Menkominfo Promosikan Peluang Investasi ICT kepada 11 Duta Besar

Oleh : Hariyanto | Selasa, 15 Agustus 2017 - 07:27 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan berbagai peluang investasi dan ekonomi di Indonesia kepada duta besar dari 11 negara di Amerika Selatan.

Menkominfo menyampaikan hal itu saat diundang secara khusus oleh 11 duta besar negara sahabat dalam sesi diskusi sekaligus makan siang bersama di Jakarta, Senin (14/8/2017).

Selaku tuan rumah dalam kesempatan tersebut adalah Rumah Duta Besar Argentina Mr Ricardo Luis Bocalandro, demikian siaran pers Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diterima Antara, Senin (14/8/2017)

"Indonesia mempunyai peluang memanfaatkan bonus demografi di puncaknya tahun 2030. Ada peluang 180 juta populasi produktif dan 135 juta kelas konsumtif. Kini, saatnya berinvestasi di Indonesia karena Pemerintah terus memperbaiki iklim berusaha dan investasi. Di antaranya melalui perbaikan kondisi fiskal, perbaikan dan penyederhanaan regulasi dan penekanan pembangunan yang agresif dalam membangun infrastruktur," kata Rudiantara.

Ia menjelaskan di bidang Informasi dan Teknologi Komunikasi (ICT), berbagai kebijakan yang bersifat mendorong kemudahan berinvestasi, kemudahan dalam proses administrasi juga dalam membangun ekosistem digital ekonomi terus dilakukan.

Kebijakan-kebijakan untuk mendukung perkembangan ICT di Indonesia diantaranya penyederhanaan perizinan dan sertifikasi perangkat dan perpres roadmap ecommerce, TKDN 4G, KBLI platform digital.

Selain itu, Menteri Rudiantara juga menjelaskan beberapa persoalan terkini seperti penanganan konten negatif di internet dan media sosial serta kebutuhan-kebutuhan nasional dalam pengembangan konten lokal dan pentingnya konsolidasi pemain telekomunikasi di Indonesia.

Konsolidasi ini tidak hanya akan memenuhi harapan (ekspektasi) layanan telekomunikasi masa depan juga memberikan kemampuan dari sisi efisiensi dan cakupan perluasan wilayah pembanguan dan layanan.

Duta Besar Argentina yang mewakili para dubes lainnya mengapresiasi pertemuan dengan Menteri Kominfo atas paparan yang komprehensif terkait Indonesia terkait peluang investasi dan berbagai upaya perbaikan dalam iklim berusaha di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT. Yupi Indo Jelly Gum

Senin, 29 April 2024 - 13:29 WIB

Katakan Tidak pada Bullying

Masa sekolah yang seharusnya menjadi masa yang indah, realitasnya tidak untuk sebagian anak. Masa sekolah menjadi waktu yang penuh dengan ketakutan, kecemasan, dan penderitaan yang disebabkan…

Pavilion Indonesia di EXPOMED EUROSIA 2024

Senin, 29 April 2024 - 11:53 WIB

Siap Dobrak Pasar Eropa, Kemenperin Boyong Sembilan Industri Alat Kesehatan Nasional Mejeng di Turki

Industri alat kesehatan nasional terus berupaya menembus pasar ekspor seiring dengan produk-produknya yang semakin berkualitas dan berdaya saing global. Hal ini diwujudkan lewat keikutsertaan…

Pelepasan ekspor produk handicraft dan kriya.

Senin, 29 April 2024 - 11:31 WIB

Buka Akses Pasar Produk UKM Indonesia ke Kanada, LPEI dan Diaspora Indonesia Berkolaborasi

Kolaborasi antar institusi Pemerintah melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/ Indonesia Eximbank sebagai Lembaga Keuangan Pemerintah Indonesia dengan Atase Perdagangan (Atdag) Ottawa,…

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC)

Senin, 29 April 2024 - 10:55 WIB

ASLC Catat Laba Bersih Melonjak Hampir 8 Kali Lipat di Kuartal 1 2024

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp16,9 miliar di kuartal 1 2024, melonjak hingga hampir 8 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.…

Ilustrasi asuransi kendaraan

Senin, 29 April 2024 - 10:45 WIB

Tingkat Kecelakaan Mobil Meningkat, MPMInsurance Edukasi Pentingnya Asuransi Kendaraan

Belakangan ini kita membaca banyak berita terkait kelalaian berkendara yang menyebabkan kecelakaan tunggal maupun massal seperti salah satu kasus terbaru tentang kecelakaan mobil di pintu tol…