HUT Koperasi Nasional ke-77, Inkowapi Dorong Modernisasi & Transformasi Koperasi

Oleh : Ridwan | Selasa, 09 Juli 2024 - 16:05 WIB

Ketua Umum Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi), Sharmila Yahya
Ketua Umum Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi), Sharmila Yahya

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Memperingati Hari Koperasi Nasional ke-77, Ketua Umum Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Inkowapi), Sharmila Yahya berharap koperasi menjadi pilar utama dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat yang dapat mewujudkan kejahteraan anggotanya.

"Kami akan membangkitkan visi, misi dan peran almarhum Bung Hatta (Bapak Koperasi Indonesia) dan Bustanil Arifin (Menteri Koperasi Indonesia periode 1978-1993) dalam menggerakkan koperasi sebagai swadaya meningkatkan potensi ekonmi hingga ke tingkat pedesaan," ujar Sharmila di Jakarta (9/7).

Untuk itu, melalui perannya sebagai Ketua Umum Inkowapi, Sharmila mendorong agar koperasi di seluruh daerah berkembang dalam medernisasi dan bertransformasi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Salah satu kuncinya adalah sinergitas dan integritas koperasi dengan berbagai elemen finansial. 

"Koperasi adalah upaya bersama mewujudkan kedaulatan koperasi Indonesia," terang wanita yang dinobatkan sebagai Tokoh Penggerak Satu Juta UMKM Naik Kelas Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2016 ini.

Tercatat hingga Juni 2024, Inkowapi telah memfasilitasi sebanyak 300.000 posko pangan dalam sektor permodalan. Menurut Founder Sahabat Usaha Rakyat (Sahara) ini, permodalan menjadi penting dalam mendorong kelangsungan dan keberlanjutan koperasi.

"Di era modern ini koperasi harus berkembang sebagai elemen pendidikan, pelatihan serta pemasaran, termasuk menjadi penyedia permodalan bagi sektor usaha-usaha mikro dan kecil demi kesuksesan bisnis anggotanya," tutur perempuan yang baru saja dinobatkan sebagai Top 100 Indonesia Inspiring Woman Award 2024.

selain itu, demi kejayaan koperasi indonesia di masa mendatang, Ketua Komite Tetap Kewirausahaan Kadin Indonesia ini mengusulkan agar pemerintahan mendatang menunjuk seorang Menteri yang memiliki figur dari gerakan koperasi. 

"Koperasi harus memiliki andil besar dalam terget mencapai Indonesia Emas. Upaya tersebut dapat terwujud ketika sosok pemimpinnya juga memiliki spirit yang sama," harap tokoh penerima Satya Lencana Pembangunan Bidang perkoperasian dan UKM Tahun 2013 ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jackson Suwargo memberi sambutan di ajang Jackson Kids Star 2024 yang digelar di Senayan Park Jakarta (20/7/2024)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 23:52 WIB

Jackson Kids Star 2024 Lakukan Pencarian Ambassador Cilik di Senayan Park

Jackson Kids Star 2024 adalah ajang tahunan yang digelar untuk mencari brand ambassador Jakcson Kids.

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani, salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) memberikan sambutan penutup International Conference bertajuk "Synchronizing the application of FIDIC Contracts with specific related project country's regulation to avoid disputes", di Jakarta

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:47 WIB

Hakim MA Berharap Penyelesaian Sengketa Konstruksi Bisa Lebih Baik

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani sebagai salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) mengingatkan agar PADSK selaku stakeholder APS dapat menyampaikan usulan perbaikan…

Peragaan Busana Muslim dan Audisi Model MUFFEST+ di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta.

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:13 WIB

MUFFEST+ Gelar Peragaan Busana dan Audisi Model di Stasiun MRT Bundaran HI

MUFFEST+ ditargetkan menjadi jendela dunia yang memperlihatkan perkembangan industri fesyen muslim Indonesia yang siap merambah pasar global dari segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi,…

Ustadz Bachtiar Nasir bersama jajarannya menyatakan persiapan konvoi Bela Palestina

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:42 WIB

Bela Palestina Segera Digelar dengan Konvoi Kendaraan

Membela Palestina sangat banyak ragamnya. Untuk membuktikan kepedulian Indonesia, para Ustadz mengajak masyarakat membela Palestina. Ajakan berupa Konvoi menggunakan kendaraan.

Feng shui (foto ilustrasi)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 17:37 WIB

Tips Memaksimalkan Feng Shui Rumah Agar Bawa Keberuntungan

Home Feng Shui merupakan teknik menganalisa rumah. Terlebih di dalam rumah terdapat aliran energi. Aliran ini bisa memancarkan energi positif maupun negatif. Hal itu tergantung dari arah letak…