Inovasi Pompa Vakum & Blower Cerdas dari Intidaya dan Schneider Electric Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Energi

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 11 Mei 2024 - 11:26 WIB

Dok. Schneider
Dok. Schneider

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Schneider Electric, pemimpin transformasi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi, dipercaya oleh PT Intidaya Dinamika Sejati, perusahaan penyedia pompa vakum dan roots blower skala industri, untuk menjadi mitra digital dan otomasi dalam pengembangan teknologi pompa vakum dan roots blower cerdas dan ramah lingkungan dengan menggunakan inovasi otomasi terbaru dari Schneider Electric, yaitu EcoStruxure Automation Expert.

Solusi pompa vakum & roots blower cerdas ini akan membantu para pelaku industri, khususnya dalam pengolahan air dan air limbah, rumah sakit, dan manufaktur. Menggabungkan beberapa solusi Schneider Electric, termasuk EcoStruxure Automation Expert, lisensi Soft dPAC, Harmony Edge Box, dan AVEVA Edge. 

Solusi ini telah berhasil meningkatkan efisiensi teknis dan produktivitas operasional, menghemat energi hingga 43 persen, dan mencegah terhentinya produksi akibat downtime.

“Bersama Schneider Electric, kami mengembangkan inovasi pada solusi pompa vakum dan roots blower dengan memanfaatkan teknologi digital berbasis software yang dapat membantu pelanggan kami melakukan pengawasan secara real time terhadap kinerja pompa vakum dan roots blower-nya, dan memastikan output yang stabil dan konsisten," kata Jonathan Kartawijaya, Managing Director Intidaya dalam keteranganya yang dikutip pada Sabtu (11/5/2024).

"Schneider Electric telah menjadi mitra kami selama tiga tahun terakhir ini. Kami telah beralih dari nol menuju solusi digital yang lengkap," imbuh Jonathan. 

Pengawasan pompa vakum dan roots blower merupakan tantangan tersendiri bagi para staf lapangan karena masih dilakukan secara manual sehingga sulit untuk melakukan pendeteksian awal atas potensi kerusakan, ataupun kebocoran. Sementara pompa vakum dan roots blower ini beroperasi 24 jam, sehingga pengawasannya harus sangat ketat agar tidak terjadi downtime yang dapat mengakibatkan kegagalan produksi dan kerugian material.

“Pemantauan online dan solusi yang andal memberikan nilai tambah yang luar biasa bagi customer roots blower kami. Kini, kami telah mengubah model teknologi kami untuk sepenuhnya mewujudkan potensi penuh IoT untuk otomasi industri. Mendukung customer kami dalam pencapaian tujuan keberlanjutannya baik dalam keberlanjutan operasional dan lingkungan,” lanjut Jonathan.

“Schneider Electric berkomitmen untuk menjadi mitra digital dan otomasi bagi pelaku industri dalam hal efisiensi, meningkatkan produktivitas dan sustainability. Kami tidak hanya memiliki solusi namun juga mitra diskusi bagi pelaku industri, yang akan menerjemahkan dan merealisasikan ide dan keinginan mereka untuk keberlanjutan dan efisiensi," ungkap Martin Setiawan, Industry Business Vice President Schneider Electric Indonesia. 

Inisiatif Impact Maker menekankan komitmen Schneider Electric untuk mempercepat tindakan dalam mengatasi perubahan iklim. Melalui inisiatif ini, kami berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam keberlanjutan dari pelanggan dan mitra kami. 

Tujuannya adalah untuk menginspirasi pelaku industri lain dengan menunjukkan langkah-langkah konkret dan pendekatan yang bisa diikuti untuk memulai perjalanan aksi iklim mereka, serta mengatasi hambatan dalam usaha keberlanjutan.

"Intidaya menjadi contoh utama bagaimana mengintegrasikan teknologi digital dan otomasi dapat meningkatkan nilai produk dan menciptakan dampak positif bagi bisnis dan lingkungan," tutup Martin. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kiri ke kanan: ignasius arrie setiawan, komisaris, melly elita, direktur, tjia tjhin hwa komisaris, kiki sadrach dirut

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:29 WIB

Top! KKES Ekspansi ke Timur Indonesia, Targetkan Pertumbuhan Penjualan di Atas 11% dan Laba di Atas 14% pada 2024

Jakarta– PT Kusuma Kemindo Sentosa Tbk (KKES) distributor dan importir bahan kimia maupun bahan baku untuk pertanian dan industri baru saja melaksanakan RUPST & paparan publik. Dalam kegiatan…

Kika: Warit Jintanawan, Direktur PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (kedua dari kiri). Budyanto Totong, Founder dan Dirut PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (tengah) Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 (kedua dari kanan)

Kamis, 13 Juni 2024 - 17:05 WIB

Perkuat Pasar di Jawa Barat, Mitra10 & Atria Ekspansi ke Sawangan Depok

Depok– Mitra10 memperkuat penetrasi pasar ritel modern bahan bangunan dan pelengkapan rumah, bersama dengan Atria yang menguasai pasar ritel modern furnitur dan matras, membuka flagship store…

Jajaran direksi PT Mora Telematika Indonesia Tbk.

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:55 WIB

Absen Tebar Deviden, Moratelindo Bakal Gencar Ekspansi Jaringan Telekomunikasi

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (MORA) atau Moratelindo menetapkan untuk menggunakan laba bersih senilai Rp678,17 miliar sebagai laba ditahan. Kemudian, sisanya, laba bersih yang senilai Rp1…

TPA Bantargebang

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:12 WIB

Peduli Lingkungan, Perusahaan Harus Mulai Menerapkan Sistem Zero Waste to Landfill

Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan permasalahan sampah saat ini dinilai masih butuh perhatian. Hal ini terlihat dari data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) – Kementerian…

Karyawan di anak usaha Telkom

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:48 WIB

Catat Pertumbuhan Laba Bersih 30%, Infomedia Kembangkan Teknologi 3A untuk Pertumbuhan Berkelanjutan

Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), PT Infomedia Nusantara (Infomedia) berhasil membukukan laba bersih sebesar 217% atau tumbuh 30% di sepanjang tahun 2023. Selain itu, revenue…