Intiland 'Happy' Penjualan Lahan Batang Industrial Park Makin Moncer

Oleh : Ridwan | Kamis, 30 Mei 2024 - 17:05 WIB

Pengembangan kawasan Batang Industrial Park (BIP)
Pengembangan kawasan Batang Industrial Park (BIP)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Prospek bisnis kawasan industri di tahun 2024 diprediksi akan kembali moncer pasca hajatan besar Pemilihan Umum (Pemilu) atau Pilpres berjalan dengan aman dan kondusif. 

Hal tersebut turut diakui oleh PT Intiland Development Tbk. (Intiland;DILD) selaku pengelola Batang Industrial Park (BIP). 

"Setelah kami launching tiga tahun lalu, kami cukup senang dengan penjualan lahan di BIP. Dari total lahan seluas 196 hektare (ha), saat ini sudah terjual kurang lebih 60 ha. Jadi 'so far' kami cukup optimis," jelas Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi Intiland Archied Noto Pradono seusai gelaran Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan di Jakarta, Kamis (30/5).

Dirinya menyebut bahwa dengan hadirnya tenant-tenant besar di BIP seperti Nestle, Wardah dan lainnya cukup dapat menarik minat investor-investor lainnya. 

"Hadirnya tenant-tenang besar tersebut memamg kami rasa cukup dapat menarik investor lainnya. Kedepannya, saya rasa sisa lahan yang masih tersisa bisa kita realisasikan penjualannya lebih baik," terangnya.

"Kawasan industri ini akan menjadi salah satu portofolio yang akan kami kembangkan kedepannya," tambah Archied.

Dia mengungkapkan bahwa sejak beroperasinya jalan tol Trans Jawa telah menghidupkan kembali prospek bisnis kawasan industri di Pulau Jawa, khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Memang harus diakui, hadirnya jalan tol trans Jawa menghidupkan kembali bisnis kawasan industri di sekitarnya, terutama di Jawa Tengah dan Timur," ungkapnya.

Perseroan mencatat segmen pengembangan kawasan industri membukukan marketing sales Rp82,2 miliar di kuartal I-2024. Angka tersebut berasal dari penjualan kavling industri di Batang Industrial Park dan gudang di Aeropolis Technopark, Tangerang.

Sementara itu, Ketua Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI), Sanny Iskandar mengatakan, prospek bisnis kawasan industri di tahun ini akan baik dengan catatan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) atau Pilpres berjalan dengan aman dan kondusif sehingga tidak menimbulkan gejolak.

"Para investor yang selama ini sudah datang namun belum mengambil keputusan (wait and see) untuk eksekusi pembelian lahan akan melihat kondisi setelah Pemilu," kata Sanny.

Dirinya menekankan agar bisnis kawasan industri ini moncer, diperlukan kepastian hukum dan regulasi bagi para investor supaya transparansi dalam pelaksanaannya tidak tumpang tindih serta konsisten menerapkan aturan yang telah dikeluarkan.

Ia memandang kawasan industri masih memiliki ruang untuk tumbuh optimal dengan perkiraan kinerja penjualan lahan di kawasan industri Indonesia bisa tumbuh kurang lebih sama dengan tahun 2023.

Lebih lanjut, Sunny menyampaikan tenant-tenant di kawasan industri nasional kemungkinan besar tetap didominasi oleh investor asing, walau bukan mustahil investor lokal juga akan lebih gencar berekspansi dengan memanfaatkan kawasan industri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AP1 Catat Tingkat Pemulihan Pergerakan Penumpang Hingga 91% pada Paruh Pertama 2024

Selasa, 16 Juli 2024 - 23:13 WIB

AP1 Catat Tingkat Pemulihan Pergerakan Penumpang Hingga 91% pada Paruh Pertama 2024

Jakarta – PT Angkasa Pura I (AP1) mencatat melayani sebanyak 36,5 juta pergerakan penumpang di 17 bandara yang dikelola sepanjang enam bulan pertama (semester 1) 2024. Dengan demikian, tingkat…

Industri Keramik (Ist)

Selasa, 16 Juli 2024 - 23:01 WIB

Sudah Sesuai Aturan WTO, Antidumping Keramik Harus Didukung Penuh

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) menyebut bahwa kebijakan hambatan perdagangan berupa Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) harus didukung penuh untuk melindungi industri domestik,…

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kepada CSR Manager UT, Himawan Sutanto yang bertempat di Balai Kota DKI Jakarta. (Foto: Arsip PT United Tractors Tbk)

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:53 WIB

Pj Gubernur DKI Jakarta Puji United Tractors yang Berkontribusi Turunkan Stunting, sehingga Raih Derap Kerjasama Jakarta (DKJ) Awards 2024

Jakarta,– PT United Tractors Tbk (UT) meraih penghargaan dalam ajang Derap Kerja Sama Jakarta (DKJ) Awards 2024. Penghargaan ini diraih atas programnya yang konsisten dalam mengentaskan permasalahan…

Industri plastik (ist)

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:50 WIB

Pelaku Industri Minta Pemerintah Perketat Impor Barang Jadi Plastik

Asosiasi Industri Plastik Hilir Indonesia (Aphindo) menyampaikan perlunya pengetatan impor produk barang jadi plastik dari negara lain untuk memproteksi industri hilir plastik dalam negeri,…

Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:44 WIB

Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

JAKARTA-Tidak lama lagi Musyawarah ke 10 Forum Zakat akan digelar pada Rabu hingga Kamis (17-18, 2024). K.H Ma'ruf Amin selaku Wakil Presiden RI akan resmi hadir dalam pembukaan Munas 10 FOZ…