Kupas Marketing Outlook 2024, MarkPlus Berikan Bekal Pemasar Hadapi Tahun Politik

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 01 Desember 2023 - 07:02 WIB

Kehidupan di Kota Jakarta
Kehidupan di Kota Jakarta

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Tahun 2024 merupakan tahun yang menantang bagi pemasar dan pelaku bisnis. Selain karena ada pemilihan umum, juga gejolak geopolitik global yang membayang-bayangi. Mereka membutuhkan bekal, kompas, sekaligus panduan dalam menerapkan strategi pemasaran yang tepat dan efektif di tengah ketidakpastian.

Menjawab kebutuhan dan kegelisahan para pemasar ini, MarkPlus Conference hadir kembali selama dua hari, yaitu hari pertama dengan ASEAN Marketing Summit yang akan dihadiri oleh perwakilan negara-negara anggota ASEAN pada 6 Desember 2023 di Glass House, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Sedangkan, konferensi marketing akan dibuka untuk publik pada 7 Desember 2023 di Grand Ballroom, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place.

Konferensi tahunan yang digelar MCorp ini merupakan konferensi ke-18 dengan mengusung tema Unstoppable Future. “Future itu tidak bisa distop. Siapa pun presiden Indonesia nanti, kita tidak akan bisa mengubah pilihan tersebut. Namun, mau dalam situasi apa pun, baik politik, ekonomi, dan sosial, merek itu harus tetap sustain,” kata Hermawan Kartajaya, Founder & Chairman MCorp, dalam konferensi pers The Annual 18th MarkPlus Conference 2024 di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Agus Chandra, CEO PT Kimia Farma Apotek (KFA), mengatakan bahwa tema unstoppable future selaras dengan misi KFA. Karenanya, KFA berpartisipasi dalam konferensi marketing ini. “Kami melihat peluang di MarkPlus Conference yang akan dihadiri oleh banyak segmen muda, Millennial dan Gen Z ini. Ini momentum bagi kami untuk memperkenalkan produk dan layanan prima kami ke generasi muda,” ujar Agus Chandra.

MarkPlus Conference akan mengulik analisis tren, strategi, sekaligus marketing wisdom tahun depan dalam Indonesia Marketing Outlook 2024. Selain itu, ajang ini akan dihadiri para ketua asosiasi lintas industri yang akan membagikan industry outlook 2024, terkait tantangan, ancaman, hingga peluangnya. Mereka antara lain industri perbankan, makanan minuman, pusat belanja, ritel, otomotif, e-commerce, dan masih banyak lagi.

Akan ada konsep-konsep marketing terbaru yang dikupas, seperti dalam buku Marketing 6.0: The Future is Immersive yang ditulis oleh Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, dan Iwan Setiawan serta konsep Entrepreneurial Marketing yang ditulis oleh Philip Kotler, Hermawan Kartajaya, dan Jacky Mussry.

Selain itu, konferensi ini juga menyuguhkan tema-tema marketing aktual yang akan dibawakan oleh lebih dari 36 pembicara dalam banyak sesi. Tema-tema ini antara lain, Make Your Ads Work Smarter, Gen Zs Aren’t Millennials, Influencers: Nano is the New Mega, Brands Going Viral, Rewriting Social

Media Rules, dan sebagainya. Pembicara yang akan berbagi antara lain dari Astra Financial, Kimia Farma Apotek, Google Indonesia, Grab Indonesia, YouTube Indonesia, Kratingdaeng, dentsu Creative Indonesia, Uniqlo, dan sebagainya.

Ada pula tema Quality-Cost Synergy in Driving Competitiveness, The Future of Delivery, Service Innovation, dan lainnya yang akan dibawakan oleh pembicara dari Garuda Indonesia, Telkom International (Telin), Kereta Commuter Indonesia, dan sebagainya.

Sejak lebih dari satu dekade, MarkPlus Conference telah menjadi acara utama bagi para penggemar pemasaran, memberikan platform untuk diskusi mendalam bersama para praktisi, serta menjalin hubungan dan pertukaran pengetahuan bersama ribuan peserta yang lainnya. Namun, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, MarkPlus Conference 2024 mengusung pentingnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs (Sustainable Development Goals) untuk pemasar di masa depan.

