Penerbangan Langsung Harus Digenjot Tingkatkan Jumlah Wisman

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 08 Agustus 2017 - 15:22 WIB

Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)
Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Penerbangan langsung harus terus digenjot untuk meningkatkan jumlah wisatawan, terutama mancanegara, kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, I Gde Pitana.

Pitana di Jakarta, Selasa (8/8/2017) mengatakan aksesibilitas merupakah salah satu permasalahan sulitnya jumlah wisatawan.

"Kendala yang utama, yaitu aksesibilitas, terutama udara karena 85 persen wisman ke Indonesia melalui jalur udara," ucapnya.

Dia menyebutkan di Indonesia, hanya 38 persen yang terangkut lewat penerbangan langsung, sementara di negara tetangga atau pesaing, seperti Thailand dan Singapura 85 persen lewat penerbangan langsung.

Sementara itu, dia menyebutkan potensi wisma dari China, yaitu 128 juta dan Indonesia baru menyerap 1,4 juta orang.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau PT Angkasa Pura I dan II untuk membebaskan biaya mendarat dan pajak bandara untuk waktu-waktu tertentu.

"Saya sarankan AP I dan II memberikan 'landing fee' (biaya mendarat) gratis beberapa saat, memberikan 'PSC' (pajak bandara) diskon beberapa saat," ujarnya seperti dilansir Antara.

Dia juga mengimbau maskapai agar lebih memanfaatkan "slot" untuk membuka penerbangan ke India dan Tiongkok karena potensinya sangat besar.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Awaluddin mengatakan pihaknya sering membebaskan biaya mendarat di waktu-waktu tertentu, seperti ketika HUT RI, AP II, penerbangan tambahan serta apabila pesawat parkir di luar Bandara Soekarno-Hatta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

OPPO Reno Unlock Your Creativity

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:08 WIB

OPPO Jaring Lebih Dari 1.000 Calon Pemilik Pertama OPPO Reno Melalui Unlock Your Creativity

Menjelang kehadiran resmi OPPO Reno Series (varian OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom) di Indonesia, OPPO bekerja sama secara eksklusif dengan Blibli.com untuk menyelenggarakan “Unlock Your…

Para Penggagas Konser Indonesia Bersatu (kiri ke kanan) David, Bayu Putra, Mujib Hermani, Koko Deteksi dan Iis Rodinda

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:02 WIB

Digagas, Konser Musik Yang Menyatukan Elemen Bangsa

Kondisi nyata bangsa Indonesia saat ini yang nyaris terbelah akibat Pemilihan Presiden (pilpres) telah mendorong sejumlah anggota masyarakat yakni David (pengusaha), Bayu Putra (Pengusaha Restoran…

QRIM Express (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:00 WIB

QRIM Express-GrabExpress untuk Layanan First Mile & Last Mile

Perusahaan jasa pengiriman yang tumbuh pesat Qrim Express, sebelumnya bernama Red Carpet Logistics (RCL), telah mencapai kesepakatan dengan layanan pengiriman paket on-demand milik Grab, GrabExpress,…

Aldila Warganda SH (kiri) dan Rheno Halomoan Setjo SH yang menjadi penjamin kepulangan Ratih (kerudung). TKW yang dua tahun terlantar di Dubai.

Selasa, 21 Mei 2019 - 09:27 WIB

Alasan Kemanusiaan, Aldila Warganda SH Jadi Penjamin Kepulangan TKW Ratih Dari Dubai

Aldila Warganda SH dari Kantor Pengacara Satria Tarigan & Aldila Warganda Legal Consultan menjadi penjamin kepulangan seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) bernama Ratih yang sudah dua tahun terlunta…

Kegiatan transaksi di kantor BRI Syariah

Selasa, 21 Mei 2019 - 08:51 WIB

BRI Syariah dan Paytren Kembangkan Sistem Skema Onboarding Account

Jakarta --- Menindaklanjuti nota kesepahaman antara BRIsyariah dan Paytren perihal Pemanfaatan Jasa Perbankan Syariah yang telah ditandatangani pada tanggal 26 April 2019 dalam acara Indonesia…