Primaya Hospital dan Xurya Resmikan Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Atap Rumah Sakit

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 02 Januari 2024 - 23:18 WIB

Peresmian pemasangan pembangkit listrik tenaga surya pertama di Primaya Hospital Bekasi Timur yan menjadi PLTS pertama di atap rumah sakit.
Peresmian pemasangan pembangkit listrik tenaga surya pertama di Primaya Hospital Bekasi Timur yan menjadi PLTS pertama di atap rumah sakit.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Primaya Hospital Group bekerjasama dengan Xurya untuk membangun dan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di atap gedung rumah sakit. Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya pertama di Primaya Hospital dilakukan di Primaya Hospital Bekasi Timur dengan panel seluas 2800 m2. 

Panel surya tersebut dapat menghasilkan energi bersih sebanyak 524 ribu kWh setiap tahunnya atau setara dengan penekanan emisi karbon sebesar 469 ribu kilogram per tahun. Sebagai gambaran, penekanan emisi karbon yang dihasilkan dari pemasangan PLTS Atap ini setara dengan dampak positif penanaman lebih dari 6.000 pohon.

Penggunaan panel surya dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan dampak lingkungan negatif lainnya yang dihasilkan dari sumber energi konvensional. Hal ini membantu menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Menurut Adhi Laksmanaputra, Vice President Commercial Xurya menyampaikan, pemasangan PLTS Atap di Primaya Hospital Bekasi Timur ini bukan hanya suatu proyek transisi energi saja. Tapi juga berkaitan langsung dengan misi kesehatan Primaya Hospital. 

"Untuk mendukung aspirasi RS Primaya, Xurya tidak hanya membantu Primaya Hospital Bekasi Timur dalam instalasi PLTS Atap saja. Ke depannya kami juga turut memberikan layanan operations & maintenance secara rutin untuk memaksimalkan performa PLTS Atap," beber Adhi.

"Selain itu, pihak Primaya Hospital Bekasi Timur juga dapat memonitor kinerja sistem PLTS Atap secara real-time dan transparan melalui platform kami,” tambah Adhi.

Selain penggunaan panel surya, Primaya Hospital Group juga menerapkan program keberlanjutan lainnya. Seperti upaya pengurangan limbah plastik dengan mengganti air minum kemasan sekali pakai dengan tempat minum yang dapat digunakan berulang kali, menggunakan plastik obat dari bahan degradable, dan mengurangi penggunaan kertas melalui digitalisasi.

Isu pemanasan global telah menjadi perhatian seluruh dunia saat ini, termasuk di industri kesehatan. Dimana dibutuhkan energi yang besar untuk operasional pelayanan kesehatan sehari-harinya. 

"Besar harapan kami, dengan pemasangan panel surya di gedung rumah sakit kami, dapat memberikan kontribusi positif untuk kesehatan bumi dan lingkungan yang berkelanjutan,” Leona A. Karnali, CEO Primaya Hospital Group mengatakan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dosen UNJ menggelar pelatihan kurikulum Merdeka Belajar di Kepulauan Seribu.

Kamis, 09 Mei 2024 - 18:53 WIB

Latih Kurikulum Merdeka, Dosen UNJ Perkuat Kompetensi Guru Kepulauan Seribu

Untuk meningkatkan mutu Pendidikan, dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memperkuat kompetensi guru di Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta melalui Pelatihan Kurikulum Merdeka…

Gedung Bank Mandiri Pusat

Kamis, 09 Mei 2024 - 18:40 WIB

Prospek Kinerja Kian Membaik, Fitch Kerek Rating Bank Mandiri Jadi BBB

Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings baru saja mengafirmasi peringkat Internasional Jangka Panjang dan Jangka Pendek (International Long-Term Foreign & Local Currency Rating) untuk…

Mitsubishi Pajero Sport Elite Limited Edition

Kamis, 09 Mei 2024 - 17:15 WIB

Mitsubishi Pajero Sport Elite & Xpander Cross Elite Resmi Dijual Terbatas di RI, Segini Harganya...

Mitsubishi Motors akhirnya meluncurkan Mitsubishi Pajero Sport Elite Limited Edition dan Xpander Cross Elite Limited Edition di pasar otomotif Indonesia.

Kelapa Sawit (agroindonesia)

Kamis, 09 Mei 2024 - 16:53 WIB

Tak Main-main, Polda Kalteng Bakal Tidak Tegas Pencurian TBS Kelapa Sawit

Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah mulai merespon banyaknya aduan masyarakat terkait kasus pencurian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang marak terjadi di wilayah hukum Polda Kalteng.

Peluncuran produk baru Indogress

Kamis, 09 Mei 2024 - 16:44 WIB

Indogress Luncurkan Produk Baru Dengan Fitur Slip Guard di Megabuild dan Keramika Indonesia 2024

PT Asri Pancawarna, salah satu produsen granit porcelain tile terbesar di Indonesia dengan merek Indogress, meluncurkan rangkaian produk terbarunya di Pameran Megabuild Indonesia & Keramika…