Dewan Pers Sambut Baik Kehadiran Serikat Media Siber Indonesia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 27 Juli 2017 - 04:53 WIB

Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo (Foto: ist)
Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo (Foto: ist)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Ketua Dewan Pers, Yoseph Adi Prasetyo, hadir dan menjadi pembicara dalam acara Rakernas I Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Surabaya,

Kehadirannya ini sebagai bukti bahwa dia menyambut baik kehadiran SMSI yang bisa memayungi media online.

"Saya hadir di Rakernas sebagai komitmen dan saya menyambut baik kehadiran SMSI karena ada kevakuman. Radio, televisi, surat kabar sudah memiliki konstituen sementara online belum," jelasnya Rabu (26/7/2017)

Menurutnya, SMSI sudah memenuhi syarat yang ditetapkan Dewan Pers yakni telah mencapai syarat asosiasi media sebagai konstituen Dewan Pers.

Syarat tersebut adalah SMSI telah memiliki kepengurusan berikut Akta, AD, ART, kepengurusan telah mempresentasikan kepemilikan perusahaan media, beranggotakan minimal 200 perusahaan media serta memiliki cabang dan kepengurusanny di minimal 15 propinsi di Indonesia.

"Jumat, 1 September 2017 silakan daftar ke Dewan Pers sebagai konstituen dan bersama Dewan Pers merumuskan kebijakan. Nanti SMSI jadi konstituen yang ke-8, ungkap Stanley, sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan itu, Stanley menyampaikan tren media siber terus meningkat. Tapi apakah hal itu dibarengi dengan meningkatnya iklan, dia memastikan tidak. Karena yang mendapat iklan adalah penyedia jasa internet. Ini menjadi salah satu kendala kenapa iklan belum masuk. Karena masih adanya feednews dan hoax di sosial media.

Karena itu, dia mengingatkan, tugas SMSI adalah membereskan media online dari berita hoax dengan demikian media online akan meraih kepercayaan publik.

Catatan Dewan Pers data jumlah pembaca media, untuk pembaca media cetak menurun 30 persen, pendengar radio menurun 10 persen, pemirsa televisi meningkat 200 persen. Sementara pembaca media siber saat ini meningkat 500 persen.

Tumbuhnya jurnalisme di media online dan juga kualitas konten belum seiring sejalan dengan iklan padahal pertumbuhan media online ini menjanjikan.

Sementara itu, Ketua Umum SMSI, Teguh Santosa, menyampaikan terima kasih atas kesempatan emas yang diberikan Ketua Dewan Pers tersebut. Dia meyakinkan bahwa SMSI sudah memenuhi semua persyaratan yang diminta Dewan Pers. Akta pendirian, AD dan ART, juga kepengerusan di minimal 15 provinsi dan anggota minimal 200 perusahaan media.

"Saat ini SMSI sudah memiliki kepengurusan di 27 provinsi. Dan anggota di setiap provinsi antara 20 hingga 50 perusahaan media. Bahkan di Jawa Timur saja anggota SMSI sebanyak 100 perusahaan media," ungkapnya.

Lebih lanjut Teguh mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan proses pendaftaran. "Kami akan bawa semua dokumen persyaratan ke Dewan Pers pada tanggal 1 September 2017. Kami akan membawa bukan hanya pengurus pusat, tapi juga pengurus daerah dan dewan penasihat," pungkas Teguh.

Sementara itu saat ditemui awak media, Ketua Dewan Penasehat Serikat Media Siber Indonesia ( SMSI) Provinsi DKI Jakarta, Hj. Endang Werdiningsih berharap SMSI Provinsi DKI Jakarta yang diketuai Nandi Nanti harus selalu update perkembangan media siber yang ada di seluruh dunia sehingga bisa terus berkembang.

Endang yang juga Ketua PWI DKI Jakarta dalam percakapan dengan awak media di sela-sela Rakernas I SMSI, Rabu (26/7/2017) mengatakan SMSI DKI Jakarta dapat menjadi wadah dalam arti luas dari media siber yang ada di Provinsi DKI Jakarta.

"Jadi bukan hanya sekadar wadah bergabungnya media- media siber saja, atau hanya digunakan untuk memverifikasi sebuah media siber layak atau tidak menjadi anggota SMSI, tapi lebih dari itu,harap Endang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…