5 Jurus Jitu CNI dalam Menjalankan Mixed Marketing Concept (MMC), Setelah Meninggalkan Model MLM
Oleh : Kormen Barus | Selasa, 17 Desember 2024 - 11:38 WIB

5 Jurus Jitu CNI dalam Menjalankan Mixed Marketing Concept (MMC), Setelah Meninggalkan Model MLM
INDUSTRY.co.id, Jakarta– PT Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI), perusahaan yang telah beroperasi lebih dari tiga dekade di Indonesia, membuktikan komitmen dalam menjalankan transformasi besar bisnisnya dari MLM (Multi Level Marketing) menjadi MMC (Mixed Marketing Concept).
Tanggal 1 Oktober 2023 menjadi titik penting bagi CNI, di mana perusahaan yang sebelumnya dikenal dengan model Multi-Level Marketing (MLM) memutuskan untuk meninggalkan skema tersebut dan mulai menerapkan Mixed Marketing Concept (MMC) yang efektif beroperasi pada tanggal 1 Januari 2024. MMC adalah sebuah konsep pemasaran inovatif yang mengintegrasikan berbagai keunggulan model pemasaran yang ada, termasuk pemasaran secara offline maupun online.
Seiring dengan transformasi tersebut, CNI juga telah memperkenalkan logo, brand, dan persona baru yang lebih segar dan relevan dengan perkembangan zaman.
Langkah ini semakin memperkuat posisi CNI dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan sesuai dengan tren digital saat ini, serta memungkinkan konsumen untuk membeli produk CNI tidak hanya secara offline, tetapi juga melalui e-commerce dan marketplace yang selama ini dilarang untuk perusahaan dengan model MLM.
"CNI selalu berusaha untuk tetap inovatif, kreatif, dan adaptif dengan perkembangan zaman. Melalui transformasi ini, kami ingin menciptakan brand yang lebih segar dan relevan, terutama di kalangan generasi millennial dan Gen Z yang kini menjadi bagian besar dari pasar kami. Dengan model MMC, kami optimis dapat menciptakan peluang bisnis yang lebih fleksibel dan menguntungkan untuk para CNI-Partner di seluruh Indonesia," kata Abrian Natan, CEO CNI Indonesia.
Sebagai bagian dari transformasi, CNI juga memperkenalkan konsep CNI-Store yang menjadi salah satu pilar utama dalam strategi pemasaran MMC. CNI-Store tidak hanya berfungsi sebagai titik promosi dan distribusi produk, tetapi juga sebagai pusat informasi bagi para konsumen dan CNI-Partner. Sejak diluncurkan pada 2 Juli 2024, CNI Store telah hadir di 27 kota di Indonesia, dan lebih banyak lagi yang akan dibuka sepanjang 2025 nanti.
CNI Store telah hadir di kota-kota seperti Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Pangkal Pinang, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Purwokerto, Cirebon, Indramayu, Solo, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Bali, NTB, dan Makassar.
"Selain model pemasaran yang lebih fleksibel, CNI-Store juga menerapkan konsep tanpa biaya lisensi (zero license fee) untuk para CNI-Partner yang ingin menggunakan brand CNI di toko offline maupun online mereka," tambah Abrian.
CNI juga terus memperluas jangkauan pasar dengan program Go-Digital yang memungkinkan produk CNI dijual melalui e-store di berbagai marketplace ternama. Program ini memberi peluang yang lebih besar bagi para konsumen untuk membeli produk CNI dengan cara yang lebih praktis dan modern. Bagi CNI-Partner yang menjual produk CNI di marketplace juga, tidak perlu khawatir dengan CNI-Store Official sendiri. Karena harga di CNI-Store Official dipatok lebih tinggi 5 persen, sehingga dapat meminimalisasi persaingan harga.
Tidak hanya itu, keuntungan penjualan CNI-Store Official secara berkala juga akan dibagikan ke CNI-Partner yang sudah memiliki dan tergabung dalam CNI Online Seller Community.
Bagi para konten kreator yang gemar mempromosikan produk, CNI juga meluncurkan program CNI Affiliate, sebuah kesempatan bagi individu untuk bergabung menjadi affiliator dan mempromosikan produk CNI di platform digital dengan imbalan komisi dari setiap produk yang berhasil terjual.
Tentunya, produk sebagai salah satu jurus andalan juga tak ketinggalan untuk tampil. Dalam upaya memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat muda, sepanjang 2024 CNI juga meluncurkan berbagai produk baru, seperti CNI-Ginseng Coffee Signature, CNI-Nutrimoist Face Sunscreen, dan SC88 Liquid Detergent, yang dirancang khusus untuk pasar millennial dan Gen Z yang semakin peduli dengan gaya hidup sehat dan praktis.
Sebagai jurus terakhir dan tak kalah penting, serta sebagai bagian dari komitmen dalam mendukung para generasi muda berjiwa entrepreneur, CNI juga menggelar X-ion Club, sebuah komunitas bisnis untuk para Gen Z yang menyelenggarakan workshop dan menghadirkan praktisi muda bisnis ternama sebagai pembicara. Sejak diluncurkan, lebih dari 100 peserta anak muda telah bergabung dalam workshop ini untuk belajar dan mengembangkan potensi bisnis mereka.
“Transformasi yang kami lakukan ini bukan hanya soal perubahan model bisnis, tetapi juga tentang bagaimana kami bisa lebih dekat dengan konsumen muda, memberi mereka peluang bisnis yang lebih fleksibel dan menguntungkan, serta menciptakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan gaya hidup mereka," tutup Abrian.
Dengan langkah-langkah strategis ini, CNI semakin siap untuk menghadapi masa depan dan memperluas pengaruhnya di industri pemasaran dan distribusi produk, khususnya di kalangan generasi millennial dan Gen Z yang penuh potensi.
Baca Juga
Komitmen KiriminAja Dukung Pertumbuhan Seller Online, Jamin Pencairan…
Ekspansi Strategis & Logistik Hijau Langkah Cerdas CKB Logistics…
Siswadhi Pranoto Loe: Anak Muda Harus Kuasai Ekspor Digital Sejak…
Siswadhi Pranoto Loe: Bangun Ekosistem Ekspor Digital demi Generasi…
KiriminAja Catat Tingkat Return to Sender (RTS) Rendah 8–9% di…
Industri Hari Ini

Sabtu, 26 Juli 2025 - 13:50 WIB
Perkuat Posisi di Industri Kendaraan Listrik, Polytron Resmikan Showroom di Jakarta dan Surabaya
Setelah sukses membuka showroom mobil listrik pertamanya di Jakarta di Kawasan Sudirman pada bulan Juni lalu, Polytron kini mempercepat langkah ekspansinya dengan membuka dua showroom tambahan,…

Sabtu, 26 Juli 2025 - 13:35 WIB
UD Trucks Luncurkan Quester 350 ESCOT Euro 5 di GIIAS 2025
UD Trucks meluncurkan Quester 350 ESCOT 8L Euro 5 (Tractor Head) di ajang GIIAS 2025, ICE BSD, Tangerang. Model terbaru ini menghadirkan mesin 8 liter berstandar Euro 5 yang lebih ringan dan…

Sabtu, 26 Juli 2025 - 12:43 WIB
Dorong Kebiasaan Pilah Sampah Sejak Dini, Yayasan WINGS Peduli Resmikan Bank Sampah Sekolah di Palembang
Yayasan WINGS Peduli meresmikan tiga bank sampah sekolah di Palembang dalam rangka kampanye Pilah Dari Sekarang. Edukasi lingkungan ditanamkan sejak dini untuk masa depan yang lebih bersih.

Sabtu, 26 Juli 2025 - 11:22 WIB
Mayora Hadirkan Dampak Sosial Lewat Program CSR Berkelanjutan
PT Mayora Indah Tbk terus menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan sosial melalui serangkaian program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang diselaraskan dengan kebijakan pemerintah…

Sabtu, 26 Juli 2025 - 10:55 WIB
Penyelia Halal: Garda Depan Integritas Produk Halal di Industri Modern
Di tengah meningkatnya kesadaran konsumen terhadap kehalalan produk, keberadaan penyelia halal menjadi kebutuhan strategis di industri modern. Tak lagi sekadar formalitas administratif, posisi…
Komentar Berita