Perpustakaan Provinsi Sulbar Didorong Jadi Ruang Belajar Terbuka

Oleh : Nina Karlita | Senin, 20 November 2023 - 21:01 WIB

Pj Gubernur Zudan Arif dan Kepala Perpusnas Syarif Bando saat meresmikan gedung perpustakaan Sulbar.
Pj Gubernur Zudan Arif dan Kepala Perpusnas Syarif Bando saat meresmikan gedung perpustakaan Sulbar.

INDUSTRY.co.id - Mamuju, Sulbar -  Diresmikannya gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) diharapkan bisa menjadi ruang belajar terbuka bagi masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando usai meresmikan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Provinsi Sulbar di Mamuju, Sulbar (20/11/2023).

Gedung perpustakaan yang berada di Jalan Martadinata Kelurahan Simboro Kecamatan Simboro ini dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) fisik subbidang perpustakaan tahun anggaran 2022 senilai Rp15 miliar.

"Jadikan perpustakaan ini sebagai ruang belajar terbuka bagi masyarakat kita. Dengan kolaborasi yang kuat, Perpusnas turun ke masyarakat untuk memahami kebutuhan setiap individu," ungkap Syarif Bando.

Dalam upaya mendukung pemerintah daerah, Perpusnas siap membantu Pemerintah Provinsi Sulbar dengan menyediakan buku-buku ilmu terapan, termasuk distribusi ke pondok pesantren.

"Tanpa membaca kita tidak bisa berubah. Kami siap pemerintah provinsi Sulbar dengan buku-buku ilmu terapan, memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan, misalnya jika ada yang mau beternak ayam mari ajari cara beternak ayam," lanjutnya.

Pj Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh menekankan pentingnya koleksi buku yang beragam sebagai langkah pertama dalam mengelola perpustakaan. 

Hal ini untuk mengakomodasi masyarakat Sulbar yang memiliki masih setia dengan buku fisik dan yang telah beralih ke digital.

"Penting bagi kita untuk memastikan koleksi perpustakaan dapat diakses sebanyak-banyaknya, mencakup kedua tradisi masyarakat," kata Zudan Arif.

Zudan Arif mendorong Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulbar untuk membangun komunitas perpustakaan desa dengan menjadikan perpustakaan sebagai wadah untuk pertemuan dan pembelajaran.

"Nantinya akan terbangun masyarakat sumbu panjang. Semakin banyak membaca, semakin bijak. Perpustakaan adalah gudang ilmu yang harus kita dorong hingga ke komunitas," lanjutnya.

Sebagai tindak lanjut, Pj. Gubernur mengajak pelajar, mahasiswa untuk terlibat dalam program pemda dan memberikan contoh gerakan belajar setelah magrib sebagai upaya peningkatan literasi di masyarakat.

"Sulbar harus menjadi daerah yang gemar belajar, dan perpustakaan adalah kunci utama. Mari bersama-sama membangun gerakan literasi hingga ke tingkat desa, menciptakan masyarakat yang bersumbu panjang," harapnya.

Sementara itu, dalam talk show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Provinsi Sulbar, Ketua DPRD Sulbar Suraidah Suhardi mendukung pengalokasian angggaran untuk perpustakaan, terutama pengadaan koleksi buku. Pihaknya meminta dinas perpustakaan dan kearsipan provinsi untuk menyusun kebutuhan pengadaan buku.

“Kita masih sangat membutuhkan untuk pengadaan buku sehingga saya minta dari OPD terkait juga menyusun apa yang menjadi kebutuhannya. Saya bersama pak Sekda akan dorong agar kebutuhan buku itu bisa terpenuhi di perpustakaan ini," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…