Problematika Meikarta dan Masa Depan Warga Bekasi

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 01 Agustus 2017 - 13:05 WIB

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)
Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Implikasi sosial, ekonomi, dan budaya pembangunan Meikarta tentu akan sangat besar bagi Bekasi dan masyarakatnya. Keberadaan Meikarta akan berpengaruh terhadap berbagai dimensi kehidupan sosial masyarakat Bekasi.Dengan total ribuan hektar lahan yang digunakan dan nilai investasi ratusan triliun rupiah, Meikarta tentu bukan sekedar proyek pemukiman biasa. Bahkan mungkin proyek ambisius Lippo ini akan menjadi core peradaban Bekasi. Kunci transformasi kehidupan masyarakat Bekasi ke depan.

Lihat saja nilai investasinya yang mencapai 278 triliun rupiah. Dengan asumsi rata-rata APBD Kabupaten Bekasi per tahun sebesar 5,5 triliun rupiah, maka nilai investasi Meikarta setara dengan 50 tahun APBD Kabupaten Bekasi. Fantastis!

Jika saja pemerintah kabupaten Bekasi yang memiliki anggaran itu tentu akan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Baik untuk pembangunan fasilitas publik maupun stimulus ekonomi rakyat.

Tapi tentu dampak kesejahteraan masyarakat dari investasi Rp278 triliun itu tak bisa kita harapkan. Investasi Meikarta adalah bisnis yang orientasinya tentu saja bukan pada kesejahteraan masyarakat. Tetapi pada keuntungan yang arus kemanfaatannya diarahkan sebesar-besarnya bermuara pada pemilik modal.

Klaim Meikarta sebagai saingan Jakarta pun telah didengungkan. Bahkan, Meikarta disebut akan menjadi kota dengan infrastruktur terlengkap di Asia Tenggara. Berbagai fasilitas kesehatan, pendidikan, pusat ekonomi akan berdiri tegak di sana. Pertanyaannya, dimana posisi masyarakat Bekasi?

Sebelumnya, pernyataan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar sebagai responnya atas aktivitas Lippo yang sudah jor-joran menawarkan Meikarta sebelum mengurus perizinan ke provinsi perlu menjadi catatan. Deddy menilai Lippo seperti ingin membuat Negara di dalam Negara.

Senada dengan itu, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga sempat membuat pernyataan bahwa beberapa perizinan pembangunan Lippo belum rampung. Artinya, Lippo telah mengabaikan pemerintah sebagai representasi Negara. Maka pertanyaannya, jika pemerintah dan peraturan saja dilanggar, bagaimana dengan rakyat?

Di atas itu semua, wacana Meikarta perlu menjadi perhatian serius semua elemen masyarakat Bekasi. Karena bagaimana pun, Meikarta akan berpengaruh signifikan terhadap masa depan Bekasi dan warganya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Ketua PWI Pusat Atal S Depari

Senin, 16 Desember 2019 - 05:00 WIB

Ribuan Orang Ikuti Fun Walk IKWI

Ribuan orang mengikuti kegiatan Fun Walk Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) 2019 yang mengambil tema "Keluarga Sehat, Ekonomi Kuat", Minggu, (15/12/2019).

Prajurit Marinir Surabaya Berhasil Rebut Juara 1 Belitung International Triathlon 2019

Senin, 16 Desember 2019 - 04:00 WIB

Prajurit Marinir Berhasil Rebut Juara 1 Belitung International Triathlon 2019

Setelah berjuang mati-matian dengan melewati berbagai rintangan yang berat, Juara 1 lomba Belitung International Triathlon 2019 kategori standard distance akhirnya berhasil direbut oleh Kopda…

imoo Watch Phone

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:38 WIB

imoo Watch Phone Kado Natal Impian Anak Kini Turun Harga

Baru-baru ini imoo Watch Phone meluncurkan produk terbarunya yaitu imoo Watch Phone Z6 dengan mode flip Front & Rear Dual Camera. Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1995 ini dalam lima tahun…

Konferensi Pers Kinerja Industri Asuransi Jiwa Kuartal III 2019

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:01 WIB

Total Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Naik Sebesar 14,7%

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memaparkan kinerja industri asuransi jiwa pada kuartal 2019, dengan menghimpun data dari 59 perusahaan dari 60 total anggota. Hasil data tersebut menunjukkan…

Swiss-Belhotel International Menggabungkan Fasilitas Bisnis-Wisata di Bali

Minggu, 15 Desember 2019 - 20:00 WIB

Swiss-Belhotel International Menggabungkan Fasilitas Bisnis-Wisata di Bali

Swiss-Belhotel International, yang merupakan jaringan manajemen hotel global, ikut berpartisipasi dalam mempromosikan Bali sebagai daerah tujuan yang ideal bagi mereka yang membutuhkan “bleisure…