ASLC Bukukan Kenaikan Laba Bersih 8 Kali Lipat di Tahun 2023

Oleh : Hariyanto | Selasa, 02 April 2024 - 16:37 WIB

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC)
PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Emiten perdagangan otomotif omnichannel penjualan retail mobil bekas (Caroline.id) dan bisnis lelang (JBA), PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) mencatatkan peningkatan perolehan laba bersih tahun berjalan hingga 8,1 kali lipat di tahun 2023 yaitu sebesar Rp 26,7 miliar. Pada tahun 2022, laba bersih tahun berjalan Perseroan tercatat sebesar Rp 3,3 miliar.

Perolehan laba bersih tersebut didukung oleh pendapatan Perseroan yang mencapai sebesar Rp 682,4 miliar, meningkat 42,2% YoY dari pendapatan tahun sebelumnya yang sebesar Rp 479,9 miliar. 

“Kinerja yang positif ini adalah hasil dari ekspansi terukur Perseroan, antara lain dengan membuka showroom baru Caroline.id. Kenaikan pendapatan juga didukung oleh peningkatan kinerja bisnis lelang. Ke depannya, usaha gadai baru kita rintis diharapkan bisa menjadi tambahan pendorong pertumbuhan pendapatan Perseroan yang baru,” kata Presiden Direktur PT Autopedia Sukses Lestari Tbk, Jany Candra dalam keteranganya yang dikutip, Selasa (2/4/2024). 

Penjualan ritel kendaraan bekas dari Caroline.id masih menjadi penyumbang terbesar pendapatan Perseroan, mencapai 70,2% dari total pendapatan. Penjualan ritel melalui Caroline.id pada tahun 2023 tercatat sebesar Rp 479,3 miliar, meningkat 41,2% dari Rp 339,4 miliar pada tahun 2022. 

Peningkatan daya beli masyarakat seiring peningkatan pertumbuhan ekonomi pasca pandemi telah mendorong pertumbuhan penjualan kendaran bekas melalui lelang. Oleh karenanya, kinerja bisnis lelang melalui JBA pada tahun 2023 cukup impresif, dimana Perseroan berhasil mencatatkan peningkatan pendapatan hingga 44,4% YoY. 

Total pendapatan bisnis lelang, dari fee lelang dan fee admin, di tahun 2023 tercatat sebesar Rp 202,8 miliar. Pada tahun 2022, total pendapatan bisnis lelang tercatat sebesar Rp 140,5 miliar.

Adapun usaha baru di bidang pegadaian yang mulai beroperasi pada pertengahan tahun lalu juga telah menunjukkan kinerja yang positif, dengan menyumbangkan pendapatan sebesar Rp 263,2 juta.  

Pada periode 2023 ini, beban pokok pendapatan tercatat sebesar Rp 487,3 miliar, meningkat dari Rp 347,4 miliar pada tahun sebelumnya. Laba kotor ASLC tahun 2023 tercatat meningkat 47,3% YoY menjadi Rp 195,1 miliar dibandingkan Rp132,4 miliar pada tahun 2022. 

Peningkatan laba kotor Perseroan ini tidak hanya didorong oleh pertumbuhan laba kotor JBA, tetapi juga oleh peningkatan margin dari bisnis Caroline.id. Caroline.id mencatat peningkatan laba kotor sebesar 120,1% YoY pada tahun 2023. 

Keberhasilan ini dapat dikaitkan dengan langkah strategis Perseroan dalam membuka showroom di lokasi strategis dan monitoring performa secara ketat, terbukti dapat meningkatkan efisiensi dan profitabilitas Caroline.id.

“Kami melihat kinerja Perseroan semakin prospektif di tahun 2024 ini. Lesunya penjualan mobil baru di bulan Januari dan Februari, ternyata justru membuat banyak orang beralih ke pasar mobil bekas,” tambah Jany Candra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…