Fitur WhatsApp API untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 29 November 2023 - 09:08 WIB

Ilustrasi WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tentu Anda sudah tidak asing dengan ungkapan “pelanggan adalah raja”. Ungkapan ini ada benarnya, sebab tanpa pelanggan, sebuah bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Pelanggan yang setia juga dapat membantu bisnis dengan cara mempromosikan bisnis tersebut kepada orang lain. Tidak hanya itu, masukan dari pelanggan juga sangat penting untuk perkembangan bisnis.

Oleh sebab itu, kualitas layanan pelanggan juga harus ditingkatkan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan WhatsApp API, sebuah platform berbayar yang dikembangkan oleh WhatsApp untuk membantu perusahaan dari berbagai skala dalam meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

WhatsApp API sangat berguna untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Selain karena aplikasi WhatsApp sendiri sudah digunakan oleh 112 juta pengguna di Indonesia saja pada tahun 2022 (Katadata), WhatsApp API juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung peningkatan kualitas layanan pelanggan. Fitur-fitur tersebut seperti:

1. Integrasi dengan Aplikasi Lain

Untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan, WhatsApp API juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain. Misalnya, Anda memiliki online shop, nah supaya kinerja layanan pelanggan online shop Anda ini bisa lebih maksimal, Anda mengintegrasikan WhatsApp API dengan aplikasi akuntansi. Integrasi antara kedua platform ini bermanfaat untuk mengurangi risiko jumlah pesanan berlebih, khususnya pada saat toko online Anda sedang ramai.

WhatsApp API juga bisa diintegrasikan atau dicantumkan di website dan media sosial lainnya, sehingga pengunjung website atau media sosial perusahaan Anda bisa langsung menghubungi nomor WhatsApp tersebut apabila ada pertanyaan mengenai produk yang disediakan.

Selain fitur-fitur di atas, WhatsApp API juga ditunjang dengan fitur lain yang dapat mendukung bisnis Anda, seperti adanya tanda centang hijau, pengiriman pesan dalam jumlah besar (WA Blast) dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, saat ini inovasi terbaru dari WhatsApp juga hanya mendukung WhatsApp API saja. Salah satu diantara inovasi tersebut adalah fitur channel di WhatsApp. Fitur channel ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengirimkan pesan satu arah kepada pengikut akun perusahaan tersebut (seperti media sosial, hanya saja tidak bisa mengirimkan komentar).

Di Indonesia, fitur ini dan beberapa fitur baru lainnya hanya bisa dimiliki oleh individu, lembaga atau perusahaan yang sudah melalui proses verifikasi dan mendapatkan logo centang hijau dari WhatsApp.

2. Data Analytic

WhatsApp API dilengkapi dengan dashboard khusus yang berisi data-data pelanggan yang bisa Anda olah untuk menjadi informasi yang berguna untuk meningkatkan layanan. Misalnya, dari data analytic ini Anda memperoleh informasi kalau 70 orang pelanggan mengalami kendala teknis saat menggunakan aplikasi perusahaan Anda. Nah, dari sini layanan pelanggan bisa ditingkatkan dengan cara memperbaiki aspek teknis yang kurang tersebut.

Dengan data analytic ini Anda juga bisa mengetahui performa dari layanan yang disediakan oleh tim customer service perusahaan Anda. Hal ini penting, sebab salah satu cara untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan adalah dengan menyediakan fasilitas dan penghargaan terbaik untuk customer service yang berprestasi. Sederhananya, seorang CS tidak akan bekerja maksimal kalau kompensasi yang didapatkannya juga tidak maksimal.

3. Tag dan Atribut

WhatsApp API juga dilengkapi dengan atribut dan tag dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan WhatsApp Business biasa. Dengan atribut dan tag ini, Anda bisa menganalisis data di dashboard di atas dengan lebih mudah dan mengambil keputusan untuk meningkatkan layanan pelanggan dengan lebih efisien.

Contohnya dengan fitur dan atribut ini, Anda bisa menyortir data pelanggan berdasarkan tanggal ulang tahunnya dan mengirimkan pesan ucapan selamat ulang tahun untuknya beserta diskon khusus. Manfaat seperti ini tentu tidak akan bisa Anda peroleh jika hanya menggunakan WhatsApp Business biasa, mengingat jumlah fitur tag dan atribut yang bisa digunakan di WhatsApp Business biasa terbilang cukup terbatas.

