Pepsodent Lanjutkan Kampanye Senyum Sehat Indonesia, Edukasi 2 Juta Santri Sepanjang 2024

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 22 Maret 2024 - 14:14 WIB

Pepsodent lanjutkan kampanye “Senyum Sehat Indonesia”
Pepsodent lanjutkan kampanye “Senyum Sehat Indonesia”

INDUSTRY.co.id - Bandung – Peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2024, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), dan Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI) bersama Unilever Indonesia melalui brand Pepsodent melanjutkan kampanye “Senyum Sehat Indonesia”. 

Sepanjang 2024, kampanye yang terdiri atas berbagai program ini menekankan edukasi kesehatan gigi dan mulut, termasuk selama Ramadan. Bertempat di Ballroom Masjid Agung Trans Studio, peringatan hari ini terlaksana atas dukungan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Padjadjaran.

Kesadaran masyarakat Indonesia dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut masih sangat rendah, padahal besar pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Menurut drg. Usman Sumantri, MSc, Ketua Pengurus Besar PDGI, edukasi berkelanjutan masih menjadi prioritas guna membantu masyarakat memperbaiki perilaku dan kebiasaan merawat kesehatan gigi dan mulut. 

"Untuk itu, kami terus mengajarkan pentingnya sikat gigi pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, serta rutin konsultasi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Mengingat tahun ini Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia bertepatan dengan Ramadan, secara khusus kami juga memberikan edukasi untuk menjawab kegelisahan masyarakat mengenai perawatan dokter gigi selama berpuasa,” kata drg. Usman. 

Sebagai latar belakang, pada 2018 kegelisahan ini telah mendorong PDGI kota Bandung meminta fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung. Setelah dikaji dari sisi medis dan agama, sejumlah tindakan seperti pembersihan karang gigi, pencabutan maupun penambalan gigi, hukumnya tidak membatalkan puasa.

Dr. drg. Julita Hendrartini, M.Kes., AAK, Ketua ARSGMPI menyampaikan, terjadi  penurunan jumlah kunjungan pasien di sejumlah RSGM FKG Universitas di berbagai kota selama bulan Ramadan. 

"Padahal, kunjungan ke dokter gigi tetap dapat dilakukan dan justru tidak boleh ditunda bagi yang giginya bermasalah agar kondisinya tidak makin parah. Jika permasalahan gigi bertambah lebih serius, maka akan membutuhkan lebih banyak waktu, tenaga dan biaya untuk mengobatinya,” kata drg. Julita.

Citra Kirana, selebritas yang sangat peduli dengan kesehatan diri dan keluarganya mengaku percaya senyum sehat adalah kunci dari tubuh yang kuat. Itu karena ia pernah sakit gigi sampai susah beraktivitas. Apalagi sakit gigi tak kenal waktu, pernah juga ia alami saat Ramadan. 

"Pastinya sempat galau ya, kalau ke dokter gigi apakah puasaku jadi batal? Jadi lega setelah menyimak diskusi hari ini, aku dan keluarga lebih mantap untuk tetap berkonsultasi ke dokter gigi, meski di bulan Ramadan," kata Citra Kirana.

Guna mengedukasi masyarakat agar tidak lagi ragu ke dokter gigi meski sedang berpuasa, disertai penyediaan akses perawatan gigi dan mulut melalui layanan teledentistry, di Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2024, PDGI, AFDOKGI, ARSGMPI bersama Pepsodent melanjutkan rangkaian kampanye “Senyum Sehat Indonesia” yang menargetkan untuk memberikan manfaat ke 2 juta anak sekolah dan santri di Indonesia. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…