Wartsila Energy Dukung Indonesia Net Zero Emission

Oleh : Wiyanto | Kamis, 16 November 2023 - 07:17 WIB

Wartsila Energy saat konferensi pers saa Enlit Asia 2023 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang
Wartsila Energy saat konferensi pers saa Enlit Asia 2023 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Wartsila Energy perusahaan penyedia teknologi energi asal Finlandia menilai Indonesia sangat prospektif untuk dijadikan pasar. Sebab Indonesi punya ambisi bebas emisi kedepannya.

Presiden Wartsila Energy, Anders Lindberg mengungkapkan produk yang diproduksinya selaras dengan target pemerintah yang menginginkan Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

“Kita akan membawa teknologi ke Indonesia. Kita kembangkan dan kita hadirkan untuk skala global, yaitu mengembangkan teknologi baru dan layanan baru tentang dekarbonisasi,” kata dia saat konferensi pers saa Enlit Asia 2023 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Rabu, (15/11/2023).

Net Zero Emission, sambung dia, merupakan sebuah pendakian yang menanjak, yang membutuhkan penggunaan kapasitas energi terbarukan sebesar 1.100 GW di seluruh Asia Tenggara dalam 30 tahun mendatang. Sebagai gambaran, kita perlu menambahkan lebih dari 25 GW kapasitas tenaga surya dan angin setiap tahunnya hingga tahun 2050.

“Meskipun jumlah ini setara dengan seluruh kapasitas yang ada saat ini di kawasan ini, namun hal ini dapat dilakukan,” kata Anders.

Anders mengatakan, berinvestasi pada energi terbarukan, tidak hanya dapat mengurangi emisi CO2, namun juga mengurangi biaya listrik secara keseluruhan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Menambahkan energi terbarukan saja, tanpa menambahkan fleksibilitas, adalah jalan buntu menuju net zero,” ujarnya.

Menurut, Direktur Solusi Energi PT Wartsila Indonesia Febron Siregar, energi terbarukan memiliki tantangan tersendiri karena produksi energinya bersifat intermiten dan sangat bervariasi.

Ia menjelaskan, energi tersebut perlu diimbangi dengan kapasitas yang fleksibel seperti mesin penyeimbang jaringan dan penyimpanan energi untuk memastikan daya yang stabil dan andal.

“Tahun lalu, Wärtsilä membuat model sistem ketenagalistrikan net zero di Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa sistem tenaga listrik yang fleksibel dapat mendukung integrasi lebih banyak energi terbarukan. Dan ketika mempertimbangkan kemungkinan pajak karbon di masa depan, bauran energi yang hemat biaya dapat menurunkan tingkat biaya listrik sebesar lebih dari 20%,” katanya.

Kata Febron, di Wärtsilä NZE dapat terlaksana secara ekonomi, bahwa semua teknologi yang diperlukan untuk mencapai net zero sudah ada, dan fleksibilitas adalah kunci untuk mewujudkan tujuan iklim yang berani.

“Fleksibilitas dapat ditingkatkan dengan memilih teknologi yang tepat dan tahan masa depan serta merancang pasar energi yang fleksibel,” ungkapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Klub bola basket Kesatria Bengawan Solo pimpinan Yakup Hasibuan yang siap berlaga di IBL 2024.

Minggu, 03 Desember 2023 - 21:21 WIB

Putra Hasibuan Optimis Kesatria Bengawan Solo Bakal Bikin Kejutan di IBL 2024

Kesatria Bengawan Solo hadir sebagai puncak insan basket di Solo dan Jawa Tengah dan juga siap melanjutkan dan mengembalikan Solo sebagai kota basket seperti saat memiliki tim besar saat itu,…

Brinita memperdayakan urban farming

Minggu, 03 Desember 2023 - 20:34 WIB

Warga Tuminting & BRI Ubah Lahan Timbunan Sampah Jadi Lahan Urban Farming 'BRInita'

Komitmen tanggung jawab sosial dan lingkungan terus ditunjukkan BRI dengan menyalurkan program-program yang secara nyata dapat mendorong perbaikan ekosistem lingkungan.

Agen BRIlink

Minggu, 03 Desember 2023 - 19:58 WIB

Saleh Sukses Beri Kemudahan Nelayan Muara Gembong, AgenBRILink Jadi Solusi

Di tengah era serba digital seperti sekarang ini, ternyata masih banyak daerah di Indonesia yang masih belum terjangkau literasi perkembangan teknologi.

Manufacturing Indonesia

Minggu, 03 Desember 2023 - 19:57 WIB

Hadapi Pasar yang Semakin Kompetitif, Pameran Manufacturing Indonesia 2023 Segera Hadir

Pamerindo Indonesia segera menghadirkan Manufacturing Indonesia 2023, mulai 6-9 Desember 2023, di JIExpo Kemayoran Jakarta. Pameran seri ke-32 ini akan hadir dalam skala yang lebih besar. Lebih…

Sukhavita Wellness 2gether Run 2023

Minggu, 03 Desember 2023 - 19:48 WIB

Sukhavita Rayakan Dua Tahun yang Menginspirasi Lewat Sukhavita Wellness 2gether Run 2023

Sukhavita, klinik anti aging dan wellness, dengan bangga menandai dua tahun dedikasinya untuk menginspirasi kesehatan dan kesejahteraan Wellness 2gether Run 2023. Acara ini bertujuan untuk mendorong…