Ekspansi Manufaktur di Indonesia, Modena Dukung Pengembangan Industri

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 04 April 2024 - 10:22 WIB

Modena Ekspansi Manufaktur di Indonesia.
Modena Ekspansi Manufaktur di Indonesia.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan global consumer electronics Modena berkomitmen penuh mendukung program-program Pemerintah salah satunya mendorong pengembangan industri dalam negeri. Dukungan ini sudah ditunjukan sejak tahun lalu dengan mengalihkan kegiatan produksi untuk produk-produk andalannya ke dalam negeri. 

Modena yang terus mengembangkan produk-produk berbasis Internet of Things (IoT) untuk produk-produk terbarunya sebagai bagian dalam pembentukan smarthome ecosystem, memandang saat ini adalah momen yang tepat untuk mendorong kembali industri dalam negeri agar lebih berkembang.

Harry Afryandi selaku Vice President Operations & Corporate Affairs MODENA, mengungkapkan keseriusannya dalam mendorong pengembangan industri dalam negeri. 

"Hal ini bisa dilihat dari keberhasilan Modena melalui anak usahanya PT MODENA FORMA INDONESIA mengembangkan lini produksi baru untuk produk-produk Kompor yang dibuktikan telah diperolehnya SNI untuk kategori produk tersebut di bulan Februari yang lalu. Sebelumnya di tahun 2023, perusahaan juga telah melakukan hal serupa untuk produk kategori Dispenser air,” kata Harry.

“Komitmen MODENA dalam pengembangan industri dalam negeri tidak berhenti disitu saja, kedepannya, produk-produk lainnya juga akan dialihkan produksinya ke dalam negeri secara bertahap seperti Chest Freezer, Washing Machine dan Refrigerator. Seluruh upaya ini dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah akan lokalisasi industri”, imbuh Harry

Pengalihan produksi ke dalam negeri tidak membuat Modena menurunkan kualitas produk-produknya. Dalam rangka menjaga kualitas produk dan pelayanan, selain dengan sertifikat SNI, MODENA juga sudah berhasil memperoleh sertifikat ISO 9001:2015 sejak tahun 2009. 

Hal ini dilakukan semata-mata demi memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen-konsumen Modena dan Masyarakat pada umumnya. Selain pelayanan yang terbaik bagi konsumen dan masyarakat, Modena menekankan pentingnya keberlanjutan bukan hanya sebagai nilai korporat, tetapi juga sebagai prinsip yang tercermin dalam setiap aspek bisnis. 

Mulai dari inovasi berkelanjutan, produk yang efisien energi, rantai pasokan, hingga layanan purna jual melalui program trade in.

Modena juga sangat menghargai sumber daya manusia lokal yang dibuktikan dengan penggunaan 100% tenaga kerja terampil lokal. Komitmen ini juga diperkuat dengan pelatihanpelatihan yang dilakukan secara berkesinambungan untuk terus memenuhi perubahan teknologi yang terus berkembang sesuai zaman. 

Penggunaan tenaga kerja lokal juga merupakan langkah awal MODENA untuk menggunakan dan meningkatkan local resources yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai kandungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"Dengan langkah-langkah yang telah dilakukan, kami berharap dapat menciptakan lebih banyak lapangan kerja, mendorong kemajuan teknologi, dan memberikan kontribusi lebih besar bagi pengembangan industri dan sumber daya manusia lokal. Semoga langkah ini menjadi pendorong bagi terwujudnya industri yang tangguh dan berdaya saing di Indonesia,” tutup Harry

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…