Istiqlal I’tikaf Mumayyaz Jadi Peluang Pengembangan Wisata Religi Jakarta di Bulan Ramadan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 Maret 2024 - 17:56 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi hadirnya paket Istiqlal I’tikaf Mumayyaz (Pelayanan VVIP I’tikaf Masjid Istiqlal) sebagai salah satu peluang dalam mendorong dan mengembangkan wisata religi di Jakarta saat Ramadan.

Menparekraf Sandiaga mengatakan kegiatan I’tikaf merupakan salah satu amalan yang dikerjakan umat Islam saat Ramadan, terutama di 10 hari terakhir menjelang Idul fitri. Di mana, umat Islam akan berdiam diri di masjid dengan tujuan untuk beribadah.

Masjid Istiqlal, kata Sandiaga, merupakan salah satu lokasi i’tikaf yang banyak diminati oleh umat Islam di Jakarta dan sekitarnya. Sehingga, dengan adanya pelayanan VVIP ini bisa menjadi peluang untuk mengembangkan wisata religi di masa Ramadan.

"Saat ini minat untuk ber-i’tikaf ini sedang meningkat dan destinasi wisata halal kelas dunia itu adalah Masjid Istiqlal. Ini kita ingin luncurkan dan amplifikasi supaya masyarakat juga mengenal bahwa di malam-malam akhir Ramadan ini ada paket yang disediakan oleh Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) bekerja sama dengan beberapa hotel," kata Sandiaga pada "The Weekly Brief With Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (18/3/2024). 

Menparekraf mengungkapkan, melalui layanan VVIP ini, jemaah yang ber-i’tikaf di Masjid Istiqlal akan memperoleh pelayanan akomodasi, konsumsi untuk sahur dan berbuka puasa, serta berbagai kegiatan dan kajian selama I’tikaf. 

"Jadi saya ingin mengajak masyarakat dan teman-teman media ikut menyosialisasikan Istiqlal I’tikaf Mumayyaz dan saya juga ingin mengajak hotel-hotel di sekitar Istiqlal ikut berpartisipasi dalam layanan ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Peribadatan Masjid Istiqlal sekaligus Plt Ketua Harian BPMI, KH. Buchari Sail Attahiri, menambahkan layanan ini telah hadir sejak 2020 dan sangat diminati oleh masyarakat. 

"Kemarin itu kita buka sampai 400 orang dan peminatnya itu ribuan, tapi kita batasi sampai 400 orang. Jadi kami sediakan ruangan khusus bagi laki-laki dan perempuan peserta layanan ini di mana mereka bisa beristirahat dan menyimpan barang-barangnya," kata Buchari.

Kemudian, Direktur Bisnis Istiqlal Global Fund, Ahsanul Haq menambahkan akan terus menjalin sinergitas dengan Kemenparekraf untuk mengembangkan industri wisata halal di Istiqlal.

"istiqlal akan terus membangun sinergi dengan berbagai pihak, utamanya kementerian Pariwisata & kreatif untuk pengembangan Wisata Halal di Istiqlal, saat ini event kegiatan baik pertunjukan dan pameran maupun diskusi talkshow sering kami adakan sebagai bagian dari layanan kepada jamaah, dengan tema pengembangan usaha untuk UMKM, halal center, halal hub, & tema kewirausahaan, sinergi dengan industri ini juga bisa memberi dampak positif untuk jamaah yang ingin saling berinteraksi bisnis & kegiatan kegiatan filantropis" kata Ahsanul Haq. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…