Dari Jababeka, Chemco Pasok Alumunium Part ke Seluruh Dunia

Oleh : M. Amru, Eddi, Abi | Jumat, 01 Maret 2024 - 09:30 WIB

Albert Budiman Direktiur PT Chemco Harapan Nusantara
Albert Budiman Direktiur PT Chemco Harapan Nusantara

INDUSTRY co.idJakarta, (In-depth) Interview - Kawasan Industri Jababeka Cikarang (KIJA) berhasil menjadi salah satu pusat perekonomian Indonesia karena menjadi destinasi utama unggulan para investor. 

Lengkapnya fasilitas infrastruktur yang dimiliki kawasan ini terbukti mampu menopang perkembangan industri serta kemudahan dalam berbisnis. 

Hal inilah yang menjadi pertimbangan para investor atau tenant, tak terkecuali PT. Chemco Harapan Nusantara. 

Ya, di tahun 1994, Chemco memulai debut produksinya di Jababeka. 

Perseroan yang awalnya hanya memproduksi brake system untuk truk ringan dan truk berat (aftermarket) berlokasi di kawasan Kapuk Muara, Jakarta Utara ini berhasil menjelma menjadi perusahaan manufaktur komponen untuk perusahaan-perusahaan OEM (original equipment manufacturer) otomotif untuk produksi skala nasional hingga pasar global.

"“Dulu kami hanya menjual kampas rem untuk truk di pasar-pasar di daerah Sawah Besar, Jakarta. Kemudian berkembang menjadi perusahaan manufaktur yang memproduksi sparepart kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, meliputibrake system, aluminium casting dan casting wheels,” ujar Albert Arianto Budiman, Direktur PT Chemco Harapan Nusantara saat ditemui redaksi INDUSTRY.co.id dikantornya.

Untuk mengetahui lebih dalam terkait perjalanan panjang bisnis Chemco, berikut petiikan wawancaranya.

Sejak kapan Chemco Masuk ke Jababeka. Apa pertimbangannya?

Chemco ber ekspansi ke Kawasan Industri Jababeka Cikarang pada tahun 1994, tetapi proses pembelian lahannya sudah mulai dilakukan pada  tahun 1992-1993. Meningkatnya permintaan pasar dan tingginya penjualan pada saat itu mendorong perusahaan untuk melakukan perluasan pabrik. Pasalnya, pabrik sebelumnya di area Kapuk berdiri di atas lahan hanya sekitar 3.500 meter, dengan bangunan meliputi pabrik plus kantor sekitar 3.000 meter. Sementara di Cikarang kami memiliki lahan seluas 8 hektar.

Kantor PT Chemco Harapan Nusantara

Apa saja yang diproduksi dari plant tersebut?

Produk yang diproduksi adalah sparepart motor,mobil dan casting wheels (velg) yang meliputi plant di Jababeka Cikarang dan plant di Karawang. Untuk produk kategori sepeda motor diproduksi di kedua plant itu, sedangkan produk di kategori mobil dan casting wheels (velg) hanya ada di Karawang saja.

Proses produksi mulai dari awal peleburan dan produksi/perakitan, serta konsep dilakukan Chemco sendiri agar produksi lebih efisien dan kualitas terjaga. Untuk menekan biaya, kami banyak melakukan di inhouse, termasuk pembuatan supporting sparepart.

Komponen yang diproduksi, meliputi brake system, aluminium part, engine part, structural alumunium dan velg. Kemudian ada lampu LED dan cover di luar otomotif, meski kuantitasnya tidak sebesar otomotif alumunium part. Termasuk alumunium die casting untuk produk furniture, sound system dan gitar, bahkan Chemco juga sudah memasok ke lebih 30 Perusahaan yang sudah teregistrasi untuk electric vehicle.

Bahan baku alumunium dipasok dari mana?

Bahan baku alumuniumnya dipasok dari Indonesia dari PT Inalum. Sebagai wujud dukungan gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang di keluarkan Pemerintah dan sesuai dengan kebijakan pemerintah maka ingkat komponen dalam negeri TKDN dari produk-produk Chemco sangat tinggi, bahkan di atas standar yang ditetapkan pemerintah. Brake system untuk produk sepeda motor TKDN nya mencapai 95% dan mobil mencapai 70% .

Produk apa saja yang menjadi unggulan Chemco khususnya di pasar aftermarket?

Semua produk yang diproduksi Chemco merupakan produk unggulan karena safety part. Tapi ada 3 merek yang ditawarkan di pasar aftermarket, yakni Samurai Brake untuk merek brake system, Chemco Wheel untuk velg sepeda motor dan Torsion Wheel untuk velg mobil. Ketiga merek ini sudah dipasarkan di Indonesia dan rencananya bakal di ekspor.

