Festival Dandang Sewu Banyuwangi Angkat Potensi Lokal

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 05 Agustus 2017 - 15:58 WIB

Bupati Abdullah Azwar Anas Festival Dandang Sewu Banyuwangi (Foto Ist)
Bupati Abdullah Azwar Anas Festival Dandang Sewu Banyuwangi (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan Festival Dandang Sewu (seribu dandang) yang digelar di Desa Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur untuk mempromosikan potensi desa setempat sebagai perajin peralatan masak.

"Ini pertama kalinya Festival Dandang Sewu digelar dan pemerintah kabupaten mendukung adanya desa-desa yang mandiri dan berdaya seperti ini karena hampir seluruh warganya jadi perajin peralatan dapur dan itu menarik sekali," kata Anas di sela-sela kegiatan Festival Dandang Sewu di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, Jumat(4/8/2017)

Agenda pariwisata Banyuwangi Festival (B-Fest) kembali menghadirkan kegiatan baru yang diangkat dari potensi masyarakat dengan nama Festival Dandang Sewu dengan menampilkan beragam peralatan memasak menjadi produk utama yang dihasilkan warga mulai dandang, panci, wajan, tudung saji, gelas, sutil, hingga oven kue.

"Kecamatan Kalibaru selama ini telah menjadi sentra kerajinan alat masak berbahan dasar aluminium dan stainless steel di Banyuwangi, sehingga kami akan dorong agar produk-produk mereka bisa mendapatkan pasar yang lebih luas dengan mengenalkan produknya melalui festival semacam ini," tuturnya.

Sejak tahun 1970-an, Kampung  Sayangan dikenal sebagai rumahnya perajin dandang, dari semula hanya ada 2 perajin, kini sudah ada 34 perajin dengan kerajinan peralatan dapur yang beragam. 

Kualitasnya yang bagus, membuat produk khas Sayangan itu banyak diminati masyarakat, bahkan telah merambah ke berbagai daerah di Indonesia di antaranya wilayah Sulawesi, Kalimantan, dan Irianjaya.

"Kami akan terus menggelar kegiatan untuk mengangkat potensi desa di Banyuwangi untuk meningkatkan daya saing dan memajukan warga setempat," ujar Bupati Banyuwangi dua periode itu.

Festival tesebut memamerkan deretan puluhan penjual dengan aneka peralatan masak dan toko-toko yang berada di pinggir jalan nasional tersebut menjadi etalase sekaligus lokasi jual beli aneka peralatan masak para perajin.

Salah satu pemilik toko yang juga perajin peralatan masak di Kecamatan Kalibaru, Mulisab mengatakan dirinya merupakan generasi ketiga yang membuat sekaligus menjual aneka peralatan masak. 

Keluarga besar bapak dari dua anak tersebut sudah menggeluti profesi itu selama lebih dari 60 tahun. Selain menjual produknya di Banyuwangi dan daerah sekitar, ia juga pernah mengirim produknya ke beberapa daerah di luar Jawa.

"Alhamdulillah semua kebutuhan terpenuhi dari membuat dan menjual peralatan masak karena saya membuat peralatan masak secara turun temurun dari kakek saya," katanya.

Ribuan masyarakat memenuhi area Festival Dandang Sewu yang berlangsung di areal persawahan Dusun Tegal Pakis atau yang biasa dikenal dengan Kampung Sayangan, bahkan mereka sangat antusias mengikuti festival yang mengangkat potensi desa, sekaligus menjadi salah satu sumber mata pencaharian warga setempat dengan kerajinan peralatan masak. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Atal S Depari Ketua PWI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 07:00 WIB

Ketum PWI: Secara Konstitusional Belum Ada yang Terpilih Sebagai Presiden

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal Sembiring Depari menegaskan, sebenarnya sebelum perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai, belum ada yang terpilih sebagai Presiden…

Pemilu 2019(Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 06:26 WIB

Pemblokiran Jurdil2019.org Ciderai Demokrasi

Pemblokiran situs Jurdil2019.org oleh Kemenkominfo dan Bawaslu dinilai telah menciderai demokrasi, karena prosesnya tanpa peringatan terlebih dahulu. Telebih lagi, amanah UU mewajibkan pemerintah…

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 23 April 2019 - 06:12 WIB

Kebijakan Fiskal Pemerintah yang Pruden Mendukung Pencapaian Target Pembangunan APBN 2019

Jakarta - Pelaksanaan APBN 2019 sampai dengan 31 Maret berjalan aman sesuai dengan kebijakan fiskal Pemerintah yang akan mendukung pencapaian target pembangunan APBN 2019. Hal ini disampaikan…

Diskusi hari bumi bersama BNI Syariah

Selasa, 23 April 2019 - 05:54 WIB

BNI Syariah Dukung UMKM Lakukan Green Activity

Jakarta - Dalam mendukung program Pemerintah yaitu SDG’s (Sustainable Development Goals) dan Green Banking, BNI Syariah berupaya untuk mendorong pengusaha UMKM dalam menerapkan green activity.…

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…