Kolaborasi Lima Kementerian Luncurkan Pilot Project Pembiayaan Ultra Mikro

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 14 Agustus 2017 - 11:22 WIB

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Sinergi Pemerintah dalam Mengangkat Ekonomi Rakyat Melalui Inklusi Keuangan dan Peluncuran Pilot Project Pembiayaan Ultra Mikro (Foto:Ahamd Fadli/Industry.co.id)
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Sinergi Pemerintah dalam Mengangkat Ekonomi Rakyat Melalui Inklusi Keuangan dan Peluncuran Pilot Project Pembiayaan Ultra Mikro (Foto:Ahamd Fadli/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Dalam mengenjot inklusi keuangan mencapai 75 persen hingga 2019. Lima Kementerian wujudkan sinergisitas antara lain Kementerian Keuangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Sosial, Kementerian Kelautan Perikanan dan Kementerian Komunikasi Informatika meluncurkan pilot project Pembiayaan Ultra Mikro (UMI) untuk masyarakat kecil di beberapa wilayah.

Dalam peluncuran pilot project ini diharapkan lebih dari 44 juta usaha atau sekitar 72,1 persen dari jumlah UMKM secara nasional dapat terbantu.

"Ini progam pembiayaan yang dibebankan oleh APBN 2017 dengan alokasi pembiayaan mencapai Rp 1,5 triliun," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Sinergi Pemerintah dalam Mengangkat Ekonomi Rakyat Melalui Inklusi Keuangan dan Peluncuran Pilot Project Pembiayaan Ultra Mikro, di Bogor, Senin (14/8/2017).

Ia mengatakan program ini untuk masyarakat usaha mikro agar tidak bergantung pada bantuan sosial yang jumlahnya terbatas dan dengan pendampingan ini agar masyarakat dapat diedukasi menjadi usaha bankable.

"Bunganya yang dibebankan juga tidak besar hanya 2  hingga 4 persen. Pembiayaan Ultra Mikro dengan segmen Rp 10 juta ke bawah dengan syarat mudah yaitu memiliki Nomor Induk Keuangan, keterangan memiliki usaha  dan tidak punya utang pada lembaga keuangan," ujar Sri

Lanjutnya, program ini juga melibatkan lembaga - lembaga profesional di bidang penyaluran kredit diantaranya PT Permodalan Nasional Madani, PT Pegadaian, PT Bahana Ventura , Komida dan AKR.

"Lembaga yang terlibat tersebut juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga akan lebih terjaga dalam pengelolaan keuangannya. oleh karena itu, kami mengundang OJK untuk bersama-sama mengawasi program ini," pintanya.

Pemerintah dalam pilot project ini menargetkan pembiayaan ultra mikro capai 600 ribu nasabah hingga akhir tahun ini. Pilot Project ini menetapkan 19 Kabupaten Kota di Indonesia.

Sementara itu, Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan jumlah pelaku usaha mikro di Kabupaten  Bogor mencapai 707 ribu dari total 5,6 juta penduduk kabupaten Bogor.

"Program ini menjadi solusi dan menjadi pendampingan. Dan ini menjadi program bergulir. Saya sebagai Bupati siap memberikan pendampingan dalam pilot project ini," pungkasnya

Diwilayah Bogor ini pelaku usaha mikronya kebanyakan dari kaum ibu-ibu dan bener dalam pembayaran cicilan pinjamannya.

Selama ini mereka kaum ibu-ibu meminjam dengan bank Emok atau rentenir dengan bunga yang lebih besar diatas 10 persen dan mengharapkan pengembalian yang lebih cepat.

Dirinya juga berharap agar kegiatan ini bisa mencapai tujuan yaitu pengentasan kemiskinan, kesenjangan, dan pengangguran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Singapore Tourism Board (STB) meluncurkan kampanye pemasaran global untuk memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi MICE.

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:46 WIB

Perkuat Posisi Singapura Sebagai Destinasi MICE, STB Luncurkan Kampanye Global

Kampanye global yang diluncurkan STB turut mengundang penyelenggara acara MICE dari Indonesia untuk mempertimbangkan Singapura sebagai destinasi MICE unggul yang dapat memberikan hasil berdampak,…