Top! Potensi Penjualan Sebesar 1.200 Metrix Ton, ID FOOD Tingkatkan Peluang Ekspor Rumput Laut Ke Tiongkok

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 24 Maret 2024 - 09:15 WIB

ID FOOD Tingkatkan Peluang Ekspor Rumput Laut Ke Tiongkok
ID FOOD Tingkatkan Peluang Ekspor Rumput Laut Ke Tiongkok

INDUSTRY.co.id, Fuzhou, Tiongkok – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus mendukung upaya peningkatan nilai tambah produk perikanan dan kelautan dalam negeri. Salah satunya dilakukan dengan mendorong peningkatan ekspor komoditas rumput laut ke Tiongkok.

VP Perdagangan dan Logistik ID FOOD Ferry Fardiansyah mengatakan, peluang ekspor rumput laut dan komoditas perikanan ke Tiongkok sangat menjanjikan. Untuk itu, berbagai langkah strategis guna memperkuat ekspor terus dilakukan ID FOOD, diantaranya aktif mengikuti berbagai eksebisi berskala internasional serta melakukan penjajakan kerja sama dengan sejumlah perusahaan Tiongkok.

“Hal tersebut untuk mengenalkan produk rumput laut Indonesia. Seperti pada kesempatan kali ini kita melakukan lawatan ke Tiongkok untuk mengikuti pameran Cross-Border E-commerce berskala internasional dan melakukan kunjungan bisnis ke sejumlah perusahaan Tiongkok yang bergerak di sektor pangan dan perdagangan. Dari kegiatan tersebut berhasil dijaring puluhan potential buyer dengan potensi kerja sama senilai Rp 64 miliar,” ujarnya usai perhelatan pameran di Fuzhou Strait International Conference and Exhibition Centre Hall, 21/3/2024, waktu setempat.

Ferry mengatakan, salah satu potential buyer yang dalam waktu dekat akan melakukan kerja sama ekspor-impor rumput laut dengan ID FOOD adalah Jianxi Lemon Biotechnology Co. Ltd. dengan potensi penjualan sebesar 1.200 Metrix Ton (MT)/tahun. “Rencana pengiriman pertama yang akan kita lakukan adalah sebesar 100 ton di bulan April 2024, untuk komoditas rumput laut Cottonii (Cottonii seaweed). Ini merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan ekspor rumput laut ke Tiongkok sebagai salah satu pasar terbesar rumput laut dunia,” terangnya.

Guna memastikan kerja sama tersebut berjalan secara berkelanjutan, Ferry mengatakan, selanjutnya tengah disiapkan penandatanganan nota kesepahaman dengan Jianxi Lemon Biotechnology Co. Ltd sebagai landasan awal untuk kerja sama yang lebih luas.

Selain menampilkan produk rumput laut, dalam kunjungan bisnis dan pameran Cross-border E-commerce yang berlangsung 18-20 Maret 2024 tersebut ID FOOD juga menampilkan aneka produk seperti seafood, kopi unggulan dari berbagai daerah, rempah, coconut palm oil, dan garam.

Lebih lanjut, Ferry menjelaskan, komoditas ruput laut menjadi salah satu komoditas unggulan perusahaan yang saat ini terus didorong peningkatan ekspornya. Pada tahun 2023, melalui anak perusahaannya PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), ID FOOD telah melakukan ekspor rumput laut Eucheuma Cottoni sebanyak 212 MT. Rumput laut yang diekspor hasil produksi petani dalam negeri yang di off take langsung oleh perusahaan.

“Tahun lalu ID FOOD telah melakukan ekspor rumput laut ke sejumlah negara seperti Tiongkok, Korea, Taiwan, dan Vietnam. Kerja sama ekspor terbaru ini akan meningkatkan volume ekspor rumput laut si tahun ini,” jelasnya.

Untuk mendukung kegiatan ekspor rumput laut tersebut, ID FOOD memiliki gudang penyimpanan khusus rumput laut yang berlokasi di Tanjung Perak dengan kapasitas 6.000 MT dan Buduran dengan kapasitas 700 MT.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…