka HUT Ke-72 Republik Indonesia, HBDI diharapkan meningkatkan daya beli masyarakat melalui diskon berlimpah serta menarik wisatawan dari mancanegara.

"Ini kegiatan yang bagus sekali. Mendorong konsumsi dan dengan diskon yg fantastis, serentak di seluruh Indonesia. Menteri Pariwisata juga akan mengundang wisatawan untuk berbelanja. Indonesia selain memiliki kekayaan alam, juga menjadi surga belanja," kata Menteri Enggar usai meresmikan HBDI di Ji Expo Kemayoran Jakarta, Selasa (15/8/2017)

HBDI terbagi dalam dua konsep acara, yaitu HBDI yang berlangsung di pusat-pusat perbelanjaan, ruko hingga bandara di berbagai kota di Indonesia pada 17-20 Agustus 2017 dan HBDIF yang berlangsung di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta mulai 15-27 Agustus 2017.

Enggar mengatakan HBDI merupakan kado bagi Hari Kemerdekaan Indonesia yang dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan daya beli masyarakat dan sektor ritel di indonesia, serta menciptakan peluang lebih besar untuk perkembangan dan kemajuan UKM, para pelaku ekonomi kreatif, pusat perbelanjaan dan pelaku bisnis ritel di seluruh Indonesia.

Usai meresmikan HBDI, Enggartiasto didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf melakukan kunjungan ke area HBDIF di Gambir Expo Kemayoran dan menyinggahi sejumlah gerai UMKM dan gerai ritel lainnya.

HBD Indonesia ditargetkan menarik 20 juta orang pembeli serta menjadi festival belanja, kuliner, musik dan hiburan ritel terbesar di Indonesia yang diikuti lebih dari 200 perusahaan yang mengelola 500 merek lokal dan internasional.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah mengatakan HBDI diharapkan menciptakan tren belanja baru di bulan Agustus serta menjadi bentuk dukungan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat.

"HBDI merupakan suatu konsep yang diharapkan bisa memberi kenyamanan pada turis dan bangsa Indonesia berbelanja dengan nuansa baru. Kami harap semoga menjadi gerakan untuk menumbuhkan ekonomi bangsa," kata Budiharjo.

Peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia menjadi inspirasi para peritel dalam menarik konsumen di HBD Indonesia. Para konsumen akan memperoleh berbagai promosi yang terkait dengan angka 72 ditawarkan oleh para peritel yang berpartisipasi, antara lain diskon hingga 72 persen dan harga khusus Rp72.000.

Sejumlah acara yang ditampilkan termasuk Jember Fashion Carnival yang dihadirkan khusus dari kota asalnya Jember, Jawa Timur, tampil pada 15 Agustus 2017 dan 17 Agustus 2017 serta penampilan khusus dari grup musik terkenal GAC pada 19 Agustus 2017 dan Nidji pada 26 Agustus 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Bamsoet.com)

Rabu, 22 Januari 2020 - 06:00 WIB

Bamsoet Harap Konflik Dewas dan Direksi TVRI Bisa Segera Selesai

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap polemik yang terjadi di tubuh TVRI pasca diberhentikannya Direktur Utama TVRI Helmy Yahya oleh Dewan Pengawas (Dewas) TVRI, bisa segera mereda.…

Batalyon Polisi Militer 2 Marinir Temukan dan Amankan Obyek Vital

Rabu, 22 Januari 2020 - 05:30 WIB

Batalyon Polisi Militer 2 Marinir Temukan dan Amankan Obyek Vital

Prajurit Batalyon Polisi Militer 2 Marinir (Yon POM 2 Mar) mendalami kembali llmu Medan Membaca Peta (IMMP) yang tengah melaksanakan kegiatan Latihan Perorangan Dasar (LPD) dan Latihan Perorangan…

Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Fajar Prasetyo, S.E., M.M

Rabu, 22 Januari 2020 - 05:00 WIB

Pangkogabwilhan II Kukuhkan 45 Pamen TNI di Jajaran Kogabwilhan II

Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Fajar Prasetyo, S.E., M.M. mengukuhkan 45 Perwira Menengah (Pamen) TNI di lingkungan Kogabwilhan II, terdiri dari 44 Kolonel untuk menjabat 7 Wakil Asisten, 3…

Executive Vice President Telkom Regional II Area Jakarta, Banten, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jababotabek) Teuku Muda Nanta (tengah) didampingi General Manager Wilayah Telkom Jakarta Timur Zahrial Hamid Nasution (kiri) dan Operation Senior Manager Consumer Marketing Telkom Regional II Area Jakarta, Banten, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jababotabek) Mustakim Wahyudi

Rabu, 22 Januari 2020 - 00:58 WIB

IndiHome Apresiasi Pelanggan dengan Total Hadiah Hingga Rp5 M

IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya memberikan layanan terbaik dan apresiasi bagi pelanggan. Pada Selasa (21/1), IndiHome mengumumkan…

Pengurus Pusat PWI dan Panitia Pusat HPN 2020, melakukan pertemuan dengan Muhajir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada Kabinet Indonesia Maju di kantornya jalan Merdeka Utara, Selasa (21/1/2020).

Rabu, 22 Januari 2020 - 00:50 WIB

Pengurus Pusat PWI dan Panitia Pusat HPN 2020, Melakukan Pertemuan Dengan Menko PMK Muhajir Effendy

engurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Panitia Pusat Hari Pers Nasional (HPN) 2020, melakukan pertemuan dengan Muhajir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan…