Dana Koperasi Karyawan JICT Belum Diaudit

Oleh : Wiyanto | Rabu, 02 Agustus 2017 - 16:59 WIB

Jakarta International Container Terminal (JICT) (Foto Ist)
Jakarta International Container Terminal (JICT) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Program Tabungan Investasi untuk produktifitas pekerja PT Jakarta International Container Terminal  (JICT) diduga terancam gagal bayar 2019 nanti. 

Pasalnya sampai saat ini dana yang dikelola oleh Kopkar JICT atas  mandat Serikat Pekerja JICT (SP JICT) itu tak diketahui posisinya karena sampai kini belum berhasil di audit. 

Pihak perusahaan (JICT) dan Pelindo II sebagai salah satu pemilik JICT sudah pernah meminta namun pihak Kopkar (koperasi karyawan)dan SP berkelit dan berdalih harus seijin Dewan Pengawas Koperasi. 

Mogok kerja yang akan berlangsung 3 hingga 10 Agustus 2017 salah satu alasannya ditujukan meminta agar dana PTI 2016 segera dicairkan. Namun perusahaan menolak karena tidak sesuai dengan syarat-syarat yang disepakati bersama Perusahaan dengan SP JICT.

Ada unsur yang tidak beres dengan pengelolaan dana pekerja itu. Kalau bersih kenapa musti risih. Dana pekerja itu sangat besar, ada kira-kira Rp. 117,99  miliar yang akan dikelola sampai 2019 nanti, kata Siswanto Rusdi dari National Maritim Institute (Namarin). 

"Isu Kopkar menunggak pembayaran pajak Rp 8 miliar sedang meminta tax amnesty namun ditolak oleh pemerintah. Pihak penegak hukum harus masuk memeriksa SP JICT karena ada uang negara yang digelapkan itu, " katanya. 

Lanjut Rusdi, patut dipertanyakan, kenapa dana PTI  tidak menjadi agenda pembahasan di Pansus Pelindo II atau tidak merupakan isu krusial di komisi ketenagakerjaan DPR RI padahal itu menyangkut kepentingan hak pekerja. 

"Jangan sampai ada penindasan hak pekerja oleh Serikat Pekerja dan wakil rakyat yang mengurusi pekerja abai akan isu PTI ini. Kami tidak menginginkan ada pengabaian hak pekerja di JICT terkait dana itu," tutupnya. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anthony Leong bersama Prabowo Subianto di Rumah Kertanegara

Selasa, 07 Mei 2024 - 11:37 WIB

Anthony Leong Optimistis Presidential Club akan Terwujud

Rencana pembentukan Presidential Club disambut baik oleh Koordinator Nasional Prabowo-Gibran Digital Team (PRIDE), Anthony Leong. Bagi Anthony yang juga Wakil Sekretaris Umum Paguyuban Sosial…

Bank Mandiri hadir di Seminar Gelora Mahasiswa

Selasa, 07 Mei 2024 - 10:52 WIB

Hadirkan Solusi Transaksi Internasional, Bank Mandiri Kenalkan Keandalan Livin’ di London

Bank Mandiri terus menegaskan komitmen berkelanjutan dalam mendukung inklusi keuangan di masyarakat. Sebagai bagian dari upaya tersebut, Bank Mandiri kini memperkenalkan layanan cross border…

Polaris Master ExPOLrasi 2024

Selasa, 07 Mei 2024 - 10:39 WIB

Kompetisi Mixologist, Polaris Master ExPOLrasi 2024 Lahirkan Inovasi Tren Minuman Kekinian

Tren makanan dan minuman di Indonesia kian berkembang, khususnya di kalangan anak-anak muda yang belakangan menyebutnya dengan istilah ‘Makanan atau Minuman Kekinian’. Setiap tahunnya pasti…

Dengan bantuan teknologi Artificial Intelligence, proses klaim digital asuransi kesehatan Allianz mampu diselesaikan dalam waktu 48 jam.

Selasa, 07 Mei 2024 - 10:29 WIB

AI Jadi Alat Bantu, Kemendikbud Dorong Siswa Belajar Efisien dan Efektif

Jakarta, FMB9 -Dalam era digital seperti saat ini pemanfaatan teknologi telah menjadi suatu keharusan dalam berbagai lini kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Menyadari potensi besar yang dimiliki…

IFG Life

Selasa, 07 Mei 2024 - 10:19 WIB

Perkuat Komitmen Manajemen Mutu, IFG Life Raih Sertifikasi ISO 9001:2015

PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) menegaskan komitmen untuk senantiasa memberikan layanan yang berkualitas dan berkesinambungan bagi masyarakat Indonesia melalui proses pelayanan yang cepat, transparan,…