Kupas Marketing Outlook 2024, MarkPlus Berikan Bekal Pemasar Hadapi Tahun Politik

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 01 Desember 2023 - 07:02 WIB

Kehidupan di Kota Jakarta
Kehidupan di Kota Jakarta

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Tahun 2024 merupakan tahun yang menantang bagi pemasar dan pelaku bisnis. Selain karena ada pemilihan umum, juga gejolak geopolitik global yang membayang-bayangi. Mereka membutuhkan bekal, kompas, sekaligus panduan dalam menerapkan strategi pemasaran yang tepat dan efektif di tengah ketidakpastian.

Menjawab kebutuhan dan kegelisahan para pemasar ini, MarkPlus Conference hadir kembali selama dua hari, yaitu hari pertama dengan ASEAN Marketing Summit yang akan dihadiri oleh perwakilan negara-negara anggota ASEAN pada 6 Desember 2023 di Glass House, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Sedangkan, konferensi marketing akan dibuka untuk publik pada 7 Desember 2023 di Grand Ballroom, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place.

Konferensi tahunan yang digelar MCorp ini merupakan konferensi ke-18 dengan mengusung tema Unstoppable Future. “Future itu tidak bisa distop. Siapa pun presiden Indonesia nanti, kita tidak akan bisa mengubah pilihan tersebut. Namun, mau dalam situasi apa pun, baik politik, ekonomi, dan sosial, merek itu harus tetap sustain,” kata Hermawan Kartajaya, Founder & Chairman MCorp, dalam konferensi pers The Annual 18th MarkPlus Conference 2024 di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Agus Chandra, CEO PT Kimia Farma Apotek (KFA), mengatakan bahwa tema unstoppable future selaras dengan misi KFA. Karenanya, KFA berpartisipasi dalam konferensi marketing ini. “Kami melihat peluang di MarkPlus Conference yang akan dihadiri oleh banyak segmen muda, Millennial dan Gen Z ini. Ini momentum bagi kami untuk memperkenalkan produk dan layanan prima kami ke generasi muda,” ujar Agus Chandra.

MarkPlus Conference akan mengulik analisis tren, strategi, sekaligus marketing wisdom tahun depan dalam Indonesia Marketing Outlook 2024. Selain itu, ajang ini akan dihadiri para ketua asosiasi lintas industri yang akan membagikan industry outlook 2024, terkait tantangan, ancaman, hingga peluangnya. Mereka antara lain industri perbankan, makanan minuman, pusat belanja, ritel, otomotif, e-commerce, dan masih banyak lagi.

Akan ada konsep-konsep marketing terbaru yang dikupas, seperti dalam buku Marketing 6.0: The Future is Immersive yang ditulis oleh Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, dan Iwan Setiawan serta konsep Entrepreneurial Marketing yang ditulis oleh Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, dan Jacky Mussry.

Selain itu, konferensi ini juga menyuguhkan tema-tema marketing aktual yang akan dibawakan oleh lebih dari 36 pembicara dalam banyak sesi. Tema-tema ini antara lain, Make Your Ads Work Smarter, Gen Zs Aren’t Millennials, Influencers: Nano is the New Mega, Brands Going Viral, Rewriting Social

Media Rules, dan sebagainya. Pembicara yang akan berbagi antara lain dari Astra Financial, Kimia Farma Apotek, Google Indonesia, Grab Indonesia, YouTube Indonesia, Kratingdaeng, dentsu Creative Indonesia, Uniqlo, dan sebagainya.

Ada pula tema Quality-Cost Synergy in Driving Competitiveness, The Future of Delivery, Service Innovation, dan lainnya yang akan dibawakan oleh pembicara dari Garuda Indonesia, Telkom International (Telin), Kereta Commuter Indonesia, dan sebagainya.

Sejak lebih dari satu dekade, MarkPlus Conference telah menjadi acara utama bagi para penggemar pemasaran, memberikan platform untuk diskusi mendalam bersama para praktisi, serta menjalin hubungan dan pertukaran pengetahuan bersama ribuan peserta yang lainnya. Namun, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, MarkPlus Conference 2024 mengusung pentingnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs (Sustainable Development Goals) untuk pemasar di masa depan.

Menurut Hermawan Kartajaya, penting bagi merek memperhatikan 17 konsep tujuan SDGs sebagai fokus utama dalam berinovasi. Hal ini dapat dikembangkan dengan positioning dan value baru yang dapat diimplementasikan dalam memasarkan produk. Program Sustainable Marketing ini juga mendapat dukungan dari Indonesia Global Compact Network (IGCN) sebagai strategic partner.

Y.W. Junardy, Presiden IGCN, mengatakan bahwa pada tahun depan dan selanjutnya, seluruh bisnis dianjurkan sadar akan pentingnya prinsip keberlanjutan dan mampu mengimplementasikannya. “Penting untuk kita bergotong royong dalam mengakselerasi pencapaian Sustainable Development Goals atau SDGs. Kolaborasi lintas sektor dapat memberikan dampak yang signifikan. Menggunakan "kacamata" sustainability, dunia usaha tidak hanya berupaya untuk menjalankan aktivitas bisnis secara bertanggung jawab, namun dapat melihat berbagai peluang untuk memberikan dampak baik secara ekonomi, ekologi dan sosial terhadap berbagai masalah atau isu yang terjadi secara nasional dan global,” kata Junardy.

Tak hanya pemaparan sesi, MarkPlus Conference juga memberikan apresiasi kepada tokoh-tokoh yang mampu membawa dampak positif bagi perusahaan, industri, dan masyarakat. Penghargaan bergengsi tersebut antara lain Marketeer of The Year Indonesia dan Entrepreneurial Marketing Award, serta Immortal Marketer Award kepada tokoh yang telah meninggal dunia, namun tetap berjasa untuk perusahaannya.

Menariknya, pembeli tiket MarkPlus Conference 2024 dapat menyaksikan kemeriahan penutup acara dari The Closing Night Special Performance by NOAH, serta penampilan menarik lainnya, seperti LSPR dan Marlupi Dance Academy. Pembelian tiket MarkPlus Conference 2024 juga merupakan bentuk donasi penanaman pohon yang didukung oleh Human Initiative.
 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…