Keren Jadi Perbincangan! Perkuat Pasar Jawa Barat, Mitra10 dan Atria Kini Hadir di Tasikmalaya

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 30 November 2023 - 15:20 WIB

GM Marketing & Communications Mitra10 Erick Koswara (Kanan) mendengarkan penjelasan karyawan tentang produk Granit
GM Marketing & Communications Mitra10 Erick Koswara (Kanan) mendengarkan penjelasan karyawan tentang produk Granit

INDUSTRY.co.id, Tasikmalaya – Mitra10 memperkuat penetrasi pasar di Jawa Barat dengan membuka superstore Mitra10 di Tasikmalaya. Supermarket modern bahan bangunan dan home improvement ini menempati luas lahan seluas 9.347m2 yang berlokasi di pusat kota Tasikmalaya.

Mitra10 yang dioperasikan oleh PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS), entitas anak dari PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (BEI: “CSAP”) tersebut kini sudah memiliki 48 cabang yang tersebar di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali & NTB, Sumatera, Riau, Kalimantan dan Sulawesi.

“Setelah membuka Mitra10 Serang pada awal November lalu, kini kami resmi membuka Mitra10 Tasikmalaya. Ini merupakan toko Mitra10 ke-48 atau superstore baru ketiga yang kami resmikan pada tahun 2023 ini. Khusus Mitra10 Tasik, kami menargetkan 59.000 pengunjung dalam satu bulan.” Ungkap Andy Totong, Presiden Direktur Mitra10.

Pemilihan Kota Tasikmalaya tidak lepas dari potensi dan pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2022 Kota Tasik membukukan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) sebesar 5,01%. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) berdasarkan sektor Lapangan Usaha untuk sektor Real Estat mampu tumbuh 6,80%.

“Dengan kehadiran Mitra10 di Kota Tasik, ini akan menjadi destinasi utama berbelanja bahan bangunan dan home improvement bagi warga Tasik dan sekitarnya. Dengan konsep one stop shopping dengan suasana berbelanja yang lengkap, aman dan nyaman akan memanjakan pengunjung.” Tambah Andy Totong.  

Mitra10 Tasik yang berada di Jalan Gubenur Sewaka, Mangkubumi Tasik tersebut menjual 25.000 Stock Keeping Unit (SKU atau item barang) yang 80% diantaranya merupakan produk lokasl. SKU tersebut terbagi dalam 12 kategori yakni: appliances /perlengkapan rumah tangga, kamar mandi, bahan bangunan, pintu dan jendela, elektrikal dan lampu, dinding dan lantai, perlengkapan rumah dan hobi, dapur, pipa dan aneka alat (tools) dan ditata secara menarik di area penjualan seluas 3.500m2.

Erick Koswara General Manager Marketing & Komunikasi Mitra10 menyampaikan, Mitra10 berupaya menjadi jejaring ritel moderen bahan bangunan dan perlengkapan rumah tangga terbaik di Indonesia. Dengan prinsip, “Murah, Lengkap dan Nyaman” Mitra10 merupakan destinasi berbelanja bahan bangunan terdepan di Indonesia.
Promo Melimpah

Untuk memanjakan pembeli dalam masa pembukaan, Mitra10 menyediakan beragam promo menarik seperti Tebus Murah berbagai produk menarik dengan harga super murah, Crazy Price dengan garansi harga termurah, potongan diskon khusus member Mitra10 dan point rewards, keuntungan di beberapa merchant pilihan, serta discount khusus bank tertentu bahkan cicilan 0% hingga 12 bulan.

Medya Ika Ayu, Manajer Promosi dan Advertising Mitra10 mengatakan, bagi warga Tasik yang ingin berbelanja secara online. Mitra10 telah menyiapkan beragam platform digital. Mitra10 memiliki konsep Omnichannel yang memungkinkan pelanggan berbelanja dengan mudah di berbagai platform,  baik secara offline maupun online.

Mitra10 juga hadir melalui aplikasi mobile yang dapat diunduh di Play Store. Mitra10 memberikan pengalaman berbelanja inovatif dengan akses 24/7 melalui platform digital, termasuk website Mitra10.com, berbagai marketplace, dan WhatsApp Business Chat pada jam operasional toko. Mitra10.com adalah supermarket bahan bangunan yang memberikan kenyamanan berbelanja kapan saja dan di mana saja.

Belanja Furnitur, ke Atria Tasik Saja

Bagi warga Tasik dan sekitarnya, berbelanja aneka kebutuhan rumah, baik bahan bangunan hingga furniture dan matras kini semakin mudah dan nyaman. Atria Furniture & Mattress, sister company dari Mitra10 yang dikelola oleh PT Catur Sentosa Berhasil, entitas anak dari PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (BEI: “CSAP”) kini juga hadir di Mitra10 Tasik.

