Indo Intertex 2024 Usung Kampanye Sustainability, Pameran Mesin Textile & Garment Terbesar di Asia Tenggara Siap Digelar

Oleh : Herry Barus | Rabu, 06 Maret 2024 - 09:27 WIB

Indo Intertex 2024 Usung Kampanye Sustainability
Indo Intertex 2024 Usung Kampanye Sustainability

INDUSTRY.co.id - SJakarta - Edisi ke-20 Pameran Tekstil dan Garmen terbesar di Asia Tenggarakembali di gelar di Jakarta International Expo. Diselenggarakan oleh Peraga Expo bersamadengan Asosiasi Petekstilan Indonesia (API) serta beberapa asosiasi lainnya.

Berlangsung selama 4 hari, Rabu, 20 – Sabtu, 23 Maret 2024, INDO INTERTEX 2024menghadirkan lebih dari 600 perusahaan dari 16 negara yang akan menampilkan penampilanspektakuler teknologi dan inovasi terbaru dari mesin tekstil, garmen dan digital printing, bahanbaku, teknologi digitalisasi, kimia tekstil, pewarna tekstil, aksesoris, hingga produk tekstillainnya di dalam area seluas 35.000 sqm.  Demikian keterangan dihimpun oleh Dessy, tim Redaksi

“Tekanan ekonomi global 2024 masih diliputi ketidakpastian, namun pemerintah optimisbahwa ekonomi Indonesia berdaya tahan dan industri (Tekstil dan Produk Tekstil) TPT, yangakan menjaga daya tahun perekonomian Indonesia,” ucap Dr. Ir. Taufik Bawazier, M.Si. PltDirektur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil (IKTF), KementerianPerindustrian.

Berdasarkan data yang diolah Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) KementerianPerindustrian, industri tekstil dan pakaian memberikan kontribusi sebesar 6.05% pada PDBindustri pengolahan non – migas dengan nilai ekspor mencapai USD 6,2 miliar pada periodeJanuari – September 2023. Melanjutkan tren postitif tersebut, di tahun 2024 Pemerintah akankembali menjalankan program andalan restrukturisasi mesin untuk para pelaku usaha industritekstil.

“Hasil evaluasi program restrukturisasi di tahun 2023 menunjukkan dampak positif terhadapkinerja industri penerima program insentif. Hal tersebut dilihat dari sisi peningkatan kapasitas,produktivitas, efisiensi energi, penyerapan tenaga kerja hingga penjualan,” jelas Jemmy Kartiwa Saatratmaja, Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia.

“INDO INTERTEX memainkan peran penting bagi para pelaku industri tekstil di Indonesiakarena menjadi satu – satunya wadah yang kredibel untuk merintis, memperluas hinggamemimpin transformasi sektor tekstil & garmen lokal dengan memperkenalkan teknologi barudari dunia,” ujar Paul Kingsen, Direktur Utama Peraga Expo.

Peraga Expo menargetkan akan ada sebanyak 12.000 pengunjung dari kalangan profesionalmaupun pelajar yang akan hadir memadati area pameran INDO INTERTEX 2024. Parapengunjung dapat mengakses area pameran secara gratis dengan mendaftarkan diri terlebihdahulu melalui link http://indointertex.com/visitor-registration/.

Beberapa nama besar di industri tekstil yang berpartisipasi di pameran tahun ini, antara lainAGANSA, SIGMA, APR, LENZING , dan masih banyak lagi. Teknologi-teknologi yangdiperkenalkan adalah teknologi massive yang mendukung konsep industri ramah lingkungan.

Selama periode pameran, INDO INTERTEX 2024 juga akan menghadirkan rangkaian sesiinformatif dan mendidik tentang tren dan teknologi terkini di industri tekstil dan garmen yangdikemas dalam berbagai seminar. Acara ini akan diselenggarakan bersama asosiasi dan jugakomunitas pendukung yang akan membahas berbagai tema menarik, yang akan dihadiri parapakar dan ahli tekstil dari pemerintah, asosiasi, dan juga peserta pameran.

Menjalankan kampanye sustainability merupakan rangka dalam mengurangi sampah tekstildi Indonesia. Tahun ini, INDO INTERTEX bekerja sama dengan komunitas untuk membuatprogram kreatif dalam bentuk kompetisi reworks, seperti mengubah yang biasa menjadi luarbiasa dengan materi pakaian bekas pakai untuk para mahasiswa, khususnya mahasiswafashion. Tentunya, akan kan ada banyak lagi program lain yang diselenggarakan, buah darikolaborasi dengan komunitas – komunitas kreatif lainnya.

Penting bagi pelaku bisnis industri TPT untuk hadir di acara ini guna meningkatkan wawasanmengenai tren, inovasi dan, teknologi terbaru dalam industri tekstil dan garmen serta memperluas jaringan bisnis melalui program B2B match making.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Sabtu, 27 April 2024 - 17:20 WIB

Ini Harapan Pengusaha Kawasan Industri untuk Pemerintahan Prabowo - Gibran

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih.

Warung madura

Sabtu, 27 April 2024 - 14:15 WIB

KemenKopUKM Tak Pernah Larang Warung Madura Buka 24 Jam

Menanggapi pemberitaan yang beredar di tengah masyarakat terkait dengan jam operasional warung madura, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tidak pernah melarang warung madura untuk beroperasi…

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Sabtu, 27 April 2024 - 12:52 WIB

Prodi Bisnis Digital, Jurusan Buat Kamu si Paling Gen Z

Bagi kamu, Gen Z , tentu sudah tidak asing lagi dengan Jurusan Bisnis digital. Jurusan ini mempelajari tentang cara merancang bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital. Kenapa Kamu…

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…