Inilah Aset Crypto Paling Potensial Pada Tahun 2024

Oleh : Hariyanto | Rabu, 19 Juni 2024 - 15:06 WIB

Ilustrasi aset kripto
Ilustrasi aset kripto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industry cryptocurrency sekarang ini semakin berkembang, sehingga meningkatkan kapitalisasi pasar yang semakin tinggi. Sehingga wajar saja jika sekarang ini banyak generasi muda lebih menyukai trading atau investasi pada aset crypto dibandingkan instrumen investasi konvensional.

Meski pasar cryptocurrency selalu mengalami pergerakan, tetapi banyak investor yang tertarik untuk mencari peruntungan. Ketika kamu ingin mendapatkan keuntungan tentunya kamu juga harus memahami aset crypto manakah yang berpotensi menguntungkan di tahun 2024.

Namun sebelum membahas tentang aset crypto tersebut, maka alangkah baiknya jika kamu juga mengetahui pengertian dari crypto.

Pengertian crypto

Crypto adalah mata uang virtual yang keamanannya dijamin dalam bentuk kriptografi. Kriptografi ini membuat uang crypto tidak mungkin dipalsukan atau di ganda. Semua catatan transaksi akan dilakukan dan tersimpan pada blockchain.

Blockchain ini akan tersebar luas ke seluruh komputer dan terkoneksi dalam satu jaringan yang sangat luas, sehingga tidak terpusat pada satu tempat saja, hal ini dikenal dengan istilah desentralisasi.

Sederhananya, crypto adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk bertransaksi antara pengguna tanpa harus melewati pihak ketiga seperti pada bank konvensional. Selain itu, mata uang crypto juga digunakan sebagai alat trading dalam investasi.

Sekarang ini di pertengahan tahun 2024, pasar crypto masih bergejolak. Namun, meski terjadi krisis, investor mulai melihat tanda-tanda pemulihan yang menggembirakan. Setelah masa kelam pada tahun 2022 dan 2023, tahun ini dipandang sebagai masa transisi crypto menuju adopsi massal.

Bagi sebagian pakar, situasi di bulan Mei bisa menjadi peluang emas untuk membangun portofolio altcoin yang menguntungkan. Meski masih berisiko tinggi, altcoin lebih menguntungkan dibandingkan Bitcoin.

Pemain cerdik di pasar crypto telah mulai mencermati banyak altcoin yang mungkin meningkat nilainya melalui siklus bullish berikutnya. Namun, memilih altcoin yang tepat adalah kunci kesuksesan. Dengan penelitian ekstensif, pelaku pasar crypto telah mengidentifikasi beberapa aset crypto potensial untuk dikoleksi sepanjang tahun 2024.

Beberapa altcoin ini mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan, menghasilkan pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir. Berikut beberapa altcoin yang layak dipertimbangkan untuk portofolio crypto kamu, diantaranya adalah:

1. Ethereum (ETH)

Ethereum merupakan altcoin terbesar dengan kapitalisasi pasar lebih dari $350 miliar, Ethereum adalah opsi keamanan yang harus dimiliki. Transisi ke Proof-of-Stake telah membuka peluang baru bagi investor untuk mendukung transaksi dan mendapatkan imbalan ETH.

Kehadiran protokol staking cair seperti Lido DAO juga memberikan nilai tukar kepada pemegang ETH. Sebagai mata uang crypto paling likuid, Ethereum dapat menambah stabilitas pada portofolio kamu.

Perlahan tapi pasti, Ethereum menjadi kuat. Jumlah altcoin akan mencapai $6,000 setelah SEC menyetujui ETF Ethereum. Prediksi ini muncul setelah menganalisis pola pertumbuhan ETF Bitcoin setelah disetujui. Karena Eethom disesuaikan dengan model Bitcoin, ilustrasi harus dilakukan di altcoin ini.

2. Dogwifhat (WIF)

Dogwifhat merupakan koin populer di ekosistem Solana yang patut untuk dipertimbangkan. Dalam waktu singkat, WIF berhasil mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada Q1 2024, didukung oleh banyaknya pendukung yang kerap menjadi penggerak harga.

Meskipun memiliki volatilitas yang luar biasa, dogwifhat dapat menjadi tambahan yang menarik untuk portofolio berisiko tinggi.

3. Solana (SOL)

Sempat terpuruk akibat insiden FTX, Solana menunjukkan ketangguhannya dengan comeback impresif di awal tahun 2024. Saat sistem kontrak pintar mendekati tahap akhir, SOL sekali lagi menjadi perhatian investor.

Solana adalah salah satu cryptocurrency dengan pertumbuhan tercepat pada tahun 2024. Dijuluki “Ethereum Killer,” Solana adalah blockchain dengan skalabilitas tinggi yang dapat memproses hingga 50,000 transaksi per detik.

Solana mengelola kecepatan tinggi dengan menggunakan kombinasi bukti sejarah dan verifikasi bukti kepemilikan untuk memproses transaksi secara bersamaan. Harga SOL yang masih jauh dari puncaknya menjadikan koin ini pilihan menarik untuk portofolio jangka panjang kamu.

