Astro Hadirkan Inovasi Baru dengan Jaminan Garansi dan Pengiriman Cepat dalam Hitungan Menit

Oleh : Hariyanto | Rabu, 12 Juni 2024 - 19:22 WIB

Media briefing Astro
Media briefing Astro

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Platform e-grocery shopping di Indonesia, Astro resmi memperkenalkan kampanye “Ada Yang Baru, Ada Yang Biru" dengan meluncurkan identitas dan logo terbaru sebagai manifestasi atas komitmen untuk terus berkembang dan beradaptasi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin dinamis. 

Tidak hanya itu, Astro sebagai #TemanAndalan juga meluncurkan inovasi layanan “Jaminan Garansi”, memberikan jaminan penggantian barang baru apabila produk yang diterima pelanggan bermasalah serta penggantian 100% ongkir bila pesanan datang terlambat.

Dalam peluncuran kampanye ini, Astro mengajak puluhan drivers melakukan konvoi membirukan Jakarta dengan menampilkan logo, seragam dan identitas birunya yang baru. 

“Identitas biru yang baru ini mencerminkan pendekatan Astro yang modern, dinamis, dan berpusat pada pelanggan, memperkuat peran kami sebagai #TemanAndalan bagi pelanggan," kata Vincent Tjendra, Co-founder & CEO Astro di Jakarta, Rabu (12/6/2024). 

"Kampanye ini juga mempertegas janji kami untuk memberikan pengalaman belanja yang aman dan nyaman untuk pelanggan lewat berbagai inovasi, baik dari sisi layanan maupun produk. Dengan memperluas layanan Astro, kami ingin menghadirkan kemudahan bagi pelanggan untuk menikmati layanan Astro di lebih banyak lokasi di wilayah Jadetabek” imbuhnya. 

Pasar e-commerce Indonesia diperkirakan akan melampaui $53 miliar pada tahun 2025, hal ini menunjukkan peningkatan kepercayaan konsumen dalam belanja online dan sistem pembayaran digital yang semakin membaik. Indonesia telah menjadi pasar e-commerce terbesar ketiga di dunia, di bawah China dan Amerika Serikat, karena pendapatan per kapita yang lebih tinggi, akses internet yang lebih luas, dan urbanisasi. 

Berdasarkan laporan L.E.K. Consulting, 96% populasi Indonesia memiliki ponsel, dengan 76% diantaranya memiliki akses internet. Lebih dari 65% populasi berada di bawah usia 44 tahun, yang menunjukkan perilaku belanja impulsif yang relatif lebih tinggi. Kondisi demografis dan perilaku belanja ini menunjukkan bahwa masih ada peluang besar untuk mengembangkan pasar e-groceries di Indonesia, di mana penetrasi pasar diperkirakan akan tumbuh dari 1% pada tahun 2020 menjadi 3% pada tahun 2024.

Selain percepatan layanan, program jaminan saat berbelanja juga memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap transaksi online. Laporan dari Nielsen menyatakan bahwa 72% konsumen Indonesia lebih memilih situs e-commerce yang menawarkan jaminan terhadap produk cacat atau palsu, sehingga meningkatkan kepercayaan mereka dalam transaksi online.

Hingga tahun 2023, Gross Merchandise Value (GMV) e-groceries di Indonesia mencapai $1 miliar, dengan Astro menguasai 5% dari pasar e-groceries di Indonesia. Astro juga telah mengkonsolidasikan posisinya sebagai satu-satunya pemain quick commerce e-grocery di Indonesia, memberikan Astro pangsa pasar 100% dalam quick commerce di e-grocery.

“Astro menjamin pengiriman cepat dan diterima dalam hitungan menit. Kami berkomitmen pada keunggulan operasional dan layanan yang berfokus pada pelanggan, memastikan pengalaman belanja yang lancar 24/7. Pendekatan ini menghemat waktu dan energi pelanggan kami, memungkinkan mereka untuk fokus menjalankan kesibukan mereka sehari-hari," kata Felix Aprilio Rahardjo - VP of Channel Operations

"Jaminan garansi yang hadir di Astro merupakan bentuk komitmen kami untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dalam melakukan transaksi online, memastikan Astro hadir menjadi #TemanAndalan yang membuat berbelanja terasa aman dan nyaman.”  imbuhnya. 

Hadir selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, Astro menyediakan lebih dari 15.000 produk kebutuhan harian, memastikan konsumen memiliki akses mudah dan cepat ke berbagai barang, mulai dari bahan makanan segar dan produk kebersihan hingga perlengkapan rumah tangga lainnya. 

Melalui layanan terbaru Jaminan Garansi, jika terjadi kesalahan dalam pengiriman produk, Astro berkomitmen untuk segera memperbaiki kesalahan tersebut tanpa penundaan, memastikan konsumen menerima produk yang sesuai dengan pesanan mereka.

Klaim garansi dapat dilakukan dengan mudah oleh konsumen melalui tiga langkah sederhana yakni dengan memfoto produk yang bermasalah, kemudian Scan QR code untuk terhubung ke Astro Care di aplikasi, lalu Klaim untuk mendapatkan pengembalian dana. 

Selain itu, lewat Jaminan Garansi, konsumen tidak perlu khawatir tentang keterlambatan pengiriman karena Astro menjamin pengembalian uang 100% jika terjadi keterlambatan. Dengan komitmen ini, Astro terus memperkuat posisinya sebagai #TemanAndalan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia dengan cara yang paling praktis dan terpercaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri Keramik (Ist)

Selasa, 16 Juli 2024 - 23:01 WIB

Sudah Sesuai Aturan WTO, Antidumping Keramik Harus Didukung Penuh

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) menyebut bahwa kebijakan hambatan perdagangan berupa Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) harus didukung penuh untuk melindungi industri domestik,…

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kepada CSR Manager UT, Himawan Sutanto yang bertempat di Balai Kota DKI Jakarta. (Foto: Arsip PT United Tractors Tbk)

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:53 WIB

Pj Gubernur DKI Jakarta Puji United Tractors yang Berkontribusi Turunkan Stunting, sehingga Raih Derap Kerjasama Jakarta (DKJ) Awards 2024

Jakarta,– PT United Tractors Tbk (UT) meraih penghargaan dalam ajang Derap Kerja Sama Jakarta (DKJ) Awards 2024. Penghargaan ini diraih atas programnya yang konsisten dalam mengentaskan permasalahan…

Industri plastik (ist)

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:50 WIB

Pelaku Industri Minta Pemerintah Perketat Impor Barang Jadi Plastik

Asosiasi Industri Plastik Hilir Indonesia (Aphindo) menyampaikan perlunya pengetatan impor produk barang jadi plastik dari negara lain untuk memproteksi industri hilir plastik dalam negeri,…

Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:44 WIB

Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

JAKARTA-Tidak lama lagi Musyawarah ke 10 Forum Zakat akan digelar pada Rabu hingga Kamis (17-18, 2024). K.H Ma'ruf Amin selaku Wakil Presiden RI akan resmi hadir dalam pembukaan Munas 10 FOZ…

Gelar _Long March_ Bagi Palestina, Wakil Gubernur Sumatera Barat Dukung Munas Ke 10 Forum Zakat

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:31 WIB

Gelar Long March Bagi Palestina, Wakil Gubernur Sumatera Barat Dukung Munas Ke 10 Forum Zakat

Padang, Sumbar— Wakil Gubernur Sumatera Barat, Bapak Dr. Ir. Audy Joinaldy memberi dukungan Musyawarah Nasional ke-10 Forum Zakat pada "Long March untuk Palestina" hari ini (Minggu, 14/07/2024).…