Menurut Hermawan Kartajaya, penting bagi merek memperhatikan 17 konsep tujuan SDGs sebagai fokus utama dalam berinovasi. Hal ini dapat dikembangkan dengan positioning dan value baru yang dapat diimplementasikan dalam memasarkan produk. Program Sustainable Marketing ini juga mendapat dukungan dari Indonesia Global Compact Network (IGCN) sebagai strategic partner.

Y.W. Junardy, Presiden IGCN, mengatakan bahwa pada tahun depan dan selanjutnya, seluruh bisnis dianjurkan sadar akan pentingnya prinsip keberlanjutan dan mampu mengimplementasikannya. “Penting untuk kita bergotong royong dalam mengakselerasi pencapaian Sustainable Development Goals atau SDGs. Kolaborasi lintas sektor dapat memberikan dampak yang signifikan. Menggunakan "kacamata" sustainability, dunia usaha tidak hanya berupaya untuk menjalankan aktivitas bisnis secara bertanggung jawab, namun dapat melihat berbagai peluang untuk memberikan dampak baik secara ekonomi, ekologi dan sosial terhadap berbagai masalah atau isu yang terjadi secara nasional dan global,” kata Junardy.

Tak hanya pemaparan sesi, MarkPlus Conference juga memberikan apresiasi kepada tokoh-tokoh yang mampu membawa dampak positif bagi perusahaan, industri, dan masyarakat. Penghargaan bergengsi tersebut antara lain Marketeer of The Year Indonesia dan Entrepreneurial Marketing Award, serta Immortal Marketer Award kepada tokoh yang telah meninggal dunia, namun tetap berjasa untuk perusahaannya.

Menariknya, pembeli tiket MarkPlus Conference 2024 dapat menyaksikan kemeriahan penutup acara dari The Closing Night Special Performance by NOAH, serta penampilan menarik lainnya, seperti LSPR dan Marlupi Dance Academy. Pembelian tiket MarkPlus Conference 2024 juga merupakan bentuk donasi penanaman pohon yang didukung oleh Human Initiative.
 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gandeng Sidra Capital, BPKH Limited Dipercaya Mengelola Lima Hotel di Arab Saudi

Rabu, 09 Oktober 2024 - 16:08 WIB

Sinergi Bisnis dengan Sidra Capital, BPKH Limited Dipercaya Mengelola Lima Hotel di Arab Saudi

Jeddah - BPKH Limited, anak usaha Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) di Kerajaan Arab Saudi, menggandeng Sidra Capital untuk bekerjasama mengelola aset-aset hotel yang menjadi underlying Real…

Pengurus APKASINDO

Rabu, 09 Oktober 2024 - 16:01 WIB

Apkasindo Dapat Menjembatani Petani Sawit dengan Pemerintah

Ketua Dewan Pembina Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Jend TNI (Purn) Dr Moeldoko secara resmi melantik dan mengukuhkan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Apkasindo periode 2024-2029.

Kerjasama Indomaret dan Indodana

Rabu, 09 Oktober 2024 - 15:42 WIB

Indodana Gandeng Indomaret Hadirkan Layanan Indodana Paylater Sebagai Opsi Pembayaran

Aplikasi penyedia layanan pembiayaan terdepan dan berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indodana Finance (PT Indodana Multi Finance) secara resmi mengumumkan kerjasama strategis bersama brand…

Pameran internasional ALLPack Indonesia dan ALLPrint Indonesia 2024 secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Ir. Putu Juli Ardika.

Rabu, 09 Oktober 2024 - 15:01 WIB

Kemenperin Buka Pameran Industri Pengemasan dan Percetakan, Sebuah Pameran internasional ALLPack dan ALLPrint Indonesia 2024

Jakarta-Pameran internasional ALLPack Indonesia dan ALLPrint Indonesia 2024 secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Ir. Putu Juli Ardika.…

BFI gelar booth di Pameran Allpack, hadir direksi Amelia Tjahjadi - Machinery Strategy Head, Rudy Eddywidjaja - Deputy Business Director dan Stanly Darisang - Corporate Business Head

Rabu, 09 Oktober 2024 - 14:57 WIB

BFI Finance Garap Pembiayaan Mesin Percetakan

Perusahaan pembiayaan PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) kembali hadir dalam AllPrint Indonesia, pameran tahunan internasional dalam bidang teknologi percetakan.