Salesforce Perkenalkan Inovasi AI dan Data Tepercaya untuk Bisnis di Innovation Day Jakarta

Oleh : Hariyanto | Rabu, 17 April 2024 - 17:44 WIB

Sujith Abraham, Senior Vice President dan General Manager Salesforce ASEAN
Sujith Abraham, Senior Vice President dan General Manager Salesforce ASEAN

INDUSTRY.co.id - Jakarta – AI CRM, Salesforce memperkenalkan inovasi terbaru dari AI dan data terpercaya di Salesforce Innovation Day Jakarta, termasuk Einstein Copilot, Einstein 1 Studio, dan rilis Data Cloud Spring ‘24.

Sebanyak 86% pemimpin TI di Indonesia mengharapkan AI generatif segera memainkan peran besar dalam organisasi mereka. Kemajuan dalam bidang AI diperkirakan akan memberikan kontribusi hingga US$366 miliar terhadap PDB Indonesia pada tahun 2030. AI menjadi sangat penting bagi dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas, memperdalam hubungan dengan pelanggan, dan mendorong keuntungan yang lebih tinggi.

“Seiring dengan bisnis di Indonesia yang menavigasi pasar yang semakin kompleks dan dinamis, AI yang tepercaya akan menjadi pembeda yang dibutuhkan bisnis untuk tumbuh dan sukses dengan lebih memahami pelanggan mereka,” kata Sujith Abraham, Senior Vice President dan General Manager Salesforce ASEAN di Jakarta, Rabu (17/4/2024). 

Salesforce memperkenalkan ketersediaan beta publik dari Einstein Copilot, asisten AI baru yang dapat personalisasikan, berbasis percakapan, dan generatif untuk CRM. Einstein Copilot telah terintegrasi di seluruh aplikasi Salesforce untuk memberikan pengalaman pengguna yang konsisten yang dapat menjawab pertanyaan, menghasilkan konten, dan secara dinamis mengotomatiskan tindakan apa pun untuk memberikan produktivitas yang lebih baik, hubungan pelanggan yang lebih mendalam, dan keuntungan yang lebih tinggi.

Tidak seperti asisten atau kopilot AI lainnya yang kurang memiliki data perusahaan yang memadai untuk menghasilkan respons yang berguna, Einstein Copilot memungkinkan pengguna Salesforce menghasilkan respons dengan menggunakan data pribadi dan tepercaya milik mereka sendiri, sambil tetap menjalankan tata kelola data yang ketat dan tanpa memerlukan pelatihan model AI yang mahal.

Hal ini dimungkinkan dengan menggabungkan UI berbasis percakapan, large language model (LLM) sebagai fondasi dasar, dan data perusahaan terpercaya yang memungkinkan pengguna Salesforce memanfaatkan kemampuan AI generatif dan berinteraksi dengan aplikasi mereka dengan cara yang benar-benar baru.

Pelanggan Salesforce dapat mengakses Einstein Copilot dengan melakukan upgrade ke Einstein 1 Editions  yang mencakup Data Cloud, AI, dan CRM dalam satu penawaran.

Salesforce juga mengumumkan ketersediaan Einstein 1 Studio, seperangkat teknologi low-code yang memungkinkan admin dan pengembang Salesforce mempersonalisasi Einstein Copilot dan dengan mudah mengintegrasikan AI di aplikasi apa pun untuk setiap pengalaman pelanggan dan karyawan.

Einstein 1 Studio dilengkapi Copilot Builder untuk membuat sejumlah tindakan AI khusus guna menyelesaikan berbagai tugas bisnis tertentu, Prompt Builder untuk membangun dan mengaktifkan perintah khusus dalam alur kerja, dan Model Builder, di mana pengguna dapat membuat atau mengimpor berbagai model AI.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk memberikan pengalaman AI tepercaya di seluruh Platform Einstein 1 milik Salesforce yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan mereka. 47% tim TI di Indonesia mengalami kesulitan dalam memenuhi tuntutan transformasi. Untuk meningkatkan kapasitas, 74% tim TI di Indonesia telah mengadopsi teknologi low-code atau tanpa kode.

Pelanggan dapat mengakses Einstein 1 Studio dengan membeli Einstein 1 Editions atau dengan menambahkannya ke Enterprise atau Unlimited Editions.

Einstein 1 Studio sangat terintegrasi dengan Data Cloud, mesin data hyperscale milik Salesforce, yang dapat membuka dan menyatukan data yang terperangkap dan mendasari model AI dengan pemahaman komprehensif tentang data dan metadata pelanggan.

