Hari Belanja Diskon Tingkatkan Kunjungan Wisman

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 16 Agustus 2017 - 13:22 WIB

Mendag Enggartiasto Lukita dan Menpar Arief Yahya meresmikan pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia (Foto Rizki Meirino))
Mendag Enggartiasto Lukita dan Menpar Arief Yahya meresmikan pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia (Foto Rizki Meirino))

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia dan Happy Birthday Indonesia Festival yang diselenggarakan oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo).

Selain sebagai hadiah untuk warga dalam rangka HUT Ke-72 Republik Indonesia, HBDI diharapkan meningkatkan daya beli masyarakat melalui diskon berlimpah serta menarik wisatawan dari mancanegara.

"Ini kegiatan yang bagus sekali. Mendorong konsumsi dan dengan diskon yg fantastis, serentak di seluruh Indonesia. Menteri Pariwisata juga akan mengundang wisatawan untuk berbelanja. Indonesia selain memiliki kekayaan alam, juga menjadi surga belanja," kata Menteri Enggar usai meresmikan HBDI di Ji Expo Kemayoran Jakarta, Selasa (15/8/2017)

HBDI terbagi dalam dua konsep acara, yaitu HBDI yang berlangsung di pusat-pusat perbelanjaan, ruko hingga bandara di berbagai kota di Indonesia pada 17-20 Agustus 2017 dan HBDIF yang berlangsung di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta mulai 15-27 Agustus 2017.

Enggar mengatakan HBDI merupakan kado bagi Hari Kemerdekaan Indonesia yang dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan daya beli masyarakat dan sektor ritel di indonesia, serta menciptakan peluang lebih besar untuk perkembangan dan kemajuan UKM, para pelaku ekonomi kreatif, pusat perbelanjaan dan pelaku bisnis ritel di seluruh Indonesia.

Usai meresmikan HBDI, Enggartiasto didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf melakukan kunjungan ke area HBDIF di Gambir Expo Kemayoran dan menyinggahi sejumlah gerai UMKM dan gerai ritel lainnya.

HBD Indonesia ditargetkan menarik 20 juta orang pembeli serta menjadi festival belanja, kuliner, musik dan hiburan ritel terbesar di Indonesia yang diikuti lebih dari 200 perusahaan yang mengelola 500 merek lokal dan internasional.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah mengatakan HBDI diharapkan menciptakan tren belanja baru di bulan Agustus serta menjadi bentuk dukungan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat.

"HBDI merupakan suatu konsep yang diharapkan bisa memberi kenyamanan pada turis dan bangsa Indonesia berbelanja dengan nuansa baru. Kami harap semoga menjadi gerakan untuk menumbuhkan ekonomi bangsa," kata Budiharjo.

Peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia menjadi inspirasi para peritel dalam menarik konsumen di HBD Indonesia. Para konsumen akan memperoleh berbagai promosi yang terkait dengan angka 72 ditawarkan oleh para peritel yang berpartisipasi, antara lain diskon hingga 72 persen dan harga khusus Rp72.000.

Sejumlah acara yang ditampilkan termasuk Jember Fashion Carnival yang dihadirkan khusus dari kota asalnya Jember, Jawa Timur, tampil pada 15 Agustus 2017 dan 17 Agustus 2017 serta penampilan khusus dari grup musik terkenal GAC pada 19 Agustus 2017 dan Nidji pada 26 Agustus 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani

Jumat, 07 Agustus 2020 - 19:15 WIB

Inpres Nomor 6-2020 Dikritik, Komisi IX: Untuk Bertahan Hidup Saja Sudah Kembang Kempis Apalagi Bayar Denda

Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 meminta kepala daerah melakukan sosialisasi…

Ilustrasi Industri Nikel (Photo by Bisnis.com)

Jumat, 07 Agustus 2020 - 19:03 WIB

Luar Biasa! Ekspor Produk Industri Nikel Mampu Tembus USD 7 Miliar

Berdasarkan data BPS, pada tahun 2018 dan 2019, nilai ekspor produk industri logam berbasis nikel berturut-turut mencapai USD4,8 miliar dan USD7,08 miliar atau meningkat 47,5%.

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Jumat, 07 Agustus 2020 - 18:45 WIB

Tutup Pekan IHSG Berakhir Melemah Turun ke Level 5.144

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Jumat (7/8) ditutup melemah.

Waskita Karya (Foto Dok Industry.co..id)

Jumat, 07 Agustus 2020 - 18:32 WIB

Sah! Waskita Karya Terbitkan Obligasi Rp135,1 Miliar Jangka Waktu 3 Tahun

Dilansir dari IDX berdasarkan keterangan perseroan, Obligasi Berkelanjutan IV Waskita Karya Tahap I Tahun 2020 dicatatkan sebesar Rp135,5 miliar dengan jangka waktu 3 Tahun.

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar

Jumat, 07 Agustus 2020 - 18:30 WIB

Muhaimin Iskandar Minta Pemerintah Lebih Perhatikan Nasib Petani

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menilai pertumbuhan ekonomi yang ditopang sektor pertanian layak mendapatkan perhatian dari Pemerintah, demi terus meningkatkan investasi pertanian.