Atria Tasik merupakan jejaring toko Atria ke 21, toko ini merupakan cabang ke-2 yang dibuka sepanjang 2023 ini, setelah akhir September lalu di buka di Bintaro, Tangerang Selatan. Masuknya Tasik memperpanjang jangkauan jejaring Atria yang tersebar di Jabodetabek, Tegal, Surabaya, Malang, Bali, Makassar, Palembang, Pekanbaru dan Lampung.

Oktavianus Kusuma, National Head Of Marketing, Merchandising, & Support mengatakan toko Atria mengusung konsep "Shop in Shop" yakni menempatkan 1 toko dalam 1 toko yang lebih luas.  Konsep ini memanjakan pembeli Atria maupun Mitra10. Sehingga pilihan berbelanja aneka kebutuhan rumah semakin lengkap hingga furniture dan pernak-pernik aksesoris untuk mempercantik rumah dapat diakses dalam satu lokasi.

Selama periode promo pembukaan toko. Atria memberikan potongan harga dan extra cashback seperti, Voucher Cashback 100%, atau Double Poin + Extra Cashback up to 30%, dan Disc 50% untuk Atria Protection, Promo Tebus Murah, Special Deals, cicilan 0% s/d 24 bulan dengan berbagai bank dan financing dan potongan up to Rp. 1 Jt untuk cicilan dengan bank tertentu. Di tambah lagi dengan free design dengan belanja minimal Rp 10 jt.

Octavianus Kusuma menambahkan, dengan hadirnya Atria di Kota Tasik, penduduk Tasik dan sekitarnya bisa mendapatkan koleksi furniture terbaru, sama seperti yang dipasarkan di Jakarta. Sehingga para pemilik rumah dan usaha bisa memenuhi kebutuhan furniturnya tanpa perlu ke Bandung atau Jakarta.

Penjualan Ritel Modern topang Penjualan CSAP

Mitra10 dan Atria merupakan segmen ritel modern yang dimiliki oleh CSAP. Pada triwulan 3-2023 Segmen ritel modern berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp4,6 triliun, tumbuh 6,7% apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Angka tersebut setara kontribusi sebesar 38% terhadap total pendapatan konsolidasian Perseroan.

Idrus H. Widjajakusuma Corporate Secretary PT Catur Sentosa Adiprana Tbk mengatakan, sepanjang Sembilan bulan pertama 2023, total pendapatan CSAP tercatat Rp12,1 triliun, tumbuh 6% dibandingkan periode yang sama tahun 2022. Angka tersebut ditopang oleh kedua segmen usaha yang dimiliki Perseroan yakni Segmen Distribusi dan Ritel Modern.

Apabila segmen ritel modern berkontribusi 38% maka segmen distribusi yang bersumber dari distribusi bahan bangunan, kimia dan customer goods berkontribusi 62% terhadap pendapatan konsolidasian. Segmen Distribusi selama ini dikenal sebagai backbone pendapatan sedangkan Segmen Ritel Modern dikenal sebagai sumber pertumbuhan.

Saat ini CSAP memiliki 47 area Distribusi Bahan Bangunan yang terdiri dari 41 cabang dan 5 depo di berbagai kota di Indonesia, 5 Cabang Distribusi Kimia, 57 Area Distribusi FMCG, 48 toko “Mitra10” Ritel Moderen Bahan Bangunan & Home Improvement dan 21 toko “Atria” Ritel Moderen Home Furnishing.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Jumat, 01 Maret 2024 - 18:09 WIB

Cegah miskonsepsi, Novo Nordisk Indonesia Dorong Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Obesitas dan obesitas sentral merupakan salah satu masalah kesehatan yang mengkhawatirkan di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2018, prevalensi obesitas di kalangan…

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…

Ilustrasi FMCG E-commerce

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:46 WIB

Jelang Ramadhan, Jumlah Produk Terjual F&B di E-commerce Meningkat Hingga 75 Persen

Beberapa hari jelang menyambut Ramadhan, Compas.co.id selaku E-commerce Market Insight for FMCG Brands secara seksama memonitoring keadaan e-commerce di Indonesia, khususnya untuk sektor Fast…

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:24 WIB

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melaksanakan peresmian Pabrik Amonium Nitrat di Bontang, peletakan batu pertama/groundbreaking kantor Bank…

Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 01 Maret 2024 - 15:04 WIB

Optimalkan Momentum Kebangkitan Pariwisara, Maskapai Penerbangan Pemerintah Tingkatkan Frekuensi Penerbangan

Selain meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara melalui penambahan frekuensi penerbangan rute internasional mulai akhir Maret 2024, Garuda Indonesia juga secara bertahap menambah frekuensi…