Problematika Meikarta dan Masa Depan Warga Bekasi

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 01 Agustus 2017 - 13:05 WIB

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)
Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Implikasi sosial, ekonomi, dan budaya pembangunan Meikarta tentu akan sangat besar bagi Bekasi dan masyarakatnya. Keberadaan Meikarta akan berpengaruh terhadap berbagai dimensi kehidupan sosial masyarakat Bekasi.Dengan total ribuan hektar lahan yang digunakan dan nilai investasi ratusan triliun rupiah, Meikarta tentu bukan sekedar proyek pemukiman biasa. Bahkan mungkin proyek ambisius Lippo ini akan menjadi core peradaban Bekasi. Kunci transformasi kehidupan masyarakat Bekasi ke depan.

Lihat saja nilai investasinya yang mencapai 278 triliun rupiah. Dengan asumsi rata-rata APBD Kabupaten Bekasi per tahun sebesar 5,5 triliun rupiah, maka nilai investasi Meikarta setara dengan 50 tahun APBD Kabupaten Bekasi. Fantastis!

Jika saja pemerintah kabupaten Bekasi yang memiliki anggaran itu tentu akan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Baik untuk pembangunan fasilitas publik maupun stimulus ekonomi rakyat.

Tapi tentu dampak kesejahteraan masyarakat dari investasi Rp278 triliun itu tak bisa kita harapkan. Investasi Meikarta adalah bisnis yang orientasinya tentu saja bukan pada kesejahteraan masyarakat. Tetapi pada keuntungan yang arus kemanfaatannya diarahkan sebesar-besarnya bermuara pada pemilik modal.

Klaim Meikarta sebagai saingan Jakarta pun telah didengungkan. Bahkan, Meikarta disebut akan menjadi kota dengan infrastruktur terlengkap di Asia Tenggara. Berbagai fasilitas kesehatan, pendidikan, pusat ekonomi akan berdiri tegak di sana. Pertanyaannya, dimana posisi masyarakat Bekasi?

Sebelumnya, pernyataan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar sebagai responnya atas aktivitas Lippo yang sudah jor-joran menawarkan Meikarta sebelum mengurus perizinan ke provinsi perlu menjadi catatan. Deddy menilai Lippo seperti ingin membuat Negara di dalam Negara.

Senada dengan itu, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga sempat membuat pernyataan bahwa beberapa perizinan pembangunan Lippo belum rampung. Artinya, Lippo telah mengabaikan pemerintah sebagai representasi Negara. Maka pertanyaannya, jika pemerintah dan peraturan saja dilanggar, bagaimana dengan rakyat?

Di atas itu semua, wacana Meikarta perlu menjadi perhatian serius semua elemen masyarakat Bekasi. Karena bagaimana pun, Meikarta akan berpengaruh signifikan terhadap masa depan Bekasi dan warganya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pusdiklat Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Lembaga Sertifikasi Profesi London School of Public Relations Jakarta (LSP LSPR), menggelar workshop dan uji kompetensi untuk profesi Humas.

Senin, 16 September 2019 - 21:22 WIB

Pusdiklat Mahkamah Agung RI Gandeng LSP LSPR Gelar Uji Kompetensi Humas

Kredibiltas dan kompetensi profesi Humas merupakan salah satu kunci dalam membangun persepsi publik yang akan tercipta.

Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia

Senin, 16 September 2019 - 21:04 WIB

Klarifikasi Vape, Ini Penjelasannya

Terkait dengan pemberitaan yang simpang siur mengenai vape akhir-akhir ini maka kami dari Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI) sebagai asosiasi terbesar di Indonesia yang menaungi sekitar…

Anang Hermansyah

Senin, 16 September 2019 - 21:00 WIB

Anang Kembali Jadi Juri Indonesian Idol

Sejak menjadi anggota DPRRI, Anang Hermansyah langsung menghilang dari gemerlapnya industri musik. Dan baru berani kembali di akhir jabatannya. "Secara etika sebagai anggota dewan, saya mesti…

Liga Volleyball: Mahasiswa 2019

Senin, 16 September 2019 - 20:00 WIB

Kemenangan Keempat Umika, Debut Kompetisi Menjanjikan TSM

Tim Trisakti School of Management (TSM) Jakarta mengawali hari terakhir LIMA Volleyball: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference Season 7 melawan Universitas Mitra Karya (Umika) Bekasi…

Bintang Puspayoga

Senin, 16 September 2019 - 18:00 WIB

Bintang Puspayoga Rilis Buku Sinergi Untuk Negeri

Bintang Puspayoga secara resmi merilis buku bertajuk Sinergi Untuk Negeri. Buku yang disusun tim yang diketuai Kabag Humas Kementerian Koperasi dan UKM Darmono itu merupakan buku yang menyajikan…