Fitur WhatsApp API untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 29 November 2023 - 09:08 WIB

Ilustrasi WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tentu Anda sudah tidak asing dengan ungkapan “pelanggan adalah raja”. Ungkapan ini ada benarnya, sebab tanpa pelanggan, sebuah bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Pelanggan yang setia juga dapat membantu bisnis dengan cara mempromosikan bisnis tersebut kepada orang lain. Tidak hanya itu, masukan dari pelanggan juga sangat penting untuk perkembangan bisnis.

Oleh sebab itu, kualitas layanan pelanggan juga harus ditingkatkan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan WhatsApp API, sebuah platform berbayar yang dikembangkan oleh WhatsApp untuk membantu perusahaan dari berbagai skala dalam meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

WhatsApp API sangat berguna untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Selain karena aplikasi WhatsApp sendiri sudah digunakan oleh 112 juta pengguna di Indonesia saja pada tahun 2022 (Katadata), WhatsApp API juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung peningkatan kualitas layanan pelanggan. Fitur-fitur tersebut seperti:

1. Integrasi dengan Aplikasi Lain

Untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan, WhatsApp API juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain. Misalnya, Anda memiliki online shop, nah supaya kinerja layanan pelanggan online shop Anda ini bisa lebih maksimal, Anda mengintegrasikan WhatsApp API dengan aplikasi akuntansi. Integrasi antara kedua platform ini bermanfaat untuk mengurangi risiko jumlah pesanan berlebih, khususnya pada saat toko online Anda sedang ramai.

WhatsApp API juga bisa diintegrasikan atau dicantumkan di website dan media sosial lainnya, sehingga pengunjung website atau media sosial perusahaan Anda bisa langsung menghubungi nomor WhatsApp tersebut apabila ada pertanyaan mengenai produk yang disediakan.

Selain fitur-fitur di atas, WhatsApp API juga ditunjang dengan fitur lain yang dapat mendukung bisnis Anda, seperti adanya tanda centang hijau, pengiriman pesan dalam jumlah besar (WA Blast) dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, saat ini inovasi terbaru dari WhatsApp juga hanya mendukung WhatsApp API saja. Salah satu diantara inovasi tersebut adalah fitur channel di WhatsApp. Fitur channel ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengirimkan pesan satu arah kepada pengikut akun perusahaan tersebut (seperti media sosial, hanya saja tidak bisa mengirimkan komentar).

Di Indonesia, fitur ini dan beberapa fitur baru lainnya hanya bisa dimiliki oleh individu, lembaga atau perusahaan yang sudah melalui proses verifikasi dan mendapatkan logo centang hijau dari WhatsApp.

2. Data Analytic

WhatsApp API dilengkapi dengan dashboard khusus yang berisi data-data pelanggan yang bisa Anda olah untuk menjadi informasi yang berguna untuk meningkatkan layanan. Misalnya, dari data analytic ini Anda memperoleh informasi kalau 70 orang pelanggan mengalami kendala teknis saat menggunakan aplikasi perusahaan Anda. Nah, dari sini layanan pelanggan bisa ditingkatkan dengan cara memperbaiki aspek teknis yang kurang tersebut.

Dengan data analytic ini Anda juga bisa mengetahui performa dari layanan yang disediakan oleh tim customer service perusahaan Anda. Hal ini penting, sebab salah satu cara untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan adalah dengan menyediakan fasilitas dan penghargaan terbaik untuk customer service yang berprestasi. Sederhananya, seorang CS tidak akan bekerja maksimal kalau kompensasi yang didapatkannya juga tidak maksimal.

3. Tag dan Atribut

WhatsApp API juga dilengkapi dengan atribut dan tag dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan WhatsApp Business biasa. Dengan atribut dan tag ini, Anda bisa menganalisis data di dashboard di atas dengan lebih mudah dan mengambil keputusan untuk meningkatkan layanan pelanggan dengan lebih efisien.

Contohnya dengan fitur dan atribut ini, Anda bisa menyortir data pelanggan berdasarkan tanggal ulang tahunnya dan mengirimkan pesan ucapan selamat ulang tahun untuknya beserta diskon khusus. Manfaat seperti ini tentu tidak akan bisa Anda peroleh jika hanya menggunakan WhatsApp Business biasa, mengingat jumlah fitur tag dan atribut yang bisa digunakan di WhatsApp Business biasa terbilang cukup terbatas.

