Percepat Pertumbuhan di Asia Tenggara, Hilton Teken Kerjasama Dengan 11 Properti Baru di Indonesia, Thailand, dan Vietnam

Oleh : Hariyanto | Rabu, 12 Juni 2024 - 18:13 WIB

Media Briefing Hilton
Media Briefing Hilton

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Perusahaan perhotelan global terkemuka, Hilton (HLT) mengumumkan penandatanganan 11 properti baru di Indonesia, Thailand, dan Vietnam, termasuk debut untuk brand lifestyle unggulannya, Tapestry Collection by Hilton, di Asia Tenggara.

Penandatanganan tersebut, yang memanfaatkan momentum pertumbuhan Hilton di berbagai brand dan destinasi baru, antara lain di Indonesia yang meliputi Conrad Jakarta, Hilton Bandung Padalarang, Hilton Manado, Hilton Garden Inn Manado. Kemudian di Thailand meliputi KROMO, Curio Collection by Hilton, Hilton Bangkok Grand Asoke, Hilton Garden Inn Bangkok Silom, Hilton Garden Inn Rayong. Selanjutnya di Vietnam yang meliputi Tapestry Hoi An, Hilton Hanoi West, Hilton Garden Inn Mui Ne Beach. 

Hilton memiliki lebih dari 100 hotel yang sudah beroperasi dan sedang dalam tahap pengembangan di Asia Tenggara, yang memperkuat langkah ekspansi perusahaan di seluruh wilayah Asia Pasifik. Hilton berada pada jalur yang tepat untuk melebihi jumlah seribu hotel pada tahun 2025. Ini terjadi pada kuartal pertama tahun 2024, di mana Hilton melanjutkan inisiatif ekspansi terbesarnya dengan menandatangani kesepakatan dengan 892 hotel di seluruh wilayah Asia Pasifik.

“Dengan destinasi wisatanya yang indah dan perekonomian yang kuat, Asia Tenggara terus menjadi kawasan penting bagi pertumbuhan Hilton di Asia Pasifik,” ucap Maria Ariizumi, Vice President, Development, South East Asia, Hilton di Jakarta, Rabu (12/6/2024). 

“Kami menghargai kepercayaan yang terus diberikan kepada Hilton terhadap model manajemen dan franchise kami, sistem komersial yang kuat, dan pengakuan brand yang luar biasa. Semua ini telah membantu kami tumbuh di wilayah ini. Kami berharap dapat memperkenalkan lebih banyak lagi brand terkenal Hilton ke berbagai tujuan utama dan yang sedang berkembang di sini." imbuhnya. 

Asia Tenggara terus menunjukkan potensi pertumbuhan jangka panjang bagi industri perjalanan dan perhotelan. Potensi ini didorong oleh pertumbuhan kelas menengah yang kuat, meningkatnya perjalanan domestik, dan kembalinya acara-acara MICE dan hiburan kelas dunia di wilayah ini. 

Optimisme ini semakin diperkuat oleh pertumbuhan konsumsi di Asia Tenggara, di mana perekonomian di kawasan ini yang bernilai USD$4 triliun diproyeksikan akan mengalami tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 4,6% hingga 4,8% hingga tahun 2029. 

Pemulihan yang tangguh pasca pandemi di Asia Tenggara juga mendorong peningkatan konsumsi. Hal ini menarik minat dari pemilik, pengembang, dan investor di sektor real estate perhotelan, dengan empat dari lima kota teratas di kawasan APAC untuk pengembangan di Asia Tenggara.

Penandatanganan terbaru Hilton di Asia Tenggara mengikuti serangkaian pembukaan penting pada tahun lalu dan awal tahun ini. Ini termasuk pembukaan properti Curio Collection by Hilton pertama di Vietnam, La Festa Phu Quoc, Curio Collection by Hilton, serta pengenalan brand utama Hilton yang pertama kali hadir di kawasan tersebut dengan pembukaan Hilton Saigon, hotel pertama di Ho Chi Minh City.

Dengan meningkatnya permintaan akan perjalanan mewah di kawasan ini, Hilton juga memperluas jajaran brand dan properti mewahnya. Pada tahun lalu, Hilton meluncurkan Umana Bali, LXR Hotels & Resorts, yang merupakan hotel pertama brand tersebut di Asia Tenggara, dan juga membuka Conrad Singapore Orchard, yang merupakan hotel kedua dari brand Conrad Hotels & Resorts di Singapura. 

Selain itu, Hilton juga berencana untuk membawa brand ikonik Waldorf Astoria Hotels & Resorts ke Indonesia, Malaysia, dan Vietnam dengan membuka Waldorf Astoria Jakarta, Waldorf Astoria Kuala Lumpur, dan Waldorf Astoria Hanoi dalam beberapa tahun mendatang.

"Penandatanganan dan pembukaan hotel Hilton terbaru ini tidak hanya menegaskan peluang pertumbuhan jangka panjang di wilayah yang dinamis ini, tetapi juga meningkatkan komitmen kami untuk memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para tamu dan anggota tim kami," ujar Alexandra Murray, Vice President and Regional Head of South East Asia. 

“Di Asia Tenggara, kami bangga diakui di delapan dari sembilan negara tempat kami beroperasi atas budaya kerja kami yang luar biasa melalui Great Place to Work® dan kami akan terus berupaya menjadi tempat kerja yang paling ramah bagi semua orang, seiring dengan perluasan kami di wilayah ini." imbuhnya. 

Hingga 31 Maret 2024, Hilton telah merencanakan pengembangan sekitar 3.380 hotel dengan total sekitar 472.300 kamar di 119 negara dan wilayah. Ini termasuk ekspansi ke 31 negara dan wilayah di mana Hilton belum memiliki kehadiran. Sekitar 60% dari proyek-proyek pengembangan ini berada di luar Amerika Serikat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:12 WIB

Bantah Pernyataan Ekonom Senior, Menperin Agus Beberkan Data Kinerja Gemilang Industri Manufaktur RI

Industri manufaktur Indonesia masih menunjukkan geliat yang positif di tengah dinamika ekonomi global yang masih belum stabil. Hal ini tercemin dari capaian ekspansi dari Indeks Kepercayaan…

Har Har Chicken!

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:03 WIB

Har Har Chicken! Raih Pendanaan Yang Dipimpin Oleh East Ventures

Har Har Chicken!, kios makanan takeaway dengan spesialisasi menu yang berfokus pada har cheong gai atau ayam goreng terasi, meraih pendanaan yang dipimpin oleh East Ventures, perusahaan venture…

CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:31 WIB

Dukung Akses Sanitasi Aman Bagi Masyarakat, CCEP Indonesia Mulai Program Safe Water Gardens di Karawang

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2023 menunjukkan bahwa hanya sekitar 7 juta rumah tangga di Indonesia memiliki akses ke sanitasi yang aman, sementara 11 juta orang masih melakukan praktik buang…

Sri Wahyuni Sekretaris Daerah Prov Kaltim

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:16 WIB

Upacara 17 Agustus Perdana di IKN, Akan Torehkan Sejarah Bagi Kalimantan Timur

Penyelenggaraan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi bagian sejarah bagi masyarakat Kalimantan Timur.…

Ekspor Perusahaan Cerutu Jember

Jumat, 19 Juli 2024 - 08:02 WIB

Hebat! Perusahaan Cerutu Asal Jember Ini Sukses Perluas Pasarnya ke Thailand

Lewat Ekspor, Perusahaan Cerutu Asal Jember Perluas Pasarnya ke Thailand Bea Cukai Jember layani ekspor ratusan cerutu milik CV Dwipa Nusantara Tobacco (DNT) ke pasar Thailand pada Senin (15/07).…