Studi Georgia Small Business Development Center Membuktikan, Data Analitik Tingkatkan Penjualan bagi Bisnis Skala Kecil

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 01 Februari 2024 - 08:25 WIB

Gibu Mathew, Vice President and General Manager in Asia-Pacific at Zoho Corp
Gibu Mathew, Vice President and General Manager in Asia-Pacific at Zoho Corp

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkap sebuah wawasan yang luar biasa: bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata, mengalami peningkatan penjualan sebesar 15% dibandingkan dengan bisnis yang belum menggunakan teknologi ini.

Temuan ini menggarisbawahi dampak signifikan yang dapat ditimbulkan oleh analisis data, terutama bagi usaha kecil. Namun, tentu hadir bersama beberapa tantangan utama yang dihadapi oleh bisnis skala kecil yang dapat diatasi oleh teknologi data analitik secara efektif.

Tantangan Utama

Salah satu tantangan utama yang menghalangi bisnis skala kecil mencapai kesuksesan adalah data yang terkotak-kotak, atau bahkan tertutup. Informasi dari aplikasi, spreadsheet, dan database memberikan sebuah gambaran seberapa baik kinerja bisnis pada sistem operasi, penjualan, pemasaran, dan bidang keuangan. Namun, tanpa kemampuan untuk menggabungkan berbagai informasi tersebut dalam satu sumber kebenaran, pimpinan perusahaan mungkin melewatkan banyak informasi detail penting. Dengan data analitik, informasi tersebut disimpan dalam gudang data, yang memberikan para pemimpin bisnis pandangan menyeluruh mengenai kesehatan bisnis mereka.

Gibu Mathew, Vice President and General Manager in Asia-Pacific at Zoho Corp mengatakan “Kualitas data yang buruk adalah masalah lain yang meningkatkan biaya. Sering kali, masalah ini muncul dari ketergantungan pada proses penyiapan data secara manual. Bisnis dapat mengatasi hal ini jika mereka memiliki alat untuk memeriksa dan memastikan kualitas data, seperti sebuah platform yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI: Artificial Intelligence) untuk mendukung persiapan data bagi sistem analitik.”

Selain itu, karena mereka memiliki lebih sedikit sumber, bisnis skala kecil tidak mampu menerjemahkan data ke dalam angka karena mereka harus fokus pada tugas-tugas penting lainnya. Sebuah platform data analitik dapat memperbaiki hal ini dengan memvisualisasikan data ke dalam chart dan widget KPI yang mudah dipahami. Dengan cara ini, staf yang tidak memiliki latar belakang analitik dapat memahami dan bertindak berdasarkan data.

Peningkatan Efisiensi Operasional

Data analitik dapat membantu pemilik bisnis skala kecil dalam meningkatkan efisiensi operasional dan kinerja mereka secara keseluruhan. Pertama, data analitik dapat melakukan sebagian besar pekerjaan besar saat menyiapkan data dan menerjemahkannya menjadi informasi yang mudah dipahami. Kemampuan tersebut memungkinkan pemilik bisnis skala kecil untuk fokus dalam merumuskan strategi dan mendukung pelanggan mereka.

Kedua, UKM dapat memanfaatkan teknologi analitik untuk mengoptimalkan biaya pemasaran dengan mengidentifikasi pengeluaran yang tidak perlu yang dapat dirasionalisasikan. Biaya yang dihemat kemudian dapat dialihkan untuk meningkatkan kampanye pemasaran yang gagal atau diinvestasikan untuk memenangkan prospek.

Ketiga, mengevaluasi akuisisi dan lifetime value sangat penting untuk meningkatkan retensi. Teknologi analitik dapat menguraikan informasi ini, yang menyajikan kejelasan respons pelanggan pada produk. Hal ini akan memberikan pencerahan dalam meningkatkan penawaran, mendorong personalisasi, dan memaksimalkan kepuasan pelanggan.