4. Chatbot

Pelanggan menghubungi perusahaan di luar jam kerja? Tidak perlu khawatir! Fitur Chatbot dari WhatsApp API akan membantu Anda mengatasi hal ini. Tidak hanya menjawab salam dari pelanggan saja, fitur ini juga bisa didesain khusus supaya bisa mendorong pelanggan untuk melakukan belanja secara mandiri.

Sebagaimana teknologi artificial intelligence lainnya, fitur chatbot juga akan bekerja selama 24 jam dalam 7 hari nonstop, sehingga pelanggan akan tetap mendapatkan informasi yang mereka butuhkan secara otomatis meskipun perusahaan Anda kala itu sedang di luar jam operasional maupun sedang libur.

5. Multi User

Chat dari pelanggan sedang ramai? WhatsApp API punya solusinya. Tidak cuma dengan chatbot yang bisa menjawab secara otomatis, WhatsApp API juga bisa digunakan oleh puluhan orang menggunakan puluhan gawai sekaligus. Akibatnya, pesan dari pelanggan dapat diterima dengan mudah oleh customer service yang bertugas.

Tidak hanya itu, platform ini juga dilengkapi dengan rotator otomatis yang dapat mengalokasikan pesan dari pelanggan kepada tim CS atau agen dengan jumlah antrian tiket yang paling sedikit. Dengan demikian, pertanyaan dan keluh kesah pelanggan dapat dijawab dengan lebih cepat dan tepat, sehingga tingkat kepuasannya akan meningkat.

6. CSAT

Fitur WhatsApp API lain yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan adalah fitur CSAT atau customer satisfaction score survey. Dengan menggunakan fitur ini, pelanggan bisa menyuarakan pendapatnya mengenai kualitas produk dan layanan yang Anda berikan, sehingga Anda tahu bagaimana tingkat kepuasan pelanggan secara umum.

Jangan lupa untuk menyertai survey ini dengan kolom kritik dan saran supaya perusahaan Anda bisa mengetahui hal-hal yang dapat diperbaiki dengan lebih rinci lagi. Tingkatkan kualitas produk dan layanan pelanggan dengan memperbaiki hal-hal tersebut.

7. Personalisasi Pesan

WhatsApp API memungkinkan perusahaan untuk menyusun dan mengirimkan pesan yang terpersonalisasi sesuai dengan data dan kebutuhan pelanggan. Ada banyak cara yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan dengan cara ini.

Misalnya, Anda bisa membuat template pesan dengan mencantumkan nama pelanggan dalam pesan tersebut, atau menyusun pesan sesuai dengan tata bahasa yang telah ditetapkan perusahaan. Dengan fitur tag dan atribut, Anda bisa mengirim pesan tersebut kepada pelanggan tertentu yang telah ditentukan sebelumnya.

Dengan fitur personalisasi pesan ini, Anda juga bisa mengirimkan pesan yang telah dibuat khusus untuk pelanggan setia. Contohnya, dengan mengirim pesan berisi diskon khusus atau hadiah khusus. Dengan cara ini, pelanggan setia tersebut tetap akan menggunakan produk dan layanan perusahaan Anda tanpa berpindah ke pesaing.

Jadi tunggu apa lagi? Gunakan WhatsApp Business API sekarang dan dapatkan manfaatnya!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:36 WIB

Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Tahun ini merupakan tahun ketiga PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) dan MUFG Bank Ltd. (MUFG) kembali menjadi official bank partner, dan PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (“Adira…

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:29 WIB

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) periode 2023-2028 untuk mengkaji skema logistik nasional demi memastikan terwujudnya sistem yang terintegrasi…

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO)

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:22 WIB

Ekspansi Digital SILO untuk Layani Pasien

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen melanjutkan investasi pada saluran digital yang mumpuni untuk…

Presiden Jokowi hadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:32 WIB

Hadiri Pertemuan IJK 2024, Presiden Jokowi Sampaikan Optimistisme Ekonomi Indonesia di Tahun 2024

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024 di Ballroom The St. Regis, Jakarta, Selasa (20/2/2024). Pada…

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 dari Cape Canaveral, Florida

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:04 WIB

Satelit Merah Putih 2 Sukses Diluncurkan dari Cape Canaveral Florida

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama anak usahanya, Telkomsat sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 langsung dari Cape Canaveral, Florida pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu…