Universitas BSI Ekspansi Kampus untuk Pendidikan Digital Merata di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Rabu, 17 April 2024 - 07:04 WIB

Universitas BSI Ekspansi Kampus untuk Pendidikan Digital Merata di Indonesia
Universitas BSI Ekspansi Kampus untuk Pendidikan Digital Merata di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta -- Pendidikan digital kini telah menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam era revolusi industri 4.0. Sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, Indonesia memiliki tantangan besar dalam menyediakan pendidikan berkualitas dan merata bagi seluruh rakyatnya.

Menghadapi tantangan tersebut, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memperkuat komitmennya sebagai Kampus Digital Kreatif dengan ekspansi kampus di seluruh Indonesia.

Universitas BSI telah lama dikenal sebagai institusi pendidikan yang fokus pada bidang teknologi informasi, digital, kreatif dan komunikasi. Dengan pengalaman dan kompetensinya, universitas ini berupaya memberikan kontribusi nyata dalam pemerataan pendidikan digital di Indonesia.

Rektor Universitas BSI, Prof Dr Mochamad Wahyudi mengatakan, salah satu upaya konkret yang dilakukan adalah dengan melakukan ekspansi kampus ke berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Jabodetabek, Sukabumi, Tasikmalaya, Tegal, Solo, Purwokerto, Yogyakarta hingga Pontianak.

“Ekspansi ini bertujuan untuk memperluas jangkauan Universitas BSI sehingga lebih banyak mahasiswa yang dapat mengakses pendidikan berkualitas tanpa harus meninggalkan kampung halamannya. Dengan demikian, diharapkan kesenjangan pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan dapat diminimalisir,” katanya kepada media, Kamis (11/4).

Komitmen Universitas BSI dalam meratakan pendidikan digital di Indonesia bukan hanya sebatas ekspansi kampus dan pemanfaatan teknologi, tetapi juga melibatkan berbagai stakeholder dalam ekosistem pendidikan. Universitas BSI telah aktif bekerja sama dengan pemerintah, industri, dan masyarakat untuk mengembangkan program-program pendidikan yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja.

 

Selain itu, Universitas BSI juga aktif dalam mengadakan pelatihan dan workshop bagi guru dan tenaga pendidik di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan mereka dalam mengajar mata pelajaran teknologi dan komunikasi, khususnya Artificial Intelligence (AI), sehingga dapat memberikan pendidikan yang berkualitas kepada generasi muda.

“Melalui ekspansi kampus, inovasi teknologi, dan kerja sama lintas industri, Universitas BSI berupaya menjadi agen perubahan dalam pemerataan pendidikan digital di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan lebih banyak generasi muda Indonesia yang terampil dan kompeten dalam menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0,” jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Umana Bali Resort

Senin, 20 Mei 2024 - 16:29 WIB

Umana Bali, Resort di Ungasan yang Masuk Daftar Hotel Baru Terbaik Travel + Leisure

Sebuah resor yang terletak di lokasi paling selatan Bali, Umana Bali, LXR Hotels & Resorts berhasil masuk ke dua kategori yang disusun Travel + Leisure. Pertama, Umana Bali menjadi salah satu…

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK)

Senin, 20 Mei 2024 - 16:08 WIB

Kapal PTK Resmi Beroperasi di Perairan Internasional

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) agresif melakukan ekspansi bisnis di pasar global. Ekspansi bisnis global ditandai dengan dimulainya operasional Transko Moloko di perairan Malaysia.

UOB Lady’s Card

Senin, 20 Mei 2024 - 15:42 WIB

UOB Indonesia Meluncurkan Desain dan Tagline Terbaru Lady’s Card

UOB Indonesia mengumumkan pembaruan UOB Lady’s Card yang merupakan kartu kredit pertama di Asia Tenggara dengan fokus pada kaum perempuan. UOB Lady’s Card dirancang untuk menawarkan keuntungan,…

SPKLU

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

Tren Mobil Listrik dan Renewable Energy Daya Pikat Investasi Kawasan Industri Kendal

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti…

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh.…