Kupas Marketing Outlook 2024, MarkPlus Berikan Bekal Pemasar Hadapi Tahun Politik

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 01 Desember 2023 - 07:02 WIB

Kehidupan di Kota Jakarta
Kehidupan di Kota Jakarta

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Tahun 2024 merupakan tahun yang menantang bagi pemasar dan pelaku bisnis. Selain karena ada pemilihan umum, juga gejolak geopolitik global yang membayang-bayangi. Mereka membutuhkan bekal, kompas, sekaligus panduan dalam menerapkan strategi pemasaran yang tepat dan efektif di tengah ketidakpastian.

Menjawab kebutuhan dan kegelisahan para pemasar ini, MarkPlus Conference hadir kembali selama dua hari, yaitu hari pertama dengan ASEAN Marketing Summit yang akan dihadiri oleh perwakilan negara-negara anggota ASEAN pada 6 Desember 2023 di Glass House, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Sedangkan, konferensi marketing akan dibuka untuk publik pada 7 Desember 2023 di Grand Ballroom, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place.

Konferensi tahunan yang digelar MCorp ini merupakan konferensi ke-18 dengan mengusung tema Unstoppable Future. “Future itu tidak bisa distop. Siapa pun presiden Indonesia nanti, kita tidak akan bisa mengubah pilihan tersebut. Namun, mau dalam situasi apa pun, baik politik, ekonomi, dan sosial, merek itu harus tetap sustain,” kata Hermawan Kartajaya, Founder & Chairman MCorp, dalam konferensi pers The Annual 18th MarkPlus Conference 2024 di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Agus Chandra, CEO PT Kimia Farma Apotek (KFA), mengatakan bahwa tema unstoppable future selaras dengan misi KFA. Karenanya, KFA berpartisipasi dalam konferensi marketing ini. “Kami melihat peluang di MarkPlus Conference yang akan dihadiri oleh banyak segmen muda, Millennial dan Gen Z ini. Ini momentum bagi kami untuk memperkenalkan produk dan layanan prima kami ke generasi muda,” ujar Agus Chandra.

MarkPlus Conference akan mengulik analisis tren, strategi, sekaligus marketing wisdom tahun depan dalam Indonesia Marketing Outlook 2024. Selain itu, ajang ini akan dihadiri para ketua asosiasi lintas industri yang akan membagikan industry outlook 2024, terkait tantangan, ancaman, hingga peluangnya. Mereka antara lain industri perbankan, makanan minuman, pusat belanja, ritel, otomotif, e-commerce, dan masih banyak lagi.

Akan ada konsep-konsep marketing terbaru yang dikupas, seperti dalam buku Marketing 6.0: The Future is Immersive yang ditulis oleh Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, dan Iwan Setiawan serta konsep Entrepreneurial Marketing yang ditulis oleh Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, dan Jacky Mussry.

Selain itu, konferensi ini juga menyuguhkan tema-tema marketing aktual yang akan dibawakan oleh lebih dari 36 pembicara dalam banyak sesi. Tema-tema ini antara lain, Make Your Ads Work Smarter, Gen Zs Aren’t Millennials, Influencers: Nano is the New Mega, Brands Going Viral, Rewriting Social

Media Rules, dan sebagainya. Pembicara yang akan berbagi antara lain dari Astra Financial, Kimia Farma Apotek, Google Indonesia, Grab Indonesia, YouTube Indonesia, Kratingdaeng, dentsu Creative Indonesia, Uniqlo, dan sebagainya.

Ada pula tema Quality-Cost Synergy in Driving Competitiveness, The Future of Delivery, Service Innovation, dan lainnya yang akan dibawakan oleh pembicara dari Garuda Indonesia, Telkom International (Telin), Kereta Commuter Indonesia, dan sebagainya.

Sejak lebih dari satu dekade, MarkPlus Conference telah menjadi acara utama bagi para penggemar pemasaran, memberikan platform untuk diskusi mendalam bersama para praktisi, serta menjalin hubungan dan pertukaran pengetahuan bersama ribuan peserta yang lainnya. Namun, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, MarkPlus Conference 2024 mengusung pentingnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs (Sustainable Development Goals) untuk pemasar di masa depan.

Menurut Hermawan Kartajaya, penting bagi merek memperhatikan 17 konsep tujuan SDGs sebagai fokus utama dalam berinovasi. Hal ini dapat dikembangkan dengan positioning dan value baru yang dapat diimplementasikan dalam memasarkan produk. Program Sustainable Marketing ini juga mendapat dukungan dari Indonesia Global Compact Network (IGCN) sebagai strategic partner.

Y.W. Junardy, Presiden IGCN, mengatakan bahwa pada tahun depan dan selanjutnya, seluruh bisnis dianjurkan sadar akan pentingnya prinsip keberlanjutan dan mampu mengimplementasikannya. “Penting untuk kita bergotong royong dalam mengakselerasi pencapaian Sustainable Development Goals atau SDGs. Kolaborasi lintas sektor dapat memberikan dampak yang signifikan. Menggunakan "kacamata" sustainability, dunia usaha tidak hanya berupaya untuk menjalankan aktivitas bisnis secara bertanggung jawab, namun dapat melihat berbagai peluang untuk memberikan dampak baik secara ekonomi, ekologi dan sosial terhadap berbagai masalah atau isu yang terjadi secara nasional dan global,” kata Junardy.

Tak hanya pemaparan sesi, MarkPlus Conference juga memberikan apresiasi kepada tokoh-tokoh yang mampu membawa dampak positif bagi perusahaan, industri, dan masyarakat. Penghargaan bergengsi tersebut antara lain Marketeer of The Year Indonesia dan Entrepreneurial Marketing Award, serta Immortal Marketer Award kepada tokoh yang telah meninggal dunia, namun tetap berjasa untuk perusahaannya.

Menariknya, pembeli tiket MarkPlus Conference 2024 dapat menyaksikan kemeriahan penutup acara dari The Closing Night Special Performance by NOAH, serta penampilan menarik lainnya, seperti LSPR dan Marlupi Dance Academy. Pembelian tiket MarkPlus Conference 2024 juga merupakan bentuk donasi penanaman pohon yang didukung oleh Human Initiative.
 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:36 WIB

Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Tahun ini merupakan tahun ketiga PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) dan MUFG Bank Ltd. (MUFG) kembali menjadi official bank partner, dan PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (“Adira…

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:29 WIB

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) periode 2023-2028 untuk mengkaji skema logistik nasional demi memastikan terwujudnya sistem yang terintegrasi…

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO)

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:22 WIB

Ekspansi Digital SILO untuk Layani Pasien

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen melanjutkan investasi pada saluran digital yang mumpuni untuk…

Presiden Jokowi hadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:32 WIB

Hadiri Pertemuan IJK 2024, Presiden Jokowi Sampaikan Optimistisme Ekonomi Indonesia di Tahun 2024

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024 di Ballroom The St. Regis, Jakarta, Selasa (20/2/2024). Pada…

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 dari Cape Canaveral, Florida

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:04 WIB

Satelit Merah Putih 2 Sukses Diluncurkan dari Cape Canaveral Florida

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama anak usahanya, Telkomsat sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 langsung dari Cape Canaveral, Florida pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu…