Ekspansi Manufaktur di Indonesia, Modena Dukung Pengembangan Industri

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 04 April 2024 - 10:22 WIB

Modena Ekspansi Manufaktur di Indonesia.
Modena Ekspansi Manufaktur di Indonesia.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan global consumer electronics Modena berkomitmen penuh mendukung program-program Pemerintah salah satunya mendorong pengembangan industri dalam negeri. Dukungan ini sudah ditunjukan sejak tahun lalu dengan mengalihkan kegiatan produksi untuk produk-produk andalannya ke dalam negeri. 

Modena yang terus mengembangkan produk-produk berbasis Internet of Things (IoT) untuk produk-produk terbarunya sebagai bagian dalam pembentukan smarthome ecosystem, memandang saat ini adalah momen yang tepat untuk mendorong kembali industri dalam negeri agar lebih berkembang.

Harry Afryandi selaku Vice President Operations & Corporate Affairs MODENA, mengungkapkan keseriusannya dalam mendorong pengembangan industri dalam negeri. 

"Hal ini bisa dilihat dari keberhasilan Modena melalui anak usahanya PT MODENA FORMA INDONESIA mengembangkan lini produksi baru untuk produk-produk Kompor yang dibuktikan telah diperolehnya SNI untuk kategori produk tersebut di bulan Februari yang lalu. Sebelumnya di tahun 2023, perusahaan juga telah melakukan hal serupa untuk produk kategori Dispenser air,” kata Harry.

“Komitmen MODENA dalam pengembangan industri dalam negeri tidak berhenti disitu saja, kedepannya, produk-produk lainnya juga akan dialihkan produksinya ke dalam negeri secara bertahap seperti Chest Freezer, Washing Machine dan Refrigerator. Seluruh upaya ini dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah akan lokalisasi industri”, imbuh Harry

Pengalihan produksi ke dalam negeri tidak membuat Modena menurunkan kualitas produk-produknya. Dalam rangka menjaga kualitas produk dan pelayanan, selain dengan sertifikat SNI, MODENA juga sudah berhasil memperoleh sertifikat ISO 9001:2015 sejak tahun 2009. 

Hal ini dilakukan semata-mata demi memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen-konsumen Modena dan Masyarakat pada umumnya. Selain pelayanan yang terbaik bagi konsumen dan masyarakat, Modena menekankan pentingnya keberlanjutan bukan hanya sebagai nilai korporat, tetapi juga sebagai prinsip yang tercermin dalam setiap aspek bisnis. 

Mulai dari inovasi berkelanjutan, produk yang efisien energi, rantai pasokan, hingga layanan purna jual melalui program trade in.

Modena juga sangat menghargai sumber daya manusia lokal yang dibuktikan dengan penggunaan 100% tenaga kerja terampil lokal. Komitmen ini juga diperkuat dengan pelatihanpelatihan yang dilakukan secara berkesinambungan untuk terus memenuhi perubahan teknologi yang terus berkembang sesuai zaman. 

Penggunaan tenaga kerja lokal juga merupakan langkah awal MODENA untuk menggunakan dan meningkatkan local resources yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai kandungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"Dengan langkah-langkah yang telah dilakukan, kami berharap dapat menciptakan lebih banyak lapangan kerja, mendorong kemajuan teknologi, dan memberikan kontribusi lebih besar bagi pengembangan industri dan sumber daya manusia lokal. Semoga langkah ini menjadi pendorong bagi terwujudnya industri yang tangguh dan berdaya saing di Indonesia,” tutup Harry

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno saat mengajak delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference tanam Bakau

Sabtu, 04 Mei 2024 - 10:45 WIB

Menteri Sandiaga Uno Ajak Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference Tanam Bakau di Telaga Waja, Benoa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengajak delegasi "The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the…

Ilustrasi emas. (Ulrich Baumgarten/Getty Images)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 09:58 WIB

Analisa Harga Emas Tahun 2024: Menyentuh Tempat Tertinggi

Tahun 2024 diprediksi menjadi tahun yang menarik bagi pasar emas. Dengan beberapa analis dan sumber berbagai institusi memperkirakan harga emas akan mencapai tingkat yang belum pernah terjadi…

Presiden saat meresmikan Bendungan Tiu Suntuk NTB

Sabtu, 04 Mei 2024 - 07:56 WIB

PTPP Selesaikan Proyek Bendungan Tiu Suntuk Paket II

PT PP (Persero) Tbk sebagai salah satu BUMN Konstruksi dan Investasi di Indonesia (“PTPP”) berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Bendungan Tiu Suntuk Paket II dengan luas 464,63 Ha.

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:17 WIB

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta yang akan menjadi salah satu Masjid terbesar di Jakarta…

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:06 WIB

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Festival kecantikan terbesar di Asia Tenggara, BeautyFest Asia 2024. Tahun ini, BeautyFest Asia siap memukau para penggemar kecantikan di lima kota! Acara perdana dimulai di hotel bergengsi…