Torsion Wheel mempunyai desain elegan dan dibuat menggunakan mesin Eropa yang di kombinasikan standar manufaktur Jepang. Awal dirilis pada akhir tahun 2019 lalu, merek ini mendapatkan animo sangat luar biasa dari penggemar otomotif di Indonesia. Namun, adanya pandemi Covid-19 membuat pemasarannya tertunda.

Boleh dibilang pemasarannya baru memulai lagi di tahun ini, setelah sebelumnya vakum selama dua tahun. Saat ini pemasarannya dilakukan melalui distributor dan dealer, dimana sudah ada kerja sama dengan 25 dealer di seluruh Indonesia dan 2 distributor Internasional.

Dalam membangun brand awareness dari Torsion Wheel, kami secara regular mengikuti pameran-pameran otomotif, seperti Indonesian Modification Expo, Indonesia International Motor Show dan  Gaikindo Indonesia International Auto Show.

Produk PT Chemco Harapan Nusantara

Bagaimana dengan pangsa pasar dari Chemco?

Pangsa pasar untuk brake system, begitu pun casting wheel memang 85%-90% masih mengandalkan pasar domestik. Namun menariknya produk yang dikirim ke konsumen lokal pada akhirnya akan di ekspor oleh mereka,

Total ekspor Chemco ke pasar internasional sebesar 15%. Dikirim dalam bentuk completely built up (CBU) atau completely knocked down (CKD) ke pasar luar negeri, meliputi Amerika Serikat, Brazil, Eropa, Jepang dan negara dunia lainnya.

Apa rencana strategis Chemco tahun ini?

Rencana strategis untuk tahun ini, Chemco akan melakukan ekspansi di plant Karawang untuk menaikan penjualan domestik dan ekspor, dengan kenaikan kurang lebih 5%-10% setiap tahunnya. Peningkatan ini sejalan dengan ambisi Chemco yang menargetkan menjadi market leader alumunium part se-Asia.

Untuk mencapainya tentunya pasar ekspor perlu ditingkatkan, tidak hanya berorientasi pada pasar aftermarket saja, tetapi juga merambah ke pasar electric vehicle, baik di kategori sepeda motor maupun mobil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Selly Veronica, Kaprodi Arsitektur President University

Jumat, 20 September 2024 - 21:57 WIB

Hebat! Prodi Arsitektur President University Presentasikan Tiga Paper di Simposium Kyoto Jepang

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Prodi Arsitektur President University. Meski baru seumur jagung, Prodi yang didirikan di tahun 2022 ini telah mampu unjuk diri dalam berbagai pentas…

Open Tournament Lomba Menembak Piala Panglima TNI berlangsung dari tanggal 20-22 September 2024 dan diikuti oleh TNI, Polri dan Sipil sebanyak 1.513 orang

Jumat, 20 September 2024 - 21:23 WIB

Kasau Resmi Buka Open Tournament Lomba Menembak Piala Panglima TNI 2024

(Puspen TNI) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono mewakili Panglima TNI membuka secara resmi Open Tournament Lomba Menembak Piala Panglima TNI dalam rangka…

BRI insurance serahkan klaim nasabah unit BRI pasar Kutoarjo

Jumat, 20 September 2024 - 20:39 WIB

BRI Insurance Bersama BRI Serahkan Pembayaran Klaim Kepada Pedagang Pasar Kutoarjo

BRI Insurance (BRINS) bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyerahkan klaim asuransi kepada nasabah di Pasar Kutoarjo yang tertimpa musibah kebakaran pada Jumat,16 Agustsus 2024 lalu.

Purjono Agus Suhendro, pakar pemasaran dari Indonesia Marketing Strategy Consultant (IMSC)

Jumat, 20 September 2024 - 19:00 WIB

4 Penyebab Utama Kebangkrutan Tupperware Menurut Pakar Pemasaran Ini

Jakarta – Tupperware Brands Corporation (NYSE: TUP), sebelumnya bernama Tupperware Corporation, menambah daftar merek global legendaris yang akhirnya bangkrut menyusul Kodak di Jepang, Lehman…

Dalam waktu dekat, Hutama Karya akan melakukan penyesuaian tarif pada Tol Terpeka

Jumat, 20 September 2024 - 17:56 WIB

Lima Tahun Beroperasi, Hutama Karya Segera Berlakukan Tarif Baru Tol Terpeka

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) akan segera melakukan penyesuaian tarif pada Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, menyusul terbitnya Surat Keputusan (SK) Menteri…