Tingkatkan Daya Saing Para Tukang Bangunan, Sika Indonesia Gelar Tiler Competition

Oleh : Hariyanto | Minggu, 12 November 2023 - 16:44 WIB

General Manager Sika Indonesia, Eddy Sutanto (temgah)
General Manager Sika Indonesia, Eddy Sutanto (temgah)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dalam rangka merayakan Hari Pahlawan Nasional, Sika Indonesia, perusahaan asal Swiss yang bergerak di bidang bahan kimia untuk konstruksi dan industri menyelenggarakan Tiler Competition. 

Kompetisi ini merupakan program yang diinisiasi oleh Sika untuk meningkatkan keterampilan para tukang bangunan dalam pemasangan keramik senagai wujud nyata dari upaya Sika dalam meningkatkan keterampilan dan kualitas para tukang bangunan di Indonesia.

“Di momen perayaan Hari Pahlawan, kami ingin mengapresiasi para tukang bangunan yang kita kenal sebagai pahlawan pembangunan, karena memiliki peran sentral dalam membangun fondasi serta memelihara infrastruktur yang memadai untuk masyarakat. Oleh karena itu, kami berinisiatif menghadirkan Tiler Competition yang akan menjadi program tahunan dari Sika Indonesia," kata General Manager Sika Indonesia, Eddy Sutanto di Cibitung, Minggu (12/11/2023) 

"Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat menciptakan hubungan yang lebih erat dengan komunitas tukang bangunan, sekaligus memberikan mereka kesempatan untuk dapat bersaing memperlihatkan keahliannya dalam mencapai prestasi melebihi batas yang diharapkan,” lanjut Eddy. 

Sika sebagai perusahaan global dan lokal (Glo-cal) meyakini bahwa selain menghasilkan produk-produk yang berkualitas, penting juga meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para tukang bangunan di Indonesia. Hal ini sejalan dengan kampanye Sika “Beyond the Expected” yang berkomitmen untuk menciptakan dampak positif jangka panjang dalam industri konstruksi. 

Channel Distribution Manager Sika Indonesia, Basuki Setiawan menjelaskan bahwa melalui program Tiler Competition, Sika berkomitmen untuk mendukung para tukang bangunan agar dapat bersaing dan memiliki rasa percaya diri untuk menunjukkan kemampuannya. 

“Program ini bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga merupakan wadah bagi para tukang bangunan untuk meningkatkan keterampilan dan meraih pencapaian yang luar biasa. Karena, nantinya juara pertama dari kompetisi ini akan mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi di tingkat internasional yang akan diselenggarakan di China, mereka akan bertemu dan berkompetisi dengan tukang bangunan dari berbagai negara seperti Vietnam, India, Amerika, Brazil, serta beberapa negara lainnya,” tambah Basuki.

Diikuti lebih dari 70 tukang bangunan se-Jabodetabek, Tiler Competition diawali dengan beberapa rangkaian kegiatan seperti: Workshop, Sharing Session, hingga Product Demonstration. 

Pada saat kompetisi, para peserta yang terdiri dari 36 tim dengan jumlah masing-masing tim sebanyak 2 orang diberi tantangan untuk memasang keramik dengan mengaplikasikan SikaCeram TileFix dan Sika Tile Grout seal yang merupakan perekat berbahan dasar mortar dalam waktu 45 menit. SikaCeram series seal menjadi salah satu produk unggulan dari Sika, karena memiliki keunggulan 3R lebih Rapat, lebih Rekat dan hasil akhir yang lebih Rapi. 

Selain menghadirkan kompetisi bagi tukang bangunan, sebagai wujud komitmen unggul dalam solusi inovatif untuk terus mendukung industri konstruksi di Indonesia, Sika Indonesia juga melakukan ekspansi area pabrik Sika di Cibitung, Bekasi. 

Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi menjadi dua kali lipat dan memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat. Sejak diresmikan pada tahun 2019, kini pabrik Sika Cibitung sedang memperluas area fasilitasnya yang dilengkapi dengan teknologi modern. Perluasan pabrik ditargetkan akan selesai pada kuartal dua tahun 2024.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Jumat, 01 Maret 2024 - 18:09 WIB

Cegah miskonsepsi, Novo Nordisk Indonesia Dorong Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Obesitas dan obesitas sentral merupakan salah satu masalah kesehatan yang mengkhawatirkan di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2018, prevalensi obesitas di kalangan…

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…

Ilustrasi FMCG E-commerce

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:46 WIB

Jelang Ramadhan, Jumlah Produk Terjual F&B di E-commerce Meningkat Hingga 75 Persen

Beberapa hari jelang menyambut Ramadhan, Compas.co.id selaku E-commerce Market Insight for FMCG Brands secara seksama memonitoring keadaan e-commerce di Indonesia, khususnya untuk sektor Fast…

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 16:24 WIB

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunjungan Kerja Ke IKN

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melaksanakan peresmian Pabrik Amonium Nitrat di Bontang, peletakan batu pertama/groundbreaking kantor Bank…

Irfan Setiaputra Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 01 Maret 2024 - 15:04 WIB

Optimalkan Momentum Kebangkitan Pariwisara, Maskapai Penerbangan Pemerintah Tingkatkan Frekuensi Penerbangan

Selain meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara melalui penambahan frekuensi penerbangan rute internasional mulai akhir Maret 2024, Garuda Indonesia juga secara bertahap menambah frekuensi…