Terakhir, bisnis akan lebih mudah memperluas penawaran mereka ke luar negeri. Dengan menghubungkan platform data analitik mereka dengan sumber data eksternal, seperti Portal Nasional SMesta, bisnis di Indonesia bisa mendapatkan gambaran lengkap mengenai target pasar, termasuk peluang, perilaku pelanggan, dan strategi pemasaran yang efektif. Hal ini, pada gilirannya, memungkinkan bisnis skala kecil untuk mengakses pelanggan baru dan mendapatkan keunggulan kompetitif dibandingkan perusahaan internasional.

Solusi Kebutuhan Bisnis Skala Kecil

Zoho Analytics secara khusus memenuhi kebutuhan bisnis skala kecil, dan apa yang menjadikan Zoho Analytics pilihan yang tepat bagi mereka. Zoho Analytics menawarkan dua jenis perspektif yang dapat memberi informasi kepada bisnis skala kecil terkait strategi paling efektif untuk mendapatkan pelanggan baru. Bagi mereka yang ingin meningkatkan layanan pelanggan, Zoho Analytics memberikan wawasan tentang volume tiket bulanan dan waktu penyelesaian agen dukungan. Dari sana, para pemimpin bisnis dapat menyelenggarakan program pelatihan guna menyempurnakan keterampilan agen dan merencanakan alokasi sumber daya agar siap menghadapi lonjakan permintaan pelanggan di masa depan.

Zoho Analytic juga menampilkan kondisi operasi e-commerce saat ini sehingga memungkinkan para pemimpin bisnis menghadirkan pengalaman belanja online yang intuitif dan menarik bagi penggunanya. Informasi seperti penjualan produk dan kinerja pemasaran berguna dalam mengoptimalkan kampanye pemasaran sehingga bisnis skala kecil dapat menarik pelanggan sebanyak mungkin. Selain itu, dengan memeriksa kinerja situs web dan metrik kesehatan operasional, bisnis dapat mengubah proses tertentu menjadi lebih efisien dan ramah pengguna, termasuk dalam hal pembayaran dan pengiriman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelar BTN Jakim 2024, Pemda DKI Jakarta Bakal Tutup 34 Ruas Jalan

Minggu, 12 Mei 2024 - 21:13 WIB

Gelar BTN Jakim 2024, Pemda DKI Jakarta Bakal Tutup 34 Ruas Jalan

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas dan penutupan 34 ruas jalan yang bersinggungan dengan rute acara BTN Jakarta International…

Dok. Cheeky Peeky Playhous

Minggu, 12 Mei 2024 - 14:45 WIB

PAUD Kekinian Cheeky Peeky Playhouse Tawarkan Kurikulum Reggio Emilia Bagi Anak

Pendidikan merupakan aspek penting yang perlu didapatkan anak, sebelum memasuki Sekolah Dasar (SD), anak-anak biasanya melewati jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Stasiun Kedundang

Minggu, 12 Mei 2024 - 13:10 WIB

Pengamat Minta KAI Tanggung Jawab Usai Bongkar Cagar Budaya Stasiun Kedundang

PT Kereta Api Indonesia (KAI) diduga telah membongkar bangunan Cagar Budaya Stasiun Kedundang, Kulon Progo, Yogyakarta, tanpa izin pihak Kadipaten Pakualaman.

Ssstiktok

Minggu, 12 Mei 2024 - 12:55 WIB

Praktik Terbaik Ssstiktok untuk Download Video TikTok dengan Ama

Di ranah media sosial, TikTok telah muncul sebagai kekuatan besar yang menarik banyak sekali khalayak global. Videonya yang pendek dan menarik telah memikat pengguna, mengumpulkan miliaran unduhan,…

Ilustrasi Ruko di boulevard Villa Kencana Cikarang

Sabtu, 11 Mei 2024 - 21:27 WIB

Villa Kencana Cikarang Tawarkan Ruko dan Runita di Boulevard, Harga Mulai Rp400 Jutaan

Perumahan Villa Kencana Cikarang yang dikembangkan oleh Arrayan Group sejak tahun 2016 kini telah berkembang pesat, seiring pertumbuhan ekonomi yang semakin bertumbuh di kawasan perumahan.