4. Chatbot

Pelanggan menghubungi perusahaan di luar jam kerja? Tidak perlu khawatir! Fitur Chatbot dari WhatsApp API akan membantu Anda mengatasi hal ini. Tidak hanya menjawab salam dari pelanggan saja, fitur ini juga bisa didesain khusus supaya bisa mendorong pelanggan untuk melakukan belanja secara mandiri.

Sebagaimana teknologi artificial intelligence lainnya, fitur chatbot juga akan bekerja selama 24 jam dalam 7 hari nonstop, sehingga pelanggan akan tetap mendapatkan informasi yang mereka butuhkan secara otomatis meskipun perusahaan Anda kala itu sedang di luar jam operasional maupun sedang libur.

5. Multi User

Chat dari pelanggan sedang ramai? WhatsApp API punya solusinya. Tidak cuma dengan chatbot yang bisa menjawab secara otomatis, WhatsApp API juga bisa digunakan oleh puluhan orang menggunakan puluhan gawai sekaligus. Akibatnya, pesan dari pelanggan dapat diterima dengan mudah oleh customer service yang bertugas.

Tidak hanya itu, platform ini juga dilengkapi dengan rotator otomatis yang dapat mengalokasikan pesan dari pelanggan kepada tim CS atau agen dengan jumlah antrian tiket yang paling sedikit. Dengan demikian, pertanyaan dan keluh kesah pelanggan dapat dijawab dengan lebih cepat dan tepat, sehingga tingkat kepuasannya akan meningkat.

6. CSAT

Fitur WhatsApp API lain yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan adalah fitur CSAT atau customer satisfaction score survey. Dengan menggunakan fitur ini, pelanggan bisa menyuarakan pendapatnya mengenai kualitas produk dan layanan yang Anda berikan, sehingga Anda tahu bagaimana tingkat kepuasan pelanggan secara umum.

Jangan lupa untuk menyertai survey ini dengan kolom kritik dan saran supaya perusahaan Anda bisa mengetahui hal-hal yang dapat diperbaiki dengan lebih rinci lagi. Tingkatkan kualitas produk dan layanan pelanggan dengan memperbaiki hal-hal tersebut.

7. Personalisasi Pesan

WhatsApp API memungkinkan perusahaan untuk menyusun dan mengirimkan pesan yang terpersonalisasi sesuai dengan data dan kebutuhan pelanggan. Ada banyak cara yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan dengan cara ini.

Misalnya, Anda bisa membuat template pesan dengan mencantumkan nama pelanggan dalam pesan tersebut, atau menyusun pesan sesuai dengan tata bahasa yang telah ditetapkan perusahaan. Dengan fitur tag dan atribut, Anda bisa mengirim pesan tersebut kepada pelanggan tertentu yang telah ditentukan sebelumnya.

Dengan fitur personalisasi pesan ini, Anda juga bisa mengirimkan pesan yang telah dibuat khusus untuk pelanggan setia. Contohnya, dengan mengirim pesan berisi diskon khusus atau hadiah khusus. Dengan cara ini, pelanggan setia tersebut tetap akan menggunakan produk dan layanan perusahaan Anda tanpa berpindah ke pesaing.

Jadi tunggu apa lagi? Gunakan WhatsApp Business API sekarang dan dapatkan manfaatnya!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…

PRESS RELEASE KONFERENSI PERS PAMERAN INDOBEAUTY EXPO 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 07:12 WIB

Siap-Siap, Bakal Banyak Kejutan di Pameran INDOBEAUTY EXPO 2024

Jakarta-Industri kosmetik Indonesia kian menjanjikan dan diproyeksi akan terus berkembang pesat sejalan dengan masifnya perkembangan e-commerce di Indonesia. Merujuk data yang dilansir Badan…

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:43 WIB

Siloam Hospitals Mampang Memperkenalkan Perawatan Komperhensif Tulang Belakang

Jakarta – Perkembangan yang menggembirakan bagi pasien yang menderita penyakit terkait tulang belakang, Siloam Hospitals Mampang dengan bangga mengumumkan pengenalan teknik bedah tulang belakang…

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:35 WIB

Berbagai Pertunjukan Artis Menambah Kemeriahan Akhir Pekan Pameran GIIAS 2024

Tangerang– Para peserta GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 tidak hanya menawarkan beragam inovasi dan teknologi terbaru dalam dunia otomotif, tetapi juga menyuguhkan hiburan…

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:18 WIB

Perluasan Produk Perbankan Syariah Bank DKI di Dunia Pendidikan, Bank DKI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta

Jakarta – Dalam rangka memperluas penggunaan produk perbankan syariah Bank DKI, khususnya di dunia pendidikan, Bank DKI bersama Yayasan Pendidikan Fatahillah Jakarta sepakat menjalin kerja…