President University Jadi Kampus Pertama di RI yang Kolaborasi dengan Lembaga East-West Center AS

Oleh : Candra Mata | Jumat, 07 Juni 2024 - 20:24 WIB

President University
President University

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Charles Saerang, Advisor to Rector President University (PresUniv) baru-baru ini berhasil menginisiasi kerja sama strategis dengan lembaga terkemuka dunia East-West Center (EWC) di Hawaii, Amerika Serikat.

Dirinya bersama Ketua Yayasan PresUni, Prof Budi Susilo Soepandji, yang juga mantan Gubernur Lemhanas periode 2011-2016 mengikuti rangkaian undangan dari EWC di Hawaii, AS dalam rangka menjalin kolaborasi antara President University dan EWC.

Menurut Charles, EWC dan PresUniv menyepakati berbagai kerja sama strategis ke depan.

Diantaranya, EWC akan menyediakan beasiswa untuk mahasiswa President University dalam program S-1, S-2.

Kemudian EWC juga akan memfasilitasi program pertukaran mahasiswa antara mahasiswa Hawaii University dengan PresUniv.

"Hawaii Pacific University (HPU) sedang dalam proses membuat program joint degree dengan President University," kata Charles.

Ia menjelaskan bahwa oleh-oleh dari kunjungannya ke EWC di AS ini menjadi babak baru hubungan kerjasama internasional bagi President University.

"Yang perlu di highlight ialah kami (PresUniv-red) menjadi kampus pertama di Indonesia dari Indonesia yang diundang dan akan menjalin kerjasama dengan lembaga East West Center," imbuh Charles.

Tak hanya itu, menurut Charles, Punahou High School di Hawaii juga tengah menjajaki kerja sama agar para lulusannya dapat melanjutkan studi di Fakultas Kedokteran, President University.

"Dari kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan manfaat besar bagi mahasiswa dan profesional di tanah air," tutup Charles.

Perlu diketahui, East-West Center (EWC) dikenal sebagai lembaga yang memiliki peran vital dalam mempromosikan pemahaman dan kerja sama antara negara-negara di Asia Pasifik dan Amerika Serikat. 

Dalam perjalannya EWC menawarkan berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para mahasiswa serta profesional di kawasan tersebut.

Di bidang pendidikan, EWC menawarkan program studi dan pelatihan bagi mahasiswa dan profesional dari berbagai negara di Asia Pasifik dan Amerika Serikat. Program-program ini fokus pada isu-isu terkait ekonomi, politik, budaya, dan lingkungan di kawasan tersebut.

Selain itu, EWC memberikan beasiswa kepada mahasiswa dari negara-negara di Asia Pasifik untuk belajar di universitas-universitas di Amerika Serikat, serta menyelenggarakan berbagai program pelatihan untuk meningkatkan kemampuan profesional dan kepemimpinan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AP1 Catat Tingkat Pemulihan Pergerakan Penumpang Hingga 91% pada Paruh Pertama 2024

Selasa, 16 Juli 2024 - 23:13 WIB

AP1 Catat Tingkat Pemulihan Pergerakan Penumpang Hingga 91% pada Paruh Pertama 2024

Jakarta – PT Angkasa Pura I (AP1) mencatat melayani sebanyak 36,5 juta pergerakan penumpang di 17 bandara yang dikelola sepanjang enam bulan pertama (semester 1) 2024. Dengan demikian, tingkat…

Industri Keramik (Ist)

Selasa, 16 Juli 2024 - 23:01 WIB

Sudah Sesuai Aturan WTO, Antidumping Keramik Harus Didukung Penuh

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) menyebut bahwa kebijakan hambatan perdagangan berupa Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) harus didukung penuh untuk melindungi industri domestik,…

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kepada CSR Manager UT, Himawan Sutanto yang bertempat di Balai Kota DKI Jakarta. (Foto: Arsip PT United Tractors Tbk)

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:53 WIB

Pj Gubernur DKI Jakarta Puji United Tractors yang Berkontribusi Turunkan Stunting, sehingga Raih Derap Kerjasama Jakarta (DKJ) Awards 2024

Jakarta,– PT United Tractors Tbk (UT) meraih penghargaan dalam ajang Derap Kerja Sama Jakarta (DKJ) Awards 2024. Penghargaan ini diraih atas programnya yang konsisten dalam mengentaskan permasalahan…

Industri plastik (ist)

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:50 WIB

Pelaku Industri Minta Pemerintah Perketat Impor Barang Jadi Plastik

Asosiasi Industri Plastik Hilir Indonesia (Aphindo) menyampaikan perlunya pengetatan impor produk barang jadi plastik dari negara lain untuk memproteksi industri hilir plastik dalam negeri,…

Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:44 WIB

Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

JAKARTA-Tidak lama lagi Musyawarah ke 10 Forum Zakat akan digelar pada Rabu hingga Kamis (17-18, 2024). K.H Ma'ruf Amin selaku Wakil Presiden RI akan resmi hadir dalam pembukaan Munas 10 FOZ…