Penerbangan Langsung Harus Digenjot Tingkatkan Jumlah Wisman

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 08 Agustus 2017 - 15:22 WIB

Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)
Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Penerbangan langsung harus terus digenjot untuk meningkatkan jumlah wisatawan, terutama mancanegara, kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, I Gde Pitana.

Pitana di Jakarta, Selasa (8/8/2017) mengatakan aksesibilitas merupakah salah satu permasalahan sulitnya jumlah wisatawan.

"Kendala yang utama, yaitu aksesibilitas, terutama udara karena 85 persen wisman ke Indonesia melalui jalur udara," ucapnya.

Dia menyebutkan di Indonesia, hanya 38 persen yang terangkut lewat penerbangan langsung, sementara di negara tetangga atau pesaing, seperti Thailand dan Singapura 85 persen lewat penerbangan langsung.

Sementara itu, dia menyebutkan potensi wisma dari China, yaitu 128 juta dan Indonesia baru menyerap 1,4 juta orang.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau PT Angkasa Pura I dan II untuk membebaskan biaya mendarat dan pajak bandara untuk waktu-waktu tertentu.

"Saya sarankan AP I dan II memberikan 'landing fee' (biaya mendarat) gratis beberapa saat, memberikan 'PSC' (pajak bandara) diskon beberapa saat," ujarnya seperti dilansir Antara.

Dia juga mengimbau maskapai agar lebih memanfaatkan "slot" untuk membuka penerbangan ke India dan Tiongkok karena potensinya sangat besar.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Awaluddin mengatakan pihaknya sering membebaskan biaya mendarat di waktu-waktu tertentu, seperti ketika HUT RI, AP II, penerbangan tambahan serta apabila pesawat parkir di luar Bandara Soekarno-Hatta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 14:00 WIB

Solusi Hunian Baru, Meikarta Pasarkan Unit Baru Seharga Rp280 Juta

Meikarta, hunian yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kembali memasarkan unit barunya dengan harga mulai Rp280 juta sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin mencari hunian…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto PuspenTNI)

Jumat, 19 April 2019 - 13:00 WIB

Aparat Keamanan akan Tindak Tegas Upaya Ganggu Ketetertiban Masyarakat

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi terhadap pihak-pihak yang berusaha mengganggu keamanan dan ketertiban. Apalagi, bila upaya itu dilakukan…

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:26 WIB

Kapolri Tito Karnavian Pastikan Pelaksanaan Pencoblosan Berlangsung Aman Terkendali

Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Tito Karnavian menyebutkan tidak ada kejadian signifikan yang mengganggu pelaksanaan pencoblosan suara pada 17 April 2019.

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:19 WIB

Tetap Waspada, Potensi Hujan Lebat Masih akan Terjadi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan release peringatan dini cuaca terbaru mulai Kamis (18/4/2019) sampai 2 hari kedepan (20/4/2019). Berdasarkan pengamatan BMKG,…

Vivo V15

Jumat, 19 April 2019 - 10:53 WIB

Optimalkan Hasil Jepretan Vivo V15, Ini Beberapa Tips Yang Harus Diperhatikan

Tren smartphone dengan layar utuh tanpa notch mulai marak di tahun ini. Tren tersebut ditandai dengan semakin banyaknya vendor smartphone meluncurkan ponsel cerdas kamera depan model hole…