Kucurkan Triliunan Rupiah, Pemerintah Jadikan Flores Pulau Panas Bumi

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 03 Agustus 2017 - 12:21 WIB

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah menentapkan pulau Flores sebagai pulau panas bumi. Penetapan tersebut dituangkan dalam Keputusan Menteri ESDM nomor 2268 K/30/MEM/2017 tentang Penetapan Pulau Flores sebagai Pulau Panas Bumi pada tanggal 19 Juni 2017.

"Kita ingin bercita-cita menjadikan Flores sebagai pulau percontohan yang keseluruhan energinya suatu saat nanti itu datang dari energi yang terbarukan, dalam hal ini adalah geothermal," kata  Dirjen Energi Baru, Terbarukan dan Konversi Energi (EBTKE) Rida Mulyana dalam sebuah acara Konvensi Panas Bumi Internasional (IIGCE 2017) ke-5, di JCC, Senayan baru-baru ini.

Meski tak disebutkan secara rinci kapan pembangunannya akan dilaksanakan, Rida mengatakan, sejauh ini pencanangannya sudah dilakukan. Salah satu proyek panas bumi juga disebutkan bernama Waisano.

Ia mengatakan bahwa pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi akan mengambil dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 3 triliun. Serta, bantuan dari World Bank (Bank Dunia) sebesar US$ 55,25 juta.

"Proyek ini (akan) menggunakan dana yang namanya geothermal fund yang tadi diumumkan adanya MoU antara Kementerian ESDM dengan Kementerian Keuangan. Dananya sejumlah Rp 3 triliun dari APBN dan US$ 55,25 juta dari Wolrd Bank," ungkapnya.

Dana tersebut, kata Rida, akan digunakan untuk memitigasi eksplorasi sehingga menarik investasi masuk.Setelah investasi masuk, pengembang akan membayar biaya eksplorasi tersebut. Selanjutnya, dana yang dibayarkan itu akan dipergunakan untuk melakukan eksplorasi di wilayah lainnya.

Sebagaimana diketahui, dalam Konferensi dan Ekshibisi Geotermal ke-5, diserahkan Surat Keputusan (SK) Menteri ESDM kepada Gubernur NTT perihal penetapan Pulau Flores sebagai Pulau Panas Bumi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum INKOWAPI, Sharmila Yahya

Minggu, 28 April 2024 - 20:03 WIB

INKOWAPI Siap Dukung Percepatan Pelaksanaan Program Makan Siang & Susu Gratis

Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (INKOWAPI) mendukung percepatan pelaksanaan program makan siang dan susu gratis yang digagas Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029.

Baliho Dico Ganinduto

Minggu, 28 April 2024 - 18:54 WIB

Viral Baliho Dico Ganinduto Gubernur Jateng, Ini Kata Pakar

Sejumlah wilayah di Jawa Tengah 'dibanjiri' baliho hingga billboard yang menampilkan foto Bupati Kendal Dico Ganinduto. Hal tersebut membuat menarik perhatian seluruh masyarakat Jateng hingga…

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PT PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Minggu, 28 April 2024 - 16:16 WIB

Dukungan Lingkungan Penting bagi Produksi Gula, PG Rajawali II Gencarkan Kemitraan Tebu dan Salurkan Bantuan Fasilitas Umum bagi Desa Penyangga

Indramayu – Upaya mendorong produktivitas gula perlu mendapat dukungan kolektif berbagai pihak, salah satunya dari masyarakat desa penyangga di sekitar perkebunan tebu dan pabrik gula. Pemberdayaan…

Pelita Air

Minggu, 28 April 2024 - 15:28 WIB

Pelita Air Tambah Rute Baru Penerbangan Langsung Jakarta-Kendari-Jakarta

Pelita Air (kode penerbangan IP), membuka rute penerbangan baru Jakarta-Kendari-Jakarta (langsung) dengan melakukan penerbangan perdana dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) ke…

Pegadaian Berangkatkan Peserta Program Umrah Akbar

Minggu, 28 April 2024 - 14:54 WIB

Pegadaian Berangkatkan Peserta Program Umrah Akbar

PT Pegadaian memberangkatkan peserta program Umrah Akbar dari beberapa wilayah di Indonesia pada 22, 23 dan 24 April 2024. Khusus untuk Jakarta, para peserta berangkat melalui Bandara Soekarno…