Data Cloud memungkinkan pengguna untuk menghubungkan data dari sumber data apa pun dan menggunakannya dalam aplikasi yang dibutuhkan pengguna bisnis setiap hari. Hal ini dapat dilakukan karena Data Cloud dibangun di atas lapisan fondasi dasar metadata Salesforce, yang menyediakan bahasa umum yang mengintegrasikan semua aplikasi Salesforce dan layanan platform low-code.

Salesforce mengumumkan Rilis Data Cloud Spring ‘24, yang mencakup fitur-fitur inovatif terbaru untuk menjadikan data di Data Cloud menjadi lebih mudah digunakan di seluruh aplikasi CRM dan layanan platform Salesforce.

Fitur seperti Data Cloud Related Lists memungkinkan perusahaan untuk segera menambah prospek dan kontak pelanggan, serta catatan akun mereka dengan data interaksi secara real-time, sementara Data Cloud Copy Fields memungkinkan perusahaan untuk mengekspos wawasan yang dihasilkan di Data Cloud dalam CRM inti, sehingga tidak memerlukan integrasi data yang rumit. 

Data Spaces memungkinkan pelanggan untuk secara logis memisahkan data, metadata, dan proses untuk kebutuhan departemen, peraturan, dan kepatuhan. Model Builder memungkinkan perusahaan untuk membangun model AI prediktif mereka sendiri yang dilatih pada data Data Cloud atau memilih dari LLM yang dikelola oleh Salesforce atau membawa model mereka sendiri untuk AI generatif.

“Inovasi terbaru kami memungkinkan pelanggan kami menyatukan data CRM mereka dengan data pelanggan yang ada di sistem perusahaan dan sistem lama, pusat dan penyimpanan data – tanpa harus memindahkan atau menyalin data tersebut – sehingga dapat mendorong AI yang lebih baik dalam proses kerja yang lebih natural, yang akan menghasilkan interaksi yang lebih mendalam dengan pelanggan. Hal ini membuat proses selanjutnya menjadi lebih efektif untuk menciptakan manfaat bagi pelanggan yang sama, dan dengan cara yang tepercaya.” pungkas Sujith Abraham

Einstein Copilot tersedia dalam versi beta secara global untuk Sales Cloud dan Service Cloud, dengan Commerce Cloud dan Marketing Cloud tersedia pada akhir tahun 2024. Einstein Copilot saat ini mendukung residensi data di Amerika Serikat dan bahasa Inggris. Selain itu, Einstein Copilot untuk Tableau akan diluncurkan akhir tahun ini di H2. Saat ini Tableau mendukung kemampuan AI generatif dengan Tableau Pulse dan Tableau Copilot (sekarang dalam versi Beta).

Sementara, Prompt Builder dan Model Builder kini tersedia secara umum secara global. Copilot Builder tersedia dalam versi beta secara global. Einstein 1 Studio saat ini mendukung residensi data di Amerika Serikat dan bahasa Inggris. Dukungan Model Builder untuk menyempurnakan LLM pada data Data Cloud akan tersedia akhir tahun ini, dimulai dengan Amazon Bedrock, Google Vertex AI, dan OpenAI LLM.  Salesforce Data Cloud sudah tersedia secara umum saat ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Umana Bali Resort

Senin, 20 Mei 2024 - 16:29 WIB

Umana Bali, Resort di Ungasan yang Masuk Daftar Hotel Baru Terbaik Travel + Leisure

Sebuah resor yang terletak di lokasi paling selatan Bali, Umana Bali, LXR Hotels & Resorts berhasil masuk ke dua kategori yang disusun Travel + Leisure. Pertama, Umana Bali menjadi salah satu…

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK)

Senin, 20 Mei 2024 - 16:08 WIB

Kapal PTK Resmi Beroperasi di Perairan Internasional

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) agresif melakukan ekspansi bisnis di pasar global. Ekspansi bisnis global ditandai dengan dimulainya operasional Transko Moloko di perairan Malaysia.

UOB Lady’s Card

Senin, 20 Mei 2024 - 15:42 WIB

UOB Indonesia Meluncurkan Desain dan Tagline Terbaru Lady’s Card

UOB Indonesia mengumumkan pembaruan UOB Lady’s Card yang merupakan kartu kredit pertama di Asia Tenggara dengan fokus pada kaum perempuan. UOB Lady’s Card dirancang untuk menawarkan keuntungan,…

SPKLU

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

Tren Mobil Listrik dan Renewable Energy Daya Pikat Investasi Kawasan Industri Kendal

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti…

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh.…