Hari Belanja Diskon Tingkatkan Kunjungan Wisman

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 16 Agustus 2017 - 13:22 WIB

Mendag Enggartiasto Lukita dan Menpar Arief Yahya meresmikan pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia (Foto Rizki Meirino))
Mendag Enggartiasto Lukita dan Menpar Arief Yahya meresmikan pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia (Foto Rizki Meirino))

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia dan Happy Birthday Indonesia Festival yang diselenggarakan oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo).

Selain sebagai hadiah untuk warga dalam rangka HUT Ke-72 Republik Indonesia, HBDI diharapkan meningkatkan daya beli masyarakat melalui diskon berlimpah serta menarik wisatawan dari mancanegara.

"Ini kegiatan yang bagus sekali. Mendorong konsumsi dan dengan diskon yg fantastis, serentak di seluruh Indonesia. Menteri Pariwisata juga akan mengundang wisatawan untuk berbelanja. Indonesia selain memiliki kekayaan alam, juga menjadi surga belanja," kata Menteri Enggar usai meresmikan HBDI di Ji Expo Kemayoran Jakarta, Selasa (15/8/2017)

HBDI terbagi dalam dua konsep acara, yaitu HBDI yang berlangsung di pusat-pusat perbelanjaan, ruko hingga bandara di berbagai kota di Indonesia pada 17-20 Agustus 2017 dan HBDIF yang berlangsung di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta mulai 15-27 Agustus 2017.

Enggar mengatakan HBDI merupakan kado bagi Hari Kemerdekaan Indonesia yang dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan daya beli masyarakat dan sektor ritel di indonesia, serta menciptakan peluang lebih besar untuk perkembangan dan kemajuan UKM, para pelaku ekonomi kreatif, pusat perbelanjaan dan pelaku bisnis ritel di seluruh Indonesia.

Usai meresmikan HBDI, Enggartiasto didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf melakukan kunjungan ke area HBDIF di Gambir Expo Kemayoran dan menyinggahi sejumlah gerai UMKM dan gerai ritel lainnya.

HBD Indonesia ditargetkan menarik 20 juta orang pembeli serta menjadi festival belanja, kuliner, musik dan hiburan ritel terbesar di Indonesia yang diikuti lebih dari 200 perusahaan yang mengelola 500 merek lokal dan internasional.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah mengatakan HBDI diharapkan menciptakan tren belanja baru di bulan Agustus serta menjadi bentuk dukungan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat.

"HBDI merupakan suatu konsep yang diharapkan bisa memberi kenyamanan pada turis dan bangsa Indonesia berbelanja dengan nuansa baru. Kami harap semoga menjadi gerakan untuk menumbuhkan ekonomi bangsa," kata Budiharjo.

Peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia menjadi inspirasi para peritel dalam menarik konsumen di HBD Indonesia. Para konsumen akan memperoleh berbagai promosi yang terkait dengan angka 72 ditawarkan oleh para peritel yang berpartisipasi, antara lain diskon hingga 72 persen dan harga khusus Rp72.000.

Sejumlah acara yang ditampilkan termasuk Jember Fashion Carnival yang dihadirkan khusus dari kota asalnya Jember, Jawa Timur, tampil pada 15 Agustus 2017 dan 17 Agustus 2017 serta penampilan khusus dari grup musik terkenal GAC pada 19 Agustus 2017 dan Nidji pada 26 Agustus 2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

imoo Watch Phone

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:38 WIB

imoo Watch Phone Kado Natal Impian Anak Kini Turun Harga

Baru-baru ini imoo Watch Phone meluncurkan produk terbarunya yaitu imoo Watch Phone Z6 dengan mode flip Front & Rear Dual Camera. Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1995 ini dalam lima tahun…

Konferensi Pers Kinerja Industri Asuransi Jiwa Kuartal III 2019

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:01 WIB

Total Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Naik Sebesar 14,7%

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memaparkan kinerja industri asuransi jiwa pada kuartal 2019, dengan menghimpun data dari 59 perusahaan dari 60 total anggota. Hasil data tersebut menunjukkan…

Asuransi Ilustrasi

Minggu, 15 Desember 2019 - 19:30 WIB

Literasi Dorong Industri Asuransi Syariah

Jakarta - Perkumpulan Ahli Asuransi Syariah (Islamic Insurance Society) atau IIS melakukan kegiatan literasi untuk mempromosikan dan mensosialisasikan ilmu dan pengetahuan tentang perasuransian…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (tengah) bersama Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kedua dari kiri), Direktur Wholesale and International Business Telkom Edwin Aristiawan (kedua dari kanan), dan Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin (paling kanan)

Minggu, 15 Desember 2019 - 19:15 WIB

Indigo Game Startup Incubation Dukung Pengembangan Ekosistem Game di Indonesia

Jakarta – Setelah diluncurkan pada September 2019 lalu, rangkaian kegiatan Indigo Game Startup Incubation yang diiniasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara resmi berakhir yang…

Dukung Industri Pariwisata, Wings Air Terbang dari Sorong ke Nabire

Minggu, 15 Desember 2019 - 18:00 WIB

Dukung Industri Pariwisata, Wings Air Terbang dari Sorong ke Nabire

Apa yang terlintas dibenak ketika mendengar Papua Barat? Mayoritas yang terpikir ialah nama Raja Ampat dengan surga bawah laut sebagai tujuan popular berwisata dari berbagai penjuru dunia.