Penerbangan Langsung Harus Digenjot Tingkatkan Jumlah Wisman

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 08 Agustus 2017 - 15:22 WIB

Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)
Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Penerbangan langsung harus terus digenjot untuk meningkatkan jumlah wisatawan, terutama mancanegara, kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, I Gde Pitana.

Pitana di Jakarta, Selasa (8/8/2017) mengatakan aksesibilitas merupakah salah satu permasalahan sulitnya jumlah wisatawan.

"Kendala yang utama, yaitu aksesibilitas, terutama udara karena 85 persen wisman ke Indonesia melalui jalur udara," ucapnya.

Dia menyebutkan di Indonesia, hanya 38 persen yang terangkut lewat penerbangan langsung, sementara di negara tetangga atau pesaing, seperti Thailand dan Singapura 85 persen lewat penerbangan langsung.

Sementara itu, dia menyebutkan potensi wisma dari China, yaitu 128 juta dan Indonesia baru menyerap 1,4 juta orang.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau PT Angkasa Pura I dan II untuk membebaskan biaya mendarat dan pajak bandara untuk waktu-waktu tertentu.

"Saya sarankan AP I dan II memberikan 'landing fee' (biaya mendarat) gratis beberapa saat, memberikan 'PSC' (pajak bandara) diskon beberapa saat," ujarnya seperti dilansir Antara.

Dia juga mengimbau maskapai agar lebih memanfaatkan "slot" untuk membuka penerbangan ke India dan Tiongkok karena potensinya sangat besar.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Awaluddin mengatakan pihaknya sering membebaskan biaya mendarat di waktu-waktu tertentu, seperti ketika HUT RI, AP II, penerbangan tambahan serta apabila pesawat parkir di luar Bandara Soekarno-Hatta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perizinan SIKM

Minggu, 31 Mei 2020 - 20:15 WIB

Cek Fakta SIKM Pemprov DKI Jakarta

Perizinan SIKM telah dibuka sejak Jumat, 15 Mei 2020. Pemohon disarankan untuk mengajukan perizinan SIKM secara bijak sebelum melakukan perjalanan dengan hindari dilakukan pada waktu yang mendesak…

Konsep Micro Farming

Minggu, 31 Mei 2020 - 18:45 WIB

Micro Farming Solusi Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

Micro farming adalah pertanian keluarga dengan memanfaatkan lahan terbatas di pekarangan atau sekitar rumah dengan budidaya pertanian produktif

Pemakaman Pasien Covid-19

Minggu, 31 Mei 2020 - 18:15 WIB

Gawat! Kasus Kematian Covid-19 di Jatim Makin Mendekati DKI Jakarta

Kasus kematian akibat pandemi virus corona (COVID-19) di Jawa Timur kembali melonjak pada hari ini.

Olah Raga Memanah Tingkatkan Kemampuan Prajurit Marinir

Minggu, 31 Mei 2020 - 18:00 WIB

Olah Raga Memanah Tingkatkan Kemampuan Prajurit Marinir

Komandan beserta Perwira Staf Mako Brigif 2 Marinir melaksanakan latihan memanah dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan memanah bagi Perwira Brigif 2 Marinir di Bhumi Marinir Gedangan,…

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Minggu, 31 Mei 2020 - 17:30 WIB

Anies Ingatkan ASN: Didepan Seragam Kita Ada Simbol Negara, Tugas Kita Menomorsatukan Rakyat Daripada Diri sendiri

"Saya ingatkan kepada kita semua, di sisi depan baju seragam kita ada simbol abdi negara. Itu bukan sekedar ornamen seragam, itu adalah wujud sikap kita. Kita adalah penyelenggara negara,"