Rakha Tour & Travel : Umrah Mandiri & Umrah Backpacker Bukanlah Ancaman

Oleh : Wiyanto | Senin, 27 Mei 2024 - 19:28 WIB

Jamaah Umrah
Jamaah Umrah

INDUSTRY.co.id- Jakarta – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengizinkan kedatangan jamaah umrah pemegang visa turis. Terdapat 49 pemegang kewarganegaraan yang berkesempatan umrah dengan visa turis.

Namun, melansir situs visa.visitsaudi.com, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi masih belum membuka kesempatan bagi jamaah asal Indonesia dan Pakistan, untuk berumrah dengan visa turis.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, proses ibadah umrah bukanlah sebuah perjalanan biasa, karena ada tata cara dan rukunnya. “Ada aturan-aturan peribadatan yang harus dipenuhi. Tidak semua umat (Islam) paham akan (aturan peribadatan) itu,” ujar Yaqut,

sebagaimana kutipan dari Kantor Berita Antara. Kemenag berpandangan, jamaah tetap membutuhkan layanan dari biro perjalanan wisata pemegang izin PPIU ketika umrah. Salah satu alasannya, karena PPIU menghadirkan pembimbing dan pendamping selama proses ibadah.

Tugas utama pembimbing adalah memastikan jamaah menjalani rangkaian ibadah umrah sesuai rukun dan syarat sesuai syariat Islam. Selain itu, keterlibatan biro perjalanan wisata dalam ibadah umrah menjadi representasi perlindungan kepada Warga Negara Indonesia (WNI). Ketika mereka berada di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Penerbitan visa turis bagi jamaah umrah, akan menghadirkan ragam pilihan kepada masyarakat. Terkait hal ini, Eko Aris, pemilik dan pimpinan Rakha Tour & Travel berpendapat, opsi berumrah dengan visa turis, bukanlah sebuah ancaman. “Kami merasa, munculnya opsi umrah secara mandiri dengan visa turis, bagian dari perkembangan teknologi. Tetapi kami yakin, layanan kami memiliki nilai lebih, sehingga jamaah tetap memilih Rakha Tour & Travel ketika berumrah,” ujar Eko Aris.

Eko Aris menjelaskan, umrah adalah sebuah ibadah yang terbalut dalam rangkaian perjalanan. Masyarakat Indonesia, dengan kultur dan budaya kolektifnya, secara mayoritas lebih nyaman beribadah secara berkelompok atau berjamaah. Terlebih jika ibadah ini, harus berlangsung di wilayah yang jauh jaraknya, dengan kondisi sosial yang sangat berbeda.

“Bagaimanapun, mayoritas jamaah umrah asal Indonesia, belum sepenuhnya memahami bahasa, budaya, kultur, dan lingkungan di Mekkah, Arab Saudi. Sehingga, mereka tetap membutuhkan pembimbing dan pendamping, agar merasa aman dan nyaman, selama berada di tanah suci,” ujar Eko Aris.

Eko menggarisbawahi, kualitas layanan Rakha Tour & Travel terletak pada hadirnya pembimbing ibadah dalam setiap perjalanan umrah. Pembimbing memastikan, seluruh rangkaian ibadah umrah, mulai dari masa persiapan, pelaksanaan, hingga pasca perjalanan, berlangsung optimal.

Eko menyatakan, “Kami akan memaksimalkan pendampingan kepada jamaah, agar selama di tanah suci, mereka berkesempatan menjalankan seluruh ritual ibadah. Baik yang wajib maupun sunah.”

Selain itu, dalam setiap perjalanan umrah bersama Rakha Tour & Travel, jamaah akan mendapatkan pengarahan dan penjelasan dari pembimbing dalam melantunkan doa-doa terbaik, ketika berada di tempat-tempat yang penuh berkah dan mustajab. Eko berpandangan, umrah mandiri dengan visa turis, kemungkinan akan berbiaya lebih rendah. Tetapi, dalam setiap paket keberangkatan Rakha Tour & Travel, jamaah akan mendapatkan pengalaman ibadah yang berdampak jangka panjang bagi kehidupan. “Umrah itu, bukan sekedar kedatangan dan kunjungan ke sebuah tempat di wilayah Arab Saudi. Kami mengupayakan, jamaah mampu menemukan arti hidup sebagai seorang muslim, setelah beribadah,” ujar Eko.

Perizinan penggunaan visa turis untuk berumrah, diperkirakan akan meningkatkan intensitas jamaah untuk melakukan umrah secara mandiri, atau umrah backpacker. Kedua metode ibadah ini, kemungkinan berbiaya lebih rendah, dibandingkan perjalanan bersama biro perjalanan wisata pemegang PPIU. Namun, Eko Aris selaku pemilik Rakha Tour & Travel, tidak risau dengan kebijakan tersebut. Menilik kondisi mayoritas umat muslim Indonesia, jamaah tetap membutuhkan pendampingan dan bimbingan, demi menggapai ibadah umrah yang mabrur

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kiri ke kanan: ignasius arrie setiawan, komisaris, melly elita, direktur, tjia tjhin hwa komisaris, kiki sadrach dirut

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:29 WIB

Top! KKES Ekspansi ke Timur Indonesia, Targetkan Pertumbuhan Penjualan di Atas 11% dan Laba di Atas 14% pada 2024

Jakarta– PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES) distributor dan importir bahan kimia maupun bahan baku untuk pertanian dan industri baru saja melaksanakan RUPST & paparan publik. Dalam kegiatan…

MenKopUKM Teten Masduki

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:13 WIB

Orasi Ilmiah di UMMI, Menteri Teten Tekankan Pentingnya Bangun Industri UMKM Berbasis Keunggulan Domestik

Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki menekankan pentingnya membangun industri UMKM berbasis keunggulan domestik, serta mengolah sumber daya alam hasil perkebunan dan pertanian…

Kika: Warit Jintanawan, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (kedua dari kiri). Budyanto Totong, Founder dan Dirut PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (tengah) Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 (kedua dari kanan)

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:05 WIB

Perkuat Pasar di Jawa Barat, Mitra10 & Atria Ekspansi ke Sawangan Depok

Depok– Mitra10 memperkuat penetrasi pasar ritel modern bahan bangunan dan pelengkapan rumah, bersama dengan Atria yang menguasai pasar ritel modern furnitur dan matras, membuka flagship store…

Jajaran direksi PT Mora Telematika Indonesia Tbk.

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:55 WIB

Absen Tebar Deviden, Moratelindo Bakal Gencar Ekspansi Jaringan Telekomunikasi

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo menetapkan untuk menggunakan laba bersih senilai Rp678,17 miliar sebagai laba ditahan. Kemudian, sisanya, laba bersih yang senilai Rp1…

6IXTY8IGHT

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:37 WIB

Sepanjang 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. Catat Kenaikan Penjualan Bersih Sebesar 23%

Sepanjang tahun 2023, PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (Perseroan) berhasil mencatatkan kenaikan penjualan bersih sebesar 23% menjadi Rp3,7 triliun dengan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik…