Jadi Penyakit Berbahaya, Perpusnas Gelar Webinar Kesehatan Bahas Hipertensi dan Stroke

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 01 Desember 2023 - 19:56 WIB

Perpusnas gelar Webinar kesehatan bahas bahaya penyakit hipertensi dan stroke.
Perpusnas gelar Webinar kesehatan bahas bahaya penyakit hipertensi dan stroke.

INDUSTRY.co.id - Jakarta -  Hipertensi mendapat julukan silent killer, karena merupakan salah satu penyakit berbahaya. Karena itulah menjadi bahasan di Webinar Kesehatan yang digelar Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

“Biasanya hipertensi didefinisikan sebagai tekanan darah di atas 140 mmHg dan diastoliknya 90 mmHg,” ujar dokter Firlihanny Anggaraini dari Klinik Pratama Perpunas pada Webinar Kesehatan Hipertensi dan Stroke, Jumat, (1/12/2023).

dr. Firly mengatakan, ada faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan darah, misalnya genetik, usia, jenis kelamin, stress fisik, stress psikis, obesitas, pola hidup, kurangnya aktifitas fisik, mengonsumsi alkohol atau kopi yang berlebihan, hingga kebiasaan merokok.

Gejala hipertensi bisa dilihat dari gejalanya, seperti sakit kepala, jantung berdebar, pandangan kabur, kecemasan, dan mudah lelah.

“Tapi ada gejala yang lebih mengkhawatirkan, yaitu tanpa gejala. Itulah kenapa disebut silent killer,” terang dokter firli.

Sebelum terlambat, siapa pun bisa mencegahnya dengan cara mengurangi konsumsi garam, diet gizi seimbang, menerapkan pola hidup sehat, melakukan aktifitas fisik teratur, dan mengontrol berat badan.

Sementara itu, spesialis penyakit dalam dari Laboratorium Prodia dokter Fransiska memberikan prediksi fakta mengejutkan, di mana pada tahun 2025 nanti kurang lebih 1,5 miliar orang dewasa di dunia mengalami hipertensi.  

“Hipertensi tidak cukup dengan mengonsumsi obat tapi harus kontrol karena bisa jadi ada obat yang tadinya sesuai, malah tidak karena komplikasi atau sebab lain,” imbuh dr. frasiska.

Spesialis saraf dari Rumah Sakit Bina Husada Cibinong dokter Aprilia menambahkan selain hipertensi yang dianggap sebagai silent killer, penyakit stroke juga sama bahayanya.

Stroke menurut organisasi WHO adalah suatu keadaan dimana ditemukan tanda-tanda klinis yang berkembang cepat berupa defisit neurologic fokal dan global yang dapat memberat dan berlangsung selama 24 jam atau lebih dan bisa menyebabkan kematian tanpa adanya penyebab lain yang jelas selain vaskular. 

Ada faktor resiko yang tidak dapat diubah dalam penyakit stroke, salah satunya faktor usia yang terus bertambah. Penyakit stroke meningkat di usia 55 tahun. Orang yang berkulit gelap lebih mudah menderita stroke dibanding berkulit putih. Sedangkan faktor yang dapat diubah seperti hipertensi, diabetes, merokok, hingga gaya hidup.

“Penderita stroke pria lebih banyak dari wanita. 52% berbanding 48%. Dari data WHO sepanjang rentang tahun 2000-2019, penyakit stroke merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia terbanyak setelah penyakit jantung,” urai dokter Aprilia.  

Gejala stroke bisa diamati dari senyum yang tidak simetris, gerak separuh melemah, bicara pelo, kebas, pandangan rabun, sampai sakit kepala berat. Tidak perlu semua dialami, dengan salah satu gejala pun bisa menjadi penyebab stroke.

Penyakit stroke di Indonesia menurut situs Kementerian Kesehatan merupakan penyebab kematian tertinggi pada tahun 2014. Sehingga dalam dunia kesehatan dikenal filosofi mencegah lebih baik dari pada mengobati. 

“Tentu ini bukan sekedar filosofi, tapi justru investasi masa depan karena Kesehatan merupakan harta tak ternilai,” imbuh Plt. Kepala Pusat Analisis Perkembangan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas Dewi Kartikasari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mitsubishi L100 EV

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:15 WIB

Ini Dia Sejumlah Keuntungan Miliki Mitsubishi L100 EV

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya mengumumkan dimulainya penjualan Mitsubishi L100 EV di Indonesia, termasuk harga yang ditawarkan.

Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) Hadir Kembali di 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:02 WIB

Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) Hadir Kembali di 2024 Dengan Semangat Kewirausahaan dan Ekonomi Untuk Bisnis Yang Berkelanjutan

Seiring dengan pulihnya ekonomi Global dan tumbuhnya ekonomi Nasional, Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) kembali hadir di tahun 2024 sebagai pameran dagang Internasional terdepan dan utama di…

Retribusi Pasar Naik Mendadak, Ketua DPRD Klungkung Panggil Dinas Terkait

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:56 WIB

Retribusi Pasar Naik Mendadak, Ketua DPRD Klungkung Panggil Dinas Terkait

Pedagang Pasar Tematik Semarapura mendatangi gedung DPRD Klungkung pada Senin lalu (19/02/2024). Para pedagang yang berjumlah 80 orang tersebut meminta peraturan kenaikan tarif retribusi dilakukan…

Mitsubishi XForce

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:35 WIB

Beli Mitsubishi Xforce di IIMS 2024 Banjir Segudang Promo

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan segudang promo-promo menarik di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran,…

Pegawai Jtrust Bank

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:23 WIB

Tahun 2024, J Trust Bank Optimis Penyaluran Kredit dan Dana Pihak Ketiga Lanjut Positif

PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) mencatat pertumbuhan positif untuk kredit dan dana pihak ketiga (DPK) per Januari 2024.