Problematika Meikarta dan Masa Depan Warga Bekasi

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 01 Agustus 2017 - 13:05 WIB

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)
Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Implikasi sosial, ekonomi, dan budaya pembangunan Meikarta tentu akan sangat besar bagi Bekasi dan masyarakatnya. Keberadaan Meikarta akan berpengaruh terhadap berbagai dimensi kehidupan sosial masyarakat Bekasi.Dengan total ribuan hektar lahan yang digunakan dan nilai investasi ratusan triliun rupiah, Meikarta tentu bukan sekedar proyek pemukiman biasa. Bahkan mungkin proyek ambisius Lippo ini akan menjadi core peradaban Bekasi. Kunci transformasi kehidupan masyarakat Bekasi ke depan.

Lihat saja nilai investasinya yang mencapai 278 triliun rupiah. Dengan asumsi rata-rata APBD Kabupaten Bekasi per tahun sebesar 5,5 triliun rupiah, maka nilai investasi Meikarta setara dengan 50 tahun APBD Kabupaten Bekasi. Fantastis!

Jika saja pemerintah kabupaten Bekasi yang memiliki anggaran itu tentu akan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Baik untuk pembangunan fasilitas publik maupun stimulus ekonomi rakyat.

Tapi tentu dampak kesejahteraan masyarakat dari investasi Rp278 triliun itu tak bisa kita harapkan. Investasi Meikarta adalah bisnis yang orientasinya tentu saja bukan pada kesejahteraan masyarakat. Tetapi pada keuntungan yang arus kemanfaatannya diarahkan sebesar-besarnya bermuara pada pemilik modal.

Klaim Meikarta sebagai saingan Jakarta pun telah didengungkan. Bahkan, Meikarta disebut akan menjadi kota dengan infrastruktur terlengkap di Asia Tenggara. Berbagai fasilitas kesehatan, pendidikan, pusat ekonomi akan berdiri tegak di sana. Pertanyaannya, dimana posisi masyarakat Bekasi?

Sebelumnya, pernyataan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar sebagai responnya atas aktivitas Lippo yang sudah jor-joran menawarkan Meikarta sebelum mengurus perizinan ke provinsi perlu menjadi catatan. Deddy menilai Lippo seperti ingin membuat Negara di dalam Negara.

Senada dengan itu, Pemerintah Kabupaten Bekasi juga sempat membuat pernyataan bahwa beberapa perizinan pembangunan Lippo belum rampung. Artinya, Lippo telah mengabaikan pemerintah sebagai representasi Negara. Maka pertanyaannya, jika pemerintah dan peraturan saja dilanggar, bagaimana dengan rakyat?

Di atas itu semua, wacana Meikarta perlu menjadi perhatian serius semua elemen masyarakat Bekasi. Karena bagaimana pun, Meikarta akan berpengaruh signifikan terhadap masa depan Bekasi dan warganya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menyambut Hari Perumahan Nasional 25 Agustus 2019, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. turut serta dalam mewujudkan impian para Aparatur Sipil Negara atau ASN dan anggota Polri serta TNI untuk memiliki tempat tinggal dengan berbagai kemudahan

Minggu, 25 Agustus 2019 - 22:41 WIB

Percepat Pencapaian Sejuta Rumah, Bank BTN Salurkan KPR Untuk Aparatur Sipil Negara, TNI dan POLRI di Palembang

Palembang-Menyambut Hari Perumahan Nasional 25 Agustus 2019, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. turut serta dalam mewujudkan impian para Aparatur Sipil Negara atau ASN dan anggota Polri…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 19:54 WIB

BNI Syariah Lakukan Program Pelatihan Masjid di Cirebon

Cirebon - BNI Syariah terus mengoptimalisasi peran masjid dalam hal manajemen dan keuangan. Kali ini BNI Syariah bersama Yayasan Daarut Tauhiid Peduli kembali bersinergi mengadakan pelatihan…

(IG/ussypratama)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:55 WIB

Kiat Sukses Ussy Sulistiawaty Jalankan Bisnis Kuliner

Kuliner nusantara juga perlu memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran.

Konferensi pers pengumuman lima pemenang kompetisi Bango Penerus Warisan Kuliner 2019 di Jakarta baru-baru ini.(Andi Mardana)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:27 WIB

Inilah 5 Pemenang Bango Penerus Warisan Kuliner 2019

Siap bergabung bersama jutaan pelaku UMKM di Indonesia yang berhasil meraih peningkatan omzet secara signifikan dengan mengadopsi teknologi digital.

Ilustrasi Jaringan Internet (KTSDESIGN/Getty Images)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 12:50 WIB

Peningkatan Kapasitas Jaringan Seluler Sangat Diperlukan

Hal ini dapat dicapai melalui tiga cara, yaitu penambahan Base Transceiver Station (BTS), penambahan frekuensi dan perbaruan teknologi.