Sinergi Skala Global: PIS, KPI, dan TotalEnergies Teken HoA Angkutan Minyak dan Terminal Energi

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 02 Maret 2024 - 00:50 WIB

PT Pertamina International Shipping (PIS) dan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menandatangani Head of Agreement (HOA) bersama TOTALENERGIES TRADING SA (TOTSA). Kesepakatan ini mencakup kerja sama dalam bidang transportasi perkapalan minyak, terminal energi, dan penyimpanan pasokan minyak mentah.
PT Pertamina International Shipping (PIS) dan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menandatangani Head of Agreement (HOA) bersama TOTALENERGIES TRADING SA (TOTSA). Kesepakatan ini mencakup kerja sama dalam bidang transportasi perkapalan minyak, terminal energi, dan penyimpanan pasokan minyak mentah.

INDUSTRY.co.id, London - PT Pertamina International Shipping (PIS) dan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI)  menandatangani Head of Agreement (HOA) bersama  TOTALENERGIES TRADING SA (TOTSA). Kesepakatan ini mencakup kerja sama dalam bidang transportasi perkapalan minyak, terminal energi, dan penyimpanan pasokan minyak mentah.

Penandatanganan ini dilakukan bersama-sama oleh CEO KPI Taufik Adityawarman, Director of Crude and Petroleum Tanker PIS Brilian Perdana, dan President Trading and Shipping TOTSA TotalEnergies Thomas Waymel, pada pekan lalu.

Director of Crude and Petroleum Tanker PIS Brilian Perdana memaparkan, melalui kesepakatan bisnis ini, PIS memperoleh prioritas untuk memasok kapal dengan _rate_ pasar yang kompetitif,  tentunya dengan tetap mengutamakan aspek HSSE dan keselamatan sesuai dengan standar internasional dan komersial perjanjian.

Penyediaan kapal ini lanjutnya, termasuk untuk memenuhi kebutuhan TOTSA TotalEnergies dan Kilang Pertamina Internasional (KPI). Bekerja sama dengan KPI, PIS atau afiliasinya akan menyediakan kapal baik berupa tanker VLCC, tanker jenis Suezmax, Aframax, maupun ragam tanker lainnya sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Melalui kolaborasi ini, PIS juga akan menjajaki  peluang bisnis terminal penyimpanan minyak mentah bersama dengan kedua mitra tersebut.

“PIS sebagai operator tanker terbesar di Asia tentunya siap berkolaborasi dengan mitra-mitra skala global, termasuk TOTSA untuk pengangkutan muatan internasional. PIS, juga terus mendukung KPI untuk pengangkutan minyak mentah untuk memenuhi kebutuhan,” ujarnya.

HoA ini, kata Brilian, menunjukkan bahwa PIS terus bertumbuh di pasar domestik, selaras dengan bertumbuhnya kebutuhan energi di Indonesia. Selain itu korporasi juga serius menggarap pasar global untuk menjadi pemain bisnis logistik energi yang diperhitungkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi berdayakan apoteker lewat platform PharmAcademy.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:42 WIB

Setahun Pharmacademy, Kuatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia

Inovasi Pharmacademy dari Sanofi hadirkan platform PharmAcademy yang telah menguatkan Kompetensi 2.750 Apoteker di Indonesia.

BNI Agen46

Sabtu, 25 Mei 2024 - 21:38 WIB

BNI Agen46 Bidik Seratus Ribu Pengunjung Java Jazz Festival

BNI Agen46, mitra PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI yang menyediakan berbagai layanan jasa keuangan, memeriahkan Jakarta International BNI Java Jazz Festival (BNI JJF) 2024 yang…

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…