PAUD Kekinian Cheeky Peeky Playhouse Tawarkan Kurikulum Reggio Emilia Bagi Anak

Oleh : Hariyanto | Minggu, 12 Mei 2024 - 14:45 WIB

Dok. Cheeky Peeky Playhous
Dok. Cheeky Peeky Playhous

INDUSTRY.co.id - Tangerang - Pendidikan merupakan aspek penting yang perlu didapatkan anak, sebelum memasuki Sekolah Dasar (SD), anak-anak biasanya melewati jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Pengamat Pendidikan Doni Koesoema mengatakan bahwa PAUD sangatlah penting bagi pembentukan karakter anak. Sehingga menurutnya para orang tua, harus bisa memaksimalkannya.

"PAUD merupakan masa emas pembentukan karakter anak, tahap ini perlu dimaksimalkan dalam pembentukan karakter," kata Doni dalam keterangannya pada Sabtu (11/5/2024).

Menurutnya, bermain dan belajar bila dilakukan dengan aktivitas yang tepat akan meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental anak.

"Macam-macam aktivitas bisa dilakukan oleh anak-anak seperti bersosialisasi, berlari, permainan kerja sama, mengenali dan membedakan benda-benda, jalan-jalan di alam rindang, dan lain-lain," ujarnya.

Untuk itu, Ketua Yayasan Sahabat Anak Kecil Emilia Asteriani Putri mendirikan sekolah untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bernama Cheeky Peeky Playhouse.

"Cheeky Peeky Playhouse sekolah untuk anak usia dini dari umur 0-3 tahun yang terinspirasi dari kurikulum Reggio Emilia," kata Emilia dalam keterangannya pada Sabtu 11 Mei 2024.

Dalam kurikulum Reggio Emilia, pendidikan dan pengembangan anak diarahkan pada diri mereka sendiri dan didasarkan pada minat, ide, dan pemikiran mereka yang dapat membantu menciptakan pengalaman kelas yang positif dan menggairahkan dalam belajar.

Emilia mengatakan bahwa alasan dirinya mendirikan Cheeky Peeky Playhouse yaitu karena dirinya ingin memfasilitasi para ibu-ibu muda yang ingin memberikan stimulasi yang sesuai dengan tumbuh kembang anak.

"Namun belum banyak tempat yang menawarkan hal tersebut terutama yang dapat menyesuaikan tingkat kemampuan dan keinginan anak," katanya.

Ia menjelaskan bahwa alasan dinamakan Cheeky Peeky Playhouse yaitu karena ingin menumbuhkan rasa keingintahuan di diri anak-anak dengan mengambil nama dari permainan cilukba.

"Sehingga kami mengambil filosofi permainan cilukba (peek-a-boo) di mana anak itu belajar dan bonding dengan orang tua yang sangat berguna untuk perkembangan mereka," kata Emilia.

"Nama Cheeky itu sendiri menggambarkan unsur fun, di mana kami mengakomodir sifat-sifat anak yang selalu penasaran dan ingin tahu banyak hal dengan cara yang menyenangkan," lanjutnya. 

Selain menawarkan program sekolah bagi anak umur 0-3 tahun, Emilia mengatakan jika pihaknya juga menawarkan aktifitas enrichment class untuk kelas after school untuk anak umur 3-8 tahun.

Berlokasi di Perumahan Nusa Loka, Jalan Ambon Blok 1A Nomor 2, Mekar Jaya, Serpong, Tangerang Selatan, playhouse tersebut menawarkan sejumlah aktifitas seperti sensory class, stimulasi motoric, lalu read-a-loud, art class dan music class.

Lebih lanjut, Cheeky Peeky Playhouse juga bekerja sama dengan Miss Krista Endinda yang memang ahli dibidang infant dan toddler serta pendidikan anak usia dini.

"Jadi Miss Dinda membuatkan kurikulum, dan secara eksklusif melakukan training kepada guru-guru kami. Guru kami juga berasal dari pendidikan master degree di clinical psychology dan pendidikan anak usia dini dari universitas ternama," katanya.

Selain itu, Emilia mengatakan bahwa Cheeky Peeky Playhouse juga memiliki atelierista, art teacher yang memiliki background sebagai art director di Ganara Art Space yang membantu kelangsungan pembelajaran dan pembuatan ruang kelas.

Cheeky Peeky Playhouse buka setiap hari, kecuali hari Selasa, mulai dari pukul 09.00-15.00 WIB. Dengan biaya per kedatangan mulai dari Rp225.000 -Rp275.000, tergantung usia anak.

Bagi para moms yang ingin mendaftarkan anaknya untuk belajar dan bermain di Cheeky Peeky Playhouse, bisa mendaftar melalui nomor WhatsApp 0812 95506613.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…