Upaya Pemda Tingkatkan Perpustakaan Terakreditasi, Pengembangan Budaya Baca dan Naskah Nusantara

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 15 Mei 2024 - 00:31 WIB

Dalam rakornas, para pemangku kebijakan yang memiliki praktik baik serta pengalaman dalam keterlibatan pada tiga isu tersebut, membagikan kisahnya.
Dalam rakornas, para pemangku kebijakan yang memiliki praktik baik serta pengalaman dalam keterlibatan pada tiga isu tersebut, membagikan kisahnya.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, memiliki strategi untuk meningkatkan perpustakaan terstandar secara nasional melalui akreditasi perpustakaan.

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas menyatakan pihaknya menyusun lima strategi. Strategi yang pertama adalah menciptakan komunikasi intensif dengan pihak yang berkaitan dengan pengembangan perpustakaan.

Strategi yang kedua adalah membangun kemitraan antara pemerintah Kabupaten Berau dengan organisasi penggerak perpustakaan dan literasi. 

"Yang ketiga adalah menerapkan strategi SIPENA PAKEM,” jelasnya dalam Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan Tahun 2024 yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) di Jakarta, pada Selasa (14//5/2024). 

Strategi yang keempat adalah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pegiat literasi dan perpustakaan di Kabupaten Berau dalam acara tahunan seperti Bulan Kunjung Perpustakaan. 

“Strategi yang terakhir adalah memberikan dukungan anggaran dan regulasi yang terus diupayakan melalui perangkat daerah terkait dan dukungan pihak dunia usaha dan dunia industri,” jelasnya.

Dengan strategi tersebut, tercatat terjadi penambahan perpustakaan terakreditasi di Kabupaten Berau. Pada 2022 ada 30 perpustakaan terakreditasi, tahun 2023 ada 49 perpustakaan dan meningkat menjadi 65 perpustakaan terakreditasi pada 2024.

Tidak hanya itu, perpustakaan di Kabupaten Berau meraih prestasi di tingkat provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yakni terbaik pertama dalam pencapaian jumlah perpustakaan terakreditasi tingkat provinsi Kaltim pada 2023 dan 2024. 

Tidak hanya itu, capaian secara nasional juga diraih perpustakaan di Berau.

“Perpustakaan sekolah kabupaten Berau menyumbangkan jumlah perpustakaan sekolah terakreditasi sebanyak 24,8% untuk capaian Kalimantan Timur serta memenangkan prestasi lomba perpustakaan sekolah tingkat provinsi Kalimantan Timur hingga nasional,” jelas Sri Juniarsih Mas.

Sebelumnya, Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2024 memfokuskan pada tiga isu utama, yaitu pengembangan budaya baca dan kecakapan literasi, standardisasi dan akreditasi perpustakaan, serta pengarusutamaan Naskah Nusantara. 

Dalam rakornas, para pemangku kebijakan yang memiliki praktik baik serta pengalaman dalam keterlibatan pada tiga isu tersebut, membagikan kisahnya. 

Selain dari Kabupaten Berau, Kabupaten Kendal, dan Provinsi Jawa Timur mengungkap pengalamannya dalam praktik baik di dunia literasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UOB Lady’s Card

Senin, 20 Mei 2024 - 15:42 WIB

UOB Indonesia Meluncurkan Desain dan Tagline Terbaru Lady’s Card

UOB Indonesia mengumumkan pembaruan UOB Lady’s Card yang merupakan kartu kredit pertama di Asia Tenggara dengan fokus pada kaum perempuan. UOB Lady’s Card dirancang untuk menawarkan keuntungan,…

SPKLU

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

Tren Mobil Listrik dan Renewable Energy Daya Pikat Investasi Kawasan Industri Kendal

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti…

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh.…

TikTok

Senin, 20 Mei 2024 - 12:55 WIB

Analyzing TikTok's Marketing Model

In the digital age, social media platforms have revolutionized marketing strategies, offering innovative ways for brands to connect with their audiences. Among these platforms, TikTok has emerged…

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 12:42 WIB

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menghadiri acara forum air terbesar sedunia, “The 10th World Water Forum (WWF) yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI…