Penerbangan Langsung Harus Digenjot Tingkatkan Jumlah Wisman

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 08 Agustus 2017 - 15:22 WIB

Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)
Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Penerbangan langsung harus terus digenjot untuk meningkatkan jumlah wisatawan, terutama mancanegara, kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, I Gde Pitana.

Pitana di Jakarta, Selasa (8/8/2017) mengatakan aksesibilitas merupakah salah satu permasalahan sulitnya jumlah wisatawan.

"Kendala yang utama, yaitu aksesibilitas, terutama udara karena 85 persen wisman ke Indonesia melalui jalur udara," ucapnya.

Dia menyebutkan di Indonesia, hanya 38 persen yang terangkut lewat penerbangan langsung, sementara di negara tetangga atau pesaing, seperti Thailand dan Singapura 85 persen lewat penerbangan langsung.

Sementara itu, dia menyebutkan potensi wisma dari China, yaitu 128 juta dan Indonesia baru menyerap 1,4 juta orang.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau PT Angkasa Pura I dan II untuk membebaskan biaya mendarat dan pajak bandara untuk waktu-waktu tertentu.

"Saya sarankan AP I dan II memberikan 'landing fee' (biaya mendarat) gratis beberapa saat, memberikan 'PSC' (pajak bandara) diskon beberapa saat," ujarnya seperti dilansir Antara.

Dia juga mengimbau maskapai agar lebih memanfaatkan "slot" untuk membuka penerbangan ke India dan Tiongkok karena potensinya sangat besar.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Awaluddin mengatakan pihaknya sering membebaskan biaya mendarat di waktu-waktu tertentu, seperti ketika HUT RI, AP II, penerbangan tambahan serta apabila pesawat parkir di luar Bandara Soekarno-Hatta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

EKI Dance Company Pentaskan EKI UPDATE 4.1

Jumat, 19 Juli 2019 - 21:00 WIB

EKI Dance Company Pentaskan EKI UPDATE 4.1

EKI Dance Company menggelar EKI Update 4.1 yang menyuguhkan tampilan ala Broadway dengan bumbu drama komedi yang dijamin menghibur penonton.

Inovasi dan kreasi tanpa henti merupakan ciri khas Enesis Group

Jumat, 19 Juli 2019 - 20:47 WIB

Matikan Kuman Dalam Empat Detik, Ternyata ini Rahasia Antis Jasmine Tea

Jakarta-Setelah sukses sebagai pelopor hand sanitizer di Indonesia dengan Antis aroma Timun dan Jeruk Nipis, Enesis Group (PT. Herlina Indah) kembali melakukan terobosan dengan meluncurkan varian…

Test Drive Mobil Elektrifikasi Toyota

Jumat, 19 Juli 2019 - 19:30 WIB

Gelar Test Drive, TAM Ajak Awak Media Rasakan Performa Mobil Elektrifikasi

PT Toyota-Astra Motor (TAM) hari ini, Jumat (19/7), menggelar test drive mobil elektrifikasi yang teknologinya telah dikembangkan Toyota Global di Kawasan QBig BSD City, Tangerang.

Keikutsertaan Suzuki di GIIAS 2019

Jumat, 19 Juli 2019 - 19:05 WIB

Usung Tema The Rise of Urban Adventure, Suzuki Hadirkan Suguhan Menarik di GIIAS 2019

Selama penyelenggaraan GIIAS dari 18-28 Juli 2019, Suzuki akan menyapa konsumen otomotif Indonesia lewat booth yang bertemakan The Rise of Urban Adventure.

 Trafik Penggunaan Meningkat Tajam XL Axiata Terus Perluas Jaringan Data di Kalimantan

Jumat, 19 Juli 2019 - 18:00 WIB

Trafik Penggunaan Meningkat Tajam XL Axiata Terus Perluas Jaringan Data di Kalimantan

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun jaringan data 4G LTE di Kalimantan. Langkah strategis ini perlu dilakukan mengingat permintaan masyarakat Kalimantan atas layanan data dari XL Axiata…