Putra Pengacara Otto Hasibuan, Yakup Hasibuan Luncurkan Aplikasi Konsultasi Hukum Perqara

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 28 November 2023 - 22:50 WIB

Yakup Hasibuan dan Otto Hasibuan kenalkan aplikasi konsultasi hukum Perqara.
Yakup Hasibuan dan Otto Hasibuan kenalkan aplikasi konsultasi hukum Perqara.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di tengah kehamilannya, artis Jessica Mila terus mendukung sang suami, Yakup Hasibuan. Salah satunya ketika ia hadir di acara peluncuran Perqara, aplikasi hukum gratis karya anak bangsa.

"Kadang aku dengerin aja ceritanya. Karena aku kurang paham hukum, jadi dengerin aja, dan support full," kata Jessica Mila didampingi Yakup Hasibuan, di acara peluncuran Perqara di Soehana Hall, SCBD Jakarta (28/11/2023).

Saat itu, Yakup Hasibuan resmi meluncurkan Perqara yang sejak saat itu aplikasinya tersedia di Google Play Store dan App Store. Yang merupakan satu-satunya platform konsultasi hukum yang terdigitalisasi secara penuh.

Masyarakat dapat melakukan konsultasi via chat, voice call maupun video call dalam satu aplikasi. Melalui Perqara, siapa pun dapat melakukan konsultasi hukum gratis dengan ratusan advokat yang telah terverifikasi dan tersebar pada lebih dari 100 kabupaten dan kota di Indonesia.

Berbagai fitur aplikasi Perqara dirancang untuk membuat konsultasi hukum online terasa secara real-time, mulai dari fitur pengiriman file dan dokumen hingga sistem konsultasi langsung yang membuat pengguna tidak perlu membuat janji dengan advokat. 

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memilih advokat dengan keahlian yang sesuai dengan permasalahan hukumnya, seperti pidana, perdata umum, ketenagakerjaan, pertanahan, waris dan masih banyak lagi.

Sebagai anak bangsa dan salah satu advokat muda Indonesia, Yakup Hasibuan ingin melakukan transformasi digital di industri hukum guna meningkatkan akses keadilan bagi seluruh masyarakat di mana pun mereka berada. 

Penggunaan teknologi diharapkan dapat menghilangkan jarak yang ada antara advokat dengan pencari keadilan.

“Untuk mendapatkan perubahan dan transformasi yang menyeluruh, dibutuhkan komitmen dan kolaborasi antara seluruh pemegang kepentingan khususnya pemerintah, dan penegak hukum lainnya,” ujar Yakup Hasibuan.

Yakup Hasibuan juga menjelaskan bahwa Perqara tidak hanya ingin beradaptasi pada perubahan perilaku masyarakat yang secara perlahan mulai mengandalkan teknologi digital, namun juga secara aktif mendorong perubahan tersebut.

“Konsultasi hukum gratis merupakan langkah awal dari banyaknya layanan-layanan hukum lainnya yang akan didigitalisasi,” pungkas putra pengacara kondang Otto Hasibuan itu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:29 WIB

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) periode 2023-2028 untuk mengkaji skema logistik nasional demi memastikan terwujudnya sistem yang terintegrasi…

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO)

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:22 WIB

Ekspansi Digital SILO untuk Layani Pasien

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen melanjutkan investasi pada saluran digital yang mumpuni untuk…

Presiden Jokowi hadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:32 WIB

Hadiri Pertemuan IJK 2024, Presiden Jokowi Sampaikan Optimistisme Ekonomi Indonesia di Tahun 2024

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024 di Ballroom The St. Regis, Jakarta, Selasa (20/2/2024). Pada…

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 dari Cape Canaveral, Florida

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:04 WIB

Satelit Merah Putih 2 Sukses Diluncurkan dari Cape Canaveral Florida

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama anak usahanya, Telkomsat sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 langsung dari Cape Canaveral, Florida pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu…

Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:00 WIB

Banggar DPR RI Optimistis Perekonomian Nasional Meningkat Pasca Pemilu 2024

Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin optimistis situasi perekonomian nasional akan meningkat seiring kepercayaan investor yang berbanding lurus keamanan dan kondusifitas nasional pasca usai Pemilihan…