PT SMF Sulap Kawasan Kumuh Jadi Rumah Layak Huni Bagi MBR di Semanggi Surakarta

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 Maret 2024 - 12:38 WIB

Dok. SMF
Dok. SMF

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Melalui Program Peningkatan Kualitas Rumah di Daerah Kumuh, PT. Sarana Multigriya Finansial (SMF) sebagai sebagai salah satu BUMN Special Mission Vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan mendirikan bangunan rumah baru bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), salah satunya di kawasan Semanggi, Surakarta.

SMF membangun 47 rumah layak huni di wilayah RW 1 Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta yang memiliki luas 3,72 Ha dan merupakan bagian dari kawasan Semanggi yang memiliki total luas 15.368 Ha. 

Pembangunan rumah layak huni di Semanggi merupakan hasil kerja sama antara SMF, Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Dinas Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta Pemerintah Kota Surakarta. Kolaborasi beberapa instansi ini telah memberikan manfaat nyata bagi masyarakat berupa kenyamanan bertempat tinggal.

"Sebagai BUMN di bawah Kementerian Keuangan salah satu tugas kami adalah membantu pendanaan infrastruktur perumahan, salah satunya membantu masyarakat untuk mendapatkan rumah layak huni,"kata Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo yang dikutip pada Rabu (20/3/2024). 

Kerja sama pembangunan rumah layak huni di kawasan Semanggi ditandatangani pada 17 Desember 2021. Berikutnya, proses pembangunan dimulai pada 25 Januari 2022 dengan menerapkan standar rumah layak huni sesuai standar Sustainability Development Goals (SDGs), yaitu mematuhi kriteria ketahanan bangunan, kecukupan luas tempat tinggal, akses air minum layak, akses sanitasi layak, dan keamanan bermukim. 

Beberapa bulan kemudian, pembangunan rumah selesai. Pada 18 November 2022, berlangsung peresmian rumah layak huni bagi MBR di Semanggi.

Ananta Wiyogo mengatakan, sumber dana SMF berasal dari APBN dan pasar modal, dan program Kotaku ini merupakan program jangka panjang yang kami lakukan dari Sabang sampai Merauke. 

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkannya bantuan ini dengan sebaik-baiknya dengan terus menjaga dan merawat rumahnya agar dapat memberikan manfaat jangka panjang,” jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…

Warga Mampang menerima bantuan BRI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:01 WIB

BRI Warung Buncit Serahkan Bantuan Sarana Kegiatan di 3 RT Wilayah Mampang

Kantor Cabang BRI (Bank Rakyat Indonesia) Warung Buncit Jaksel menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perlengkapan untuk kegiatan warga kepada RT001, RT008, RT,009 RW001 Kelurahan Mampang…

 PT Gunung Bara Utama (GBU) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kutai Barat.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 08:26 WIB

Gunung Bara Utama Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Kutai Barat

PT Gunung Bara Utama (GBU) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kutai Barat.