Upaya Pemda Tingkatkan Perpustakaan Terakreditasi, Pengembangan Budaya Baca dan Naskah Nusantara

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 15 Mei 2024 - 00:31 WIB

Dalam rakornas, para pemangku kebijakan yang memiliki praktik baik serta pengalaman dalam keterlibatan pada tiga isu tersebut, membagikan kisahnya.
Dalam rakornas, para pemangku kebijakan yang memiliki praktik baik serta pengalaman dalam keterlibatan pada tiga isu tersebut, membagikan kisahnya.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, memiliki strategi untuk meningkatkan perpustakaan terstandar secara nasional melalui akreditasi perpustakaan.

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas menyatakan pihaknya menyusun lima strategi. Strategi yang pertama adalah menciptakan komunikasi intensif dengan pihak yang berkaitan dengan pengembangan perpustakaan.

Strategi yang kedua adalah membangun kemitraan antara pemerintah Kabupaten Berau dengan organisasi penggerak perpustakaan dan literasi. 

"Yang ketiga adalah menerapkan strategi SIPENA PAKEM,” jelasnya dalam Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan Tahun 2024 yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) di Jakarta, pada Selasa (14//5/2024). 

Strategi yang keempat adalah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pegiat literasi dan perpustakaan di Kabupaten Berau dalam acara tahunan seperti Bulan Kunjung Perpustakaan. 

“Strategi yang terakhir adalah memberikan dukungan anggaran dan regulasi yang terus diupayakan melalui perangkat daerah terkait dan dukungan pihak dunia usaha dan dunia industri,” jelasnya.

Dengan strategi tersebut, tercatat terjadi penambahan perpustakaan terakreditasi di Kabupaten Berau. Pada 2022 ada 30 perpustakaan terakreditasi, tahun 2023 ada 49 perpustakaan dan meningkat menjadi 65 perpustakaan terakreditasi pada 2024.

Tidak hanya itu, perpustakaan di Kabupaten Berau meraih prestasi di tingkat provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yakni terbaik pertama dalam pencapaian jumlah perpustakaan terakreditasi tingkat provinsi Kaltim pada 2023 dan 2024. 

Tidak hanya itu, capaian secara nasional juga diraih perpustakaan di Berau.

“Perpustakaan sekolah kabupaten Berau menyumbangkan jumlah perpustakaan sekolah terakreditasi sebanyak 24,8% untuk capaian Kalimantan Timur serta memenangkan prestasi lomba perpustakaan sekolah tingkat provinsi Kalimantan Timur hingga nasional,” jelas Sri Juniarsih Mas.

Sebelumnya, Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2024 memfokuskan pada tiga isu utama, yaitu pengembangan budaya baca dan kecakapan literasi, standardisasi dan akreditasi perpustakaan, serta pengarusutamaan Naskah Nusantara. 

Dalam rakornas, para pemangku kebijakan yang memiliki praktik baik serta pengalaman dalam keterlibatan pada tiga isu tersebut, membagikan kisahnya. 

Selain dari Kabupaten Berau, Kabupaten Kendal, dan Provinsi Jawa Timur mengungkap pengalamannya dalam praktik baik di dunia literasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…