PT SMF Sulap Kawasan Kumuh Jadi Rumah Layak Huni Bagi MBR di Semanggi Surakarta

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 Maret 2024 - 12:38 WIB

Dok. SMF
Dok. SMF

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Melalui Program Peningkatan Kualitas Rumah di Daerah Kumuh, PT. Sarana Multigriya Finansial (SMF) sebagai sebagai salah satu BUMN Special Mission Vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan mendirikan bangunan rumah baru bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), salah satunya di kawasan Semanggi, Surakarta.

SMF membangun 47 rumah layak huni di wilayah RW 1 Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta yang memiliki luas 3,72 Ha dan merupakan bagian dari kawasan Semanggi yang memiliki total luas 15.368 Ha. 

Pembangunan rumah layak huni di Semanggi merupakan hasil kerja sama antara SMF, Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Dinas Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta Pemerintah Kota Surakarta. Kolaborasi beberapa instansi ini telah memberikan manfaat nyata bagi masyarakat berupa kenyamanan bertempat tinggal.

"Sebagai BUMN di bawah Kementerian Keuangan salah satu tugas kami adalah membantu pendanaan infrastruktur perumahan, salah satunya membantu masyarakat untuk mendapatkan rumah layak huni,"kata Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo yang dikutip pada Rabu (20/3/2024). 

Kerja sama pembangunan rumah layak huni di kawasan Semanggi ditandatangani pada 17 Desember 2021. Berikutnya, proses pembangunan dimulai pada 25 Januari 2022 dengan menerapkan standar rumah layak huni sesuai standar Sustainability Development Goals (SDGs), yaitu mematuhi kriteria ketahanan bangunan, kecukupan luas tempat tinggal, akses air minum layak, akses sanitasi layak, dan keamanan bermukim. 

Beberapa bulan kemudian, pembangunan rumah selesai. Pada 18 November 2022, berlangsung peresmian rumah layak huni bagi MBR di Semanggi.

Ananta Wiyogo mengatakan, sumber dana SMF berasal dari APBN dan pasar modal, dan program Kotaku ini merupakan program jangka panjang yang kami lakukan dari Sabang sampai Merauke. 

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkannya bantuan ini dengan sebaik-baiknya dengan terus menjaga dan merawat rumahnya agar dapat memberikan manfaat jangka panjang,” jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…