Lazada Sustainability Academy Awards 2024 Dorong Operasional Berkelanjutan Dari Pelaku Bisnis di Lazada

Oleh : Nina Karlita | Minggu, 31 Maret 2024 - 16:51 WIB

Lazada memberikan apresiasi bagi pelaku bisnis yang menerapkan operasional berkelanjutan di Lazada Sustainability Academy Awards 2024.
Lazada memberikan apresiasi bagi pelaku bisnis yang menerapkan operasional berkelanjutan di Lazada Sustainability Academy Awards 2024.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Lazada Indonesia melalui unit bisnis Lazada Logistics menghadirkan Lazada Sustainability Academy Awards 2024 yang menjadi upaya Lazada mendorong operasional berkelanjutan dari para pelaku bisnis di ekosistem Lazada.

Lazada Sustainability Academy Awards 2024 sendiri merupakan bagian dari inisiatif dalam kerangka ESG dari Lazada Group, untuk mengapresiasi para pelaku bisnis yang mulai bergerak ke arah operasional berkelanjutan.

Dibuka oleh Asisten Deputi Delimitasi Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves), Sora Lokita, Lazada Sustainability Academy Awards 2024 mendapatkan apresiasi dari Kemenko Marves atas komitmennya dalam memimpin perubahan dan kesadaran akan pentingnya aspek berkelanjutan dalam industri eCommerce.

Dalam sambutannya, Sora menegaskan UKM memiliki tanggung jawab untuk mengutamakan praktik produksi yang ramah lingkungan, memastikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Peranan penting ini harus disertai dengan dukungan konkret dari para pemangku kebijakan, termasuk pemerintah dan platform eCommerce.

"Di tengah pertumbuhan ekonomi yang pesat, kita tidak boleh melupakan tanggung jawab atas tantangan lingkungan yang semakin mendesak terhadap bumi. Inisiatif keberlanjutan yang diluncurkan oleh Lazada telah membuktikan bahwa kita dapat mencapai kesuksesan ekonomi sambil menjaga lingkungan hidup," kata Sora.

Masih tingginya jumlah sampah yang belum terkelola menjadikan isu lingkungan ini menjadi salah satu permasalahan yang membutuhkan penanganan serius segera dari setiap pemangku kepentingan. 

Agar dapat berperan dalam pengelolaan limbah sampah, Lazada Logistics telah menyediakan paket ramah lingkungan dengan menggunakan kardus karton bersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) serta kertas serut daur ulang sebagai pengganti plastik bagi pengiriman paket dari brand dan penjual yang tergabung dalam layanan Fulfillment by Lazada (FBL).

SVP, Logistics, Lazada Indonesia, Adiputra Wiharja menjelaskan bagaimana permasalahan lingkungan turut mendorong Lazada untuk juga berfokus pada upaya pertumbuhan berkelanjutan dalam ekosistem digitalnya.

“Lazada Sustainability Academy Awards 2024 ini menjadi upaya kami untuk memberikan apresiasi kepada para penjual di Lazada yang memiliki kepedulian serta mulai bertransformasi ke arah keberlanjutan di dalam operasional bisnisnya,” kata Adiputra.

Acara LSA Awards 2024 juga menghadirkan sesi diskusi panel dengan SVP, Logistics, Lazada Indonesia, Adiputra Wiharja, Sustainability and ESG Lead Funding Societies, Modalku Group, Annette Aprilana, dan Marketing General Manager EIGER, Jason Edward Wuysang sebagai panelis. 

Peserta yang hadir di acara ini merupakan perwakilan dari brand dan penjual lokal Indonesia yang tertarik untuk beralih ke operasional yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, dan sebagian besar telah mengikuti tahapan program Lazada Sustainability Academy dan mendapatkan wawasan berharga terkait pentingnya aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan di dalam operasional bisnisnya.

"Harapan kami, acara Lazada Sustainability Academy Awards dapat menjadi katalis dalam pengadopsian model bisnis berkelanjutan bagi para penjual yang berjualan secara online, sehingga mengurangi limbah, melestarikan sumber daya, dan berkontribusi terhadap bumi yang lebih sehat," tutup Adiputra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…

SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:30 WIB

Kemenperin Boyong 12 Industri Alsintan ke Pameran SIAM di Maroko

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi sebanyak 12 industri alat dan mesin pertanian (alsintan) dalam negeri untuk ikut berpartisipasi pada ajang bergengsi Salon International…