4. Polygon (MATIC)

Masalah skalabilitas Ethereum seringkali menjadi batu sandungan bagi pengembang dApp. Polygon hadir sebagai jaringan inti lapisan 2 untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan kecepatan dan biaya rendah, MATIC memiliki potensi besar bagi investor yang ingin memanfaatkan ekosistem Ethereum yang sedang berkembang.

Dengan membuat berbagai aplikasi dan layanan bekerja secara efisien dan efektif, Polygon tidak hanya membantu mengurangi tekanan pada mainnet Ethereum, namun juga mempercepat kemajuan dan adopsi teknologi blockchain secara umum.

Oleh karena itu, proyek MATIC tidak terbatas pada solusi saat ini, tetapi juga berjanji untuk berkontribusi secara permanen terhadap evolusi dan skalabilitas ekosistem blockchain. Selain itu, harga Polygon juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi tren pasar dan penerimaan teknologi ini secara lebih luas.

5. XRP Coin

XRP merupakan mata uang intrinsik Ripple, memiliki salah satu tingkat transaksi tertinggi dibandingkan aset crypto mana pun. Dibandingkan dengan 6 transaksi per detik (tps) Bitcoin dan 15 tps Ethereum, jaringan Ripple mampu memproses hingga 1500 tps.

XRP Dirancang untuk Lembaga Keuangan

Salah satu yang perlu diperhatikan sebelum membeli crypto adalah melihat utilitas koinnya. Ini menjadi penting karena kegunaan koin tersebut yang membedakan salah satu crypto dengan yang lainnya. XRP unik karena ditujukan untuk memenuhi kebutuhan lembaga keuangan dan layanan pembayaran.

Bank dan perusahaan keuangan bisa mentransfer uang tanpa perlu membuka rekening di negara lain maupun membayar biaya valuta asing yang tinggi. Kedua belah pihak hanya perlu menggunakan XRP yang bisa dikirim dengan cepat dan efisien.

 6. Hedera (HBAR)

Hbar dikenal sebagai jaringan perusahaan publik yang stabil dan ideal untuk aplikasi terdesentralisasi. HBAR masih diperdagangkan jauh di bawah semua levelnya, menjadikannya altcoin murah untuk dipertimbangkan pada tahun 2024.

Meskipun prospek jangka panjang untuk altcoin tersebut menjanjikan, pasar crypto masih sangat berisiko dan bergejolak. Harga bisa naik atau turun drastis dalam hitungan hari atau bahkan jam. Oleh karena itu, jangan investasikan seluruh modal kamu pada satu aset kripto, betapapun menggiurkannya.

Namun bagi investor yang cerdas, masa ketidakpastian seperti ini juga bisa menjadi potensial untuk meraih keuntungan besar. Dengan memilih altcoin yang tepat berdasarkan penelitian mendalam dan analisis teknis. Peluang terbuka bagi mereka yang berani mengambil risiko dan memanfaatkan waktu dengan bijak.

Nah, untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto baru dan kasual.

Saat ini, PINTU memiliki lebih dari 200 aset crypto yang diperdagangkan serta banyak fitur dan produk unggulan inovatif dan edukatif seperti Limit Order, Auto DCA, Pintu Earn, Referral System, PTU Staking, dan Pintu Kelas Academy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AP1 Catat Tingkat Pemulihan Pergerakan Penumpang Hingga 91% pada Paruh Pertama 2024

Selasa, 16 Juli 2024 - 23:13 WIB

AP1 Catat Tingkat Pemulihan Pergerakan Penumpang Hingga 91% pada Paruh Pertama 2024

Jakarta – PT Angkasa Pura I (AP1) mencatat melayani sebanyak 36,5 juta pergerakan penumpang di 17 bandara yang dikelola sepanjang enam bulan pertama (semester 1) 2024. Dengan demikian, tingkat…

Industri Keramik (Ist)

Selasa, 16 Juli 2024 - 23:01 WIB

Sudah Sesuai Aturan WTO, Antidumping Keramik Harus Didukung Penuh

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) menyebut bahwa kebijakan hambatan perdagangan berupa Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) harus didukung penuh untuk melindungi industri domestik,…

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kepada CSR Manager UT, Himawan Sutanto yang bertempat di Balai Kota DKI Jakarta. (Foto: Arsip PT United Tractors Tbk)

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:53 WIB

Pj Gubernur DKI Jakarta Puji United Tractors yang Berkontribusi Turunkan Stunting, sehingga Raih Derap Kerjasama Jakarta (DKJ) Awards 2024

Jakarta,– PT United Tractors Tbk (UT) meraih penghargaan dalam ajang Derap Kerja Sama Jakarta (DKJ) Awards 2024. Penghargaan ini diraih atas programnya yang konsisten dalam mengentaskan permasalahan…

Industri plastik (ist)

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:50 WIB

Pelaku Industri Minta Pemerintah Perketat Impor Barang Jadi Plastik

Asosiasi Industri Plastik Hilir Indonesia (Aphindo) menyampaikan perlunya pengetatan impor produk barang jadi plastik dari negara lain untuk memproteksi industri hilir plastik dalam negeri,…

Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:44 WIB

Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

JAKARTA-Tidak lama lagi Musyawarah ke 10 Forum Zakat akan digelar pada Rabu hingga Kamis (17-18, 2024). K.H Ma'ruf Amin selaku Wakil Presiden RI akan resmi hadir dalam pembukaan Munas 